Comscore Tracker

6 Rekomendasi Makanan Khas Asahan yang Wajib Dicoba, Maknyus!

Cita rasanya dapat menggoyangkan lidah

Ketika kamu berwisata ke Sumatra Utara jangan lupa untuk mengunjungi daerah kabupaten Asahan. Di Daerah ini terkenal dengan wisata alam yang dapat memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung. Kabupaten yang mayoritas penduduknya berasal dari suku Melayu ini terbilang ramah kepada para pengunjung yang datang.

Selain terkenal dengan wisata alam yang menarik, Perlu kamu ketahui Kabupaten Asahan ini juga terkenal akan kuliner khas yang dapat menggoyangkan lidah. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Asahan yang wajib kamu coba!

1. Anyang Pakis

6 Rekomendasi Makanan Khas Asahan yang Wajib Dicoba, Maknyus!Nyero.id/Anyang Pakis Sumatera Utara

Makanan khas Asahan pertama yaitu Anyang Pakis. Makanan ini berbahan dasar dari sayur-sayuran, Seperti tauge, bawang merah, kacang panjang, cabai merah, dan daun pepaya yang sudah direbus. Kalo kamu pernah mencicipi urap, boleh dibilang makanan ini mirip dengan olahan urap khas Jawa.

Cara penyajiannya pun hampir sama karena menggunakan parutan kelapa yang dibakar. Makanan yang boleh dibilang sehat ini bisa disantap dengan atau tanpa nasi dan olahan anyang pakis ini mudah di temukan di sekitar pasar tradisional kabupaten Asahan.

2. Miso Asahan

6 Rekomendasi Makanan Khas Asahan yang Wajib Dicoba, Maknyus!Twitter.com/@ratnomiesop

Miso asahan merupakan makanan yang paling diburu oleh wisatawan, berbahan dasar dari campuran mie putih yang ditambahkan kuah terbuat dari irisan bawang putih, merica, dan kemiri ini menambahkan aroma wangi yang membuat tertarik untuk mencobanya. biasanya makanan ini dicampur dengan suwiran ayam dan kerupuk berwarna merah sebagai penghias diatasnya.

Harganya yang terbilang murah per porsinya membuat makanan ini selalu diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke kabupaten Asahan Sumatra Utara.

3. Sayur Gurih Tauco

6 Rekomendasi Makanan Khas Asahan yang Wajib Dicoba, Maknyus!Pinterest.com/Sayur Gurih Tauco

Sayur tauco merupakan salah satu makanan favorit di kabupaten Asahan, Sumatea Utara. Terbuat dari bahan gabungan seperti sayur nangka, kacang buncis, tempe dan udang yang membuat cita rasanya dapat menggoyangkan lidah. ditambah kuah tauco yang kental dan gurih karena tercampur dengan santan, gula, garam, jahe, lengkuas, cabai sehingga menambah rasa pedas ketika menghirupnya.

Makanan ini wajib banget kamu cobain saat makan siang dan bisa dicampur dengan nasi putih. Sayur tauco ini mudah ditemukan di warung-warung pinggir jalan.

Baca Juga: 5 Wisata Alam Eksotis di Asahan, Memanjakan Mata Para Pengunjungnya!

4. Ikan Bakar Asahan

6 Rekomendasi Makanan Khas Asahan yang Wajib Dicoba, Maknyus!Poskita.id/Ikan Bakar Khas Asahan

Olahan makanan yang satu ini memang hidangan yang cocok disantap saat makan siang, berbahan dasar dari ikan yang dibakar dengan ditambah bumbu kecap manis serta cabai rawit membuat cita rasanya menjadi pedas manis. biasanya ikan bakar ini dapat disajikan dengan anyang pakis dan nasi putih hangat serta es teh manis.

Siapapun yang mencobanya pasti ketagihan, ikan yang digunakan juga merupakan ikan segar dari berbagai jenis ikan seperti ikan gurame, ikan bawal, ikan nila bahkan ada ikan pari.

5. Sate kerang

6 Rekomendasi Makanan Khas Asahan yang Wajib Dicoba, Maknyus!sumberharga.com

Seperti namanya, kuliner khas Asahan yang satu ini berbahan utama kerang. Tampilannya memang tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya, namun cita rasanya begitu khas dan unik.

Daging kerang yang kenyal berpadu dengan gurihnya bumbu semakin menambah kelezatannya. Ada beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera, yaitu original, pedas, dan pedas manis.

Nah gimana, tertarik untuk menjelajahi kuliner makanan khas Asahan? Harus rajin menabung ya agar bisa mencicipi semua olahan makanan yang lezat ini.

Penulis : Raga Putra Wiwaha

Baca Juga: Berkunjung ke Batubara? Ini 6 Makanan Khasnya yang Bikin Ngiler

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya