Jangan Asal Beli, Perhatikan 4 Hal Ini saat Beli Makanan Berbuka Puasa

#RamadanMasaKini Jangan sembarang beli ya Guys!

Medan, IDN Times - Takjil adalah makanan untuk berbuka puasa. Menjelang buka puasa, kita akan melihat makanan ini di sepanjang jalan. Dan selalu diramaikan oleh pedagang takjil dengan beraneka ragam makanan yang menarik. Ya, takjil juga selalu ludes diserbu para peminatnya.

Ditambah lagi para pembeli yang kalap dengan kenikmatan takjil-takjil yang berada di pingir jalan itu. Para pedagang juga seolah sengaja membuat takjil semenarik mungkin agar banyak pembeli. Dari warna, bentuk hingga penampilan.

Nah, sebagai pembeli kita harus pandai dalam memilih takjil yang akan dikonsumsi, ya. Berikut 4 hal yang perlu kamu perhatikan, jangan abai!

1. Jangan tergiur harga murah

Jangan Asal Beli, Perhatikan 4 Hal Ini saat Beli Makanan Berbuka Puasasantobobi.wordpress.com

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jangan tergiur dengan harga murah. Pedagang memang sengaja membuat harga miring sebagai daya tarik di balik harga-harga takjil lain yang mahal.

Akan tetapi kita harus berpikir logis karena kesehatan yang menjadi taruhannya. Jika harga lebih murah dari pasaran maka patut dicurigai, ya.

Baca Juga: [BREAKING] Demo di Bawaslu, Sesama Massa Aksi Bentrok

2. Warna yang mencolok

Jangan Asal Beli, Perhatikan 4 Hal Ini saat Beli Makanan Berbuka PuasaStuff.co.nz

Nah, yang kedua, kamu juga harus perhatikan warna. Ya, tidak bisa dipungkiri warna pada makanan merupakan daya tarik agar menimbulkan selera untuk mengonsumsinya. Warna cerah misalnya.

Sebaiknya kamu jangan memilih makanan yang berwarna mencolok. Pilih makanan yang memakai pewarna alami, ya. Tak apa, warnanya pucat, karena ciri dari makanan yang memakai pewarna alami adalah warna tidak mencolok.

3. Bau yang menyengat

Jangan Asal Beli, Perhatikan 4 Hal Ini saat Beli Makanan Berbuka Puasainstagram.com/life_que

Makanan dengan bau menyengat serta tekstur kenyal adalah indikasi makanan tersebut memakai bahan kimia tercampur di dalamnya. Tujuannya agar makanan awet hingga beberapa lama. Boraks, formalin serta pemanis buatan adalah bahan kimia yang paling sering digunakan pada makanan.

Duh, bahaya kan? Tak hanya itu, ciri makanan yang menggunakan pemanis buatan, biasanya akan meninggalkan rasa pahit di tenggorokan. Mulai sekarang, jangan sembarang, ya.

4. Kantongan plastik

Jangan Asal Beli, Perhatikan 4 Hal Ini saat Beli Makanan Berbuka PuasaPantau.com

Nah, yang terakhir dan penting juga. Kamu juga perlu memperhatikan kemasan saat membeli takjil khususnya gorengan panas. Usahakan jangan menggunakan plastik berwarna hitam atau dibungkus koran.

Gorengan yang masih panas jika dimasukkan dalam kantong plastik hitam atau dibungkus koran, akan tercemar oleh tinta dari pembungkus tersebut. Ini akan mempengaruhi kesehatan.

Baca Juga: [BREAKING] Hasil Final Rekapitulasi Nasional, Ini Hasil Pilpres 2019

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Arifin Al Alamudi

Just For You