Comscore Tracker

5 Cara Simpan Durian agar Awet untuk Oleh-oleh dari Medan

Bawa durian sebagai oleh-oleh yuk!

Medan, IDN Times - Hampir seluruh masyarakat Indonesia menyukai buah durian. Rasanya yang khas dan legit menjadi sensasi di lidah sang penikmatnya. Selain itu, keistimewaan aroma yang dihasilkan buah ini pun membuat orang tak bisa berhenti menyantapnya.

Bicara durian di Kota Medan. Ah, tentu saja Medan menjadi rajanya durian. Bahkan buah yang satu ini juga menjadi oleh-oleh khas Medan. 

Nah, jika ingin menyantap buah durian untuk waktu yang lebih lama atau membawanya untuk oleh-oleh buat keluarga, 5 hal ini perlu diperhatikan mengenai cara menyimpan durian agar tetap segar dan enak. Yuk, intip caranya.

1. Pisahkan daging dengan biji agar lebih awet

5 Cara Simpan Durian agar Awet untuk Oleh-oleh dari MedanIDN Times/Irma Yudistirani

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memisahkan daging dengan bijinya. Jika durian sudah dalam keadaan terbuka dengan cara memisahkan antara daging dan biji, lalu memasukannya ke dalam wadah kedap udara atau plastik. Selanjutnya, kamu bisa memasukkannya ke dalam freezer atau lemari pendingin. Ini akan membantu menjaga kualitas dari daging durian sebelum disantap.

2. Jangan biarkan durian di ruang terbuka lebih dari satu jam

5 Cara Simpan Durian agar Awet untuk Oleh-oleh dari Medantheculturetrip.com

Jika kamu telah telanjur membuka durian, maka lebih baik habiskan saja. Karena jika sudah berada di ruang terbuka, kualitas dagingnya akan rusak untuk disimpan. Durian akan terasa hambar atau bahkan asam. Durian yang berada lebih dari satu jam di dalam suhu ruang akan mengalami proses pembusukan maupun angin akan mempengaruhi kualitas dan rasa dari durian tersebut.

Baca Juga: Selain Enak, Ini Lho 5 Manfaat Durian yang Perlu Kamu Ketahui! 

3. Durasi menyimpan durian pada suhu ruang

5 Cara Simpan Durian agar Awet untuk Oleh-oleh dari Medanunsplash.com/Gliezl Bancal

Jika kamu membeli buah durian dan tidak tersedia lemari es di sana, maka jangan khawatir karena durian dapat disimpan pada suhu ruang selama belum dibuka atau masih utuh.

Pastikan untuk hanya menyimpan durian selama dua hari. Karena apabila durian tersebut sudah matang, rasanya menjadi kurang enak apabila disimpan melebihi dua hari.

Sementara jika kamu membeli durian setengah matang, maka proses penyimpanan pada suhu ruang dapat membantu proses pematangan.

4. Suhu freezer yang ideal untuk menyimpan durian

5 Cara Simpan Durian agar Awet untuk Oleh-oleh dari MedanPixabay.com

Selanjutnya, yang perlu kamu perhatikan adalah suhu dari freezer yang akan kita gunakan. Suhu idealnya ada -15 hingga -20 derajat celsius dengan tujuan untuk menjaga kualitas dan pembekuan dari durian tetap maksimal baiknya.

5. Jika ingin bepergian, gunakan cooler box yang telah diisi batu es

5 Cara Simpan Durian agar Awet untuk Oleh-oleh dari MedanIDN Times/Irma Yudistirani

Nah, jika kamu ingin membawa durian sebagai buah tangan atau bertamasya. Sekarang tak usah risau dengan berubahnya cita rasa dari durian itu. Untuk membawanya gak ribet kok. Siapkan cooler box atau styrofoam box yang sebelumnya telah diisi batu es untuk menjaga kesegaran dari durian. Jangan lupa untuk menutupnya rapat menggunakan lakban dan menambahkan plastik wrapping yang tebal agar aroma durian tidak menyebar. 

Baca Juga: Kreatif! Siswa SMP Ubah Kulit Durian Jadi Hand Sanitizer 

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya