Comscore Tracker

Jangan Ngopi, Ini 5 Makanan yang Harus Kamu Santap Jika Kurang Tidur

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya~~

Jelang akhir deadline, biasanya kita bakal mengeluarkan tenaga ekstra untuk memastikan seluruh pekerjaan selesai tepat waktu. Gak jarang memotong waktu tidur jadi salah satu jalan keluarnya, sampai-sampai kita merasa lemas dan lelah di hari berikutnya. 

Kalau sudah begini, jangan buru-buru cari kopi sebagai penolong pertama. Cobalah konsumsi lima makanan di bawah ini untuk memastikan gizi dan energi yang hilang bisa pulih kembali. 

1. Telur

Jangan Ngopi, Ini 5 Makanan yang Harus Kamu Santap Jika Kurang Tidurleannebrown.com

Saat kurang tidur dan rasa ngantuk menyerang, sel-sel otot akan kelelahan. Untuk mengatasi hal ini, asupan asam lemak seperti EPA dan DHA jadi senyawa yang kamu butuhkan. Salah satu bahan makanan yang mengandung senyawa ini adalah putih telur. 

Selain itu, kamu bisa kombinasikan telur dengan sayuran hijau yang kaya zat besi, seperti bayam atau kale. Sehingga gejala kekurangan zat besi atau anemia akibat kelelahan bisa dihindari.

Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Coffee Shop di Medan, Gak Kalah Dengan Ibu Kota lho

2. Ikan

Jangan Ngopi, Ini 5 Makanan yang Harus Kamu Santap Jika Kurang Tidurjessicagavin.com

Berbagai ikan laut seperti tuna, salmon, dan sarden punya kandungan lemak tak jenuh, serta protein cukup tinggi yang bisa membuatmu kenyang lebih lama. Hal ini bisa bikin kamu merasa lebih bertenaga. Selain itu, lemak tak jenuh juga membantu kerja otak agar bisa berkonsentrasi dengan mudah.

3. Buah mangga

Jangan Ngopi, Ini 5 Makanan yang Harus Kamu Santap Jika Kurang Tidurmarisamoore.com

Rasa lelah dan mengantuk biasanya bikin kamu ngidam makanan manis atau karbo. Ini adalah salah satu sinyal kalau tubuh kurang bahan bakar. Dibanding makan camilan seperti cokelat, es krim, dan makanan berkalori tinggi lainnya, mangga bisa jadi alternatif yang baik dengan kandungan gula alaminya.

4. Kacang-kacangan

Jangan Ngopi, Ini 5 Makanan yang Harus Kamu Santap Jika Kurang Tidurerywellfit.com

Lemak tak jenuh dalam kacang-kacangan, seperti mede, ternyata dapat menekan hormon pemicu stres. Selain itu, kacang tinggi lemak ini bisa membuatmu lebih kenyang tanpa memicu sugar crash atau kenaikan gula darah.

5. Oatmeal

Jangan Ngopi, Ini 5 Makanan yang Harus Kamu Santap Jika Kurang Tidurcleanfoodcrush.com

Biji-bijian seperti gandum pada oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang akan bertahan lebih lama di pencernaan, begitu pula dengan rasa kenyangnya. Kelebihannya lagi, oatmeal gak akan menaikkan glukosa darah dengan cepat yang seperti nasi, yang bisa membuatmu merasa lebih lemas dan mengantuk setelah kenyang. 

Nah, biar deadline tugas kelar tepat waktu, cobalah makan makanan di atas. Selain membantumu lebih produktif, makanan-makanan tersebut gak bakal membuatmu gemuk meski dikonsumsi saat malam hari, lho.

Baca Juga: 10 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Makan Malam, Ganggu Kesehatan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya