Comscore Tracker

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengonsumsi Kaldu Tulang, Kaya Nutrisi!

Selain segar dan enak, ternyata kaldu tulang menyehatkan

Apakah kamu penyuka sup tulang sapi? Rasanya yang gurih dan segar sangat cocok dimakan saat masih hangat. Tapi tahukah kamu kalau kaldu tulang dalam sup tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho.

Kaldu tulang dihasilkan dengan merebus tulang dan jaringan ikat hewan. Kamu bisa membuat kaldu tersebut dari tulang sapi atau ayam. Kaldu yang sangat bergizi ini biasanya digunakan untuk membuat sup dan saus. Berikut deretan manfaat kaldu tulang yang harus kamu ketahui. Simak ya!

1. Mengandung banyak vitamin dan mineral penting

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengonsumsi Kaldu Tulang, Kaya Nutrisi!Ilustrasi kaldu tulang (pexels.com/Jenvit Keiwalinsarid)

Mengonsumsi kaldu tulang adalah cara yang baik untuk mendapatkan nutrisi lebih banyak. Kaldu tulang sangat bergizi karena memiliki banyak kandungan magnesium, kalsium, fosfor, potasium dan mineral lainya yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang. Selain tulang sapi, tulang ikan juga mengandung yodium, yang baik untuk fungsi dan metabolisme tiroid yang sehat.

Sumsum di dalam tulang menyediakan vitamin A, vitamin K2, mineral seperti seng, besi, mangan, boron dan selenium, serta asam lemak omega-3 dan omega. Semua bagian hewan juga mengandung protein kolagen, yang dapat berubah menjadi gelatin saat dimasak dan menghasilkan beberapa asam amino penting.

2. Nutrisinya sudah terbukti meningkatkan kesehatan sendi

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengonsumsi Kaldu Tulang, Kaya Nutrisi!ilustrasi sendi sakit (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Kolagen merupakan protein utama yang terdapat pada tulang, ligamen, dan tendon. Saat proses memasak, kolagen dari tulang dan jaringan ikat dipecah menjadi protein gelatin. Gelatin mengandung asam amino yang mendukung kesehatan sendi. Ini juga mengandung prolin dan glisin, yang dipakai tubuh untuk membangun jaringan ikatnya sendiri. 

Kaldu tulang mengandung glukosamin dan kondroitin, yang merupakan senyawa alami yang didapati di tulang rawan. Penelitian menyatakan bahwa glukosamin dan kondroitin bisa membantu mengurangi nyeri sendi dan mengurangi gejala osteoartritis.

Baca Juga: Nauli Kopi, Sajikan Kopi Khas Mandailing dengan Harga Merakyat

3. Bermanfaat bagi sistem pencernaan

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengonsumsi Kaldu Tulang, Kaya Nutrisi!Ilustrasi pencernaan sehat (pexels.com/Kindel Media)

Penelitian menyatakan bahwa kesehatan tubuh secara keseluruhan sangat bergantung pada kesehatan saluran usus. Kaldu tulang dapat membantu pencernaan makanan. Gelatin yang terdapat dalam kaldu tulang secara alami menarik dan menahan cairan.

Gelatin juga dapat mengikat air di saluran pencernaan yang membantu makanan bergerak melalui usus Anda dengan lebih mudah. Asam amino pada gelatin atau disebut glutamin dapat membantu menjaga fungsi dinding usus untuk mencegah serta menyembuhkan usus bocor. 

4. Baik untuk penurunan berat badan

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengonsumsi Kaldu Tulang, Kaya Nutrisi!Ilustrasi berat badan turun (pexels.com/SHVETS production)

Kaldu tulang biasanya sangat rendah kalori, namun masih dapat memuaskan rasa lapar. Gelatin yang ada pada kaldu tulang sudah terbukti membantu meningkatkan rasa kenyang.

Mengkonsumsinya secara rutin bisa mengurangi asupan kalori dan menyebabkan penurunan berat badan secara perlahan. Terlebih lagi jika kaldu tulang mengandung protein tinggi yang dapat membantu meningkatkan kontrol nafsu makan dan mempertahankan massa otot tanpa lemak.

5. Dapat membantu melawan peradangan

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengonsumsi Kaldu Tulang, Kaya Nutrisi!sup tulang sapi (instagram.com/salween_ab)

Asam amino yang terdapat dalam kaldu tulang, seperti glisin dan arginin, memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Arginin bermanfaat untuk memerangi peradangan kronis.

Peradangan kronis dapat menyebabkan sejumlah penyakit serius, seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit alzheimer, sindrom metabolik, radang sendi, dan kanker. Karena itu, penting untuk makan makanan yang mengandung anti-inflamasi.

6. Kaldu tulang dapat meningkatkan tidur dan fungsi otak

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengonsumsi Kaldu Tulang, Kaya Nutrisi!ilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Asam amino glisin dalam kaldu tulang dapat membantumu menjadi rileks. Menurut penelitian dapat glisin membantu meningkatkan tidur. 

Gliselin juga dapat membantu mengurangi kantuk di siang hari serta meningkatkan fungsi mental dan memori. Oleh karena itu, mengonsumsi kaldu tulang baik untuk membantu memperbaiki kualitas tidur kamu.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa kamu harus mengonsumsi kaldu tulang. Kaldu tulang mengandung banyak nutrisi penting dan bergizi. Beberapa di antaranya diketahui memiliki benefit yang luar biasa untuk kesehatan. Selain itu kaldu tulang cocok untuk tambahan menu MPASI bayi, lho. Bermanfaat sekali, bukan?

Baca Juga: 5 Aneka Sambal Favorit di Medan, Ada Teri hingga Belacan

Isna Zulfia Photo Community Writer Isna Zulfia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya