Comscore Tracker

Resep Tipatipa Makanan Khas Pulau Samosir dari Beras

Jadi oleh-oleh khas Samosir

Banyak ragam resep aneka makanan khas Sumatra Utara yang bisa dipelajari jika mengunjungi kota Medan seperti resep membuat Tipatipa.

Makanan ini merupakan salah satu yang khas dari Pulau Samosir. Makanan ringan yang enak dimakan ketika santai di sore hari sambil menikmati secangkir teh. Nah, gak perlu jauh-jauh ke sana sih kalau mau makan Tipa-tipa. Berikut resepnya. 

1. Bahan Tipatipa

Resep Tipatipa Makanan Khas Pulau Samosir dari Berasilustrasi tepung beras (yumofchina.com)

Makanan Tipatipa ini dibuat dari tepung beras sehingga bisa membuat orang mengganjal perutnya yang lapar. Tipatipa bisa juga berfungsi menggantikan nasi sementara. Karbohidrat yang terkandung dalam Tipatipa membuat siapa saja yang memakannya akan merasa efek kenyang untuk sementara.

Bentuknya biasanya dibuat bulat atau agak pipih. Jika Anda mengunjungi Pulau Samosir maka akan ditemukan Tipatipa yang berbentuk bulat di tempat penjualan oleh-oleh. Bentuk Tipatipa yang bulat memudahkan dalam pengerjaannya.

Bahan yang digunakan untuk membuat resep Tipatipa adalah padi muda yang baru mulai di panen di sawah. Bahan yang sangat mudah ditemukan di daerah tropis ini karena padi adalah sumber makanan pokok sebagian besar orang Indonesia.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Batak ini Wajib Kamu Coba, Enaknya Bukan Main!

2. Proses pengolahan Tipatipa

Resep Tipatipa Makanan Khas Pulau Samosir dari BerasTipatipa (budaya-indonesia.org)

Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat makanan Tipatipa ini adalah menyediakan bahan yang berupa padi muda yang barusan dipanen. Lalu, padi muda tersebut harus direndam dalam air setinggi satu jengkal tangan dewasa. Lama perendaman adalah dua hari dua malam.

Cara selanjutnya adalah mengangkat dari dalam air rendaman dan meniriskan hingga air tidak menetes lagi. Lalu, padi digongseng hingga rapuh, kalau digigit berbunyi “kret”.

Kemudian baru ditumbuk dengan alu bisa juga dengan mesin jika mau cepat. Langkah selanjutnya yaitu membersihkan padi muda tersebut dari kulit ari yang melekat di dalamnya. Terakhir adalah menampi beras sehingga benar benar bersih dan Tipatipa bisa segera dimakan dengan minuman ringan seperti kopi dan teh.

3. Cara menyajikan Tipatipa

Resep Tipatipa Makanan Khas Pulau Samosir dari BerasTipatipa (tobaria.com)

Setiap makanan yang terdapat di nusantara selalu mengandung aroma rempah dan rasa yang gurih serta banyaknya manisan yang menjadi taburan di atasnya. Rasa Tipatipa ini sedikit unik atau bahkan aneh bagi orang yang pertama sekali mencobanya. Rasa yang agak sedikit sepat di mulut dan membutuhkan kekuatan untuk menggigit makanan ini. hal ini karena bentuknya yang cenderung keras sehingga perlu sedikit keras dalam memakannya.

Ada banyak cara dalam menikmati dan makan Tipatipa ini. diantaranya yaitu ada yang disajikan dengan menabur gula parut di dalamnya sehingga menambah kesan guruh dan enak karena taburan kelapa di dalamnya. Jangan lupa menabur sedikit gula ataupun garam ke dalamnya untuk memberi tambahan rasa.

Ada juga yang menikmatinya dengan mencampurnya ke dalam kopi atau teh seperti makan sereal. Bahkan ada juga yang memasaknya hingga menjadi bubur yang dicampur dengan santan atau ada juga yang dicampur dengan madu.

Baca Juga: Resep Membuat Mie Gomak Kuah Khas Batak yang Nikmat

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya