Comscore Tracker

Nikmati Kopi dengan Suasana Cozy ala Rumah di Koju 

Kopi aren yang dilabeli Kopi Juara jadi best seller 

Medan, IDN Times - Kopi kini tak hanya sekedar minuman, tapi menjadi bagian dari gaya hidup. Kemunculan tongkrongan kopi di berbagai tempat membuat kopi semakin diminati berbagia kalangan. Apalagi kopi mulai punya berbagai varian rasa dan tampilan, menjadikannya lebih disukai lagi.

Tongkrongan kopi saat ini mulai beragam dan berlomba untuk menunjukkan kelebihannya. Ada yang berfokus di varian menu kopi, tampilan, dan lainnya. Ruang Kopi Koju menjadi salah satu tempat tongkrongan yang terkenal di kota Medan. Lalu, apa yang menjadikan Ruang Kafe Koju yang berlogokan hewan Beruang ini difavoritkan oleh masyarakat Medan?

1. Spesial, ada bel untuk pengunjung Kafe Koju

Nikmati Kopi dengan Suasana Cozy ala Rumah di Koju Salah satu outlet Ruang Kafe Koju yang berada di Jalan J. City Medan (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Unik dan spesial dari Ruang Kopi Koju ini yaitu, adanya bel di setiap sisi sudut meja kafe. Hal ini disiasati oleh pemilik. Tujuannya, agar pelanggan tak perlu memanggil karyawan.

"Supaya pelanggan kalau butuh tinggal pencet bel aja. Jadi biar karyawannya lebih peka terhadap pelayanan," ujar Yudha sebagai pegawai di Ruang Kafe Koju.

Pelayanan pun menjadi hal penting untuk menunjukkan kualitas dari Kopi Koju. Suasananya yang homey, pelayanan yang ramah, dan hubungan karyawan ke pelanggan yang dekat menjadi keunggulan Kopi Koju.

"Karena konsepnya agar mereka dekat dengan customer. Dalam arti ketika mereka di sini enggak merasa seperti karyawan kalau untuk barnya," ujarnya.

Baca Juga: Melipir ke Blackwood Coffeehouse, Kafe Cozy di Tengah Hutan

2. Memakai baju bebas untuk barista Kopi Koju agar lebih friendly kepada customer

Nikmati Kopi dengan Suasana Cozy ala Rumah di Koju Salah satu outlet Ruang Kafe Koju yang berada di Jalan J. City Medan (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Menariknya, barista Kopi Koju memakai pakaian bebas saat bekerja. Konsep ini dipakai agar karyawan lebih nyaman ataupun friendly saat bekerja dan lebih dekat dengan pelanggannya.

"Tujuannya agar mereka di sini datang untuk hobi, bukan sekadar pekerjaan aja," tuturnya.

Konsep baju bebas inilah yang membuat Kopi Koju lebih diterima oleh pelanggannya. Karyawan jadi lebih mudah dekat dengan para pelanggan. Selain itu, pelanggan makin nyaman saat minum di Kopi Koju.

"Jadi kenapa bajunya bebas? Karena mereka memang diminta agar punya relasi dengan customer," ungkap Yudha.

3. Makna nama "Kopi Juara" di Ruang Kopi Koju

Nikmati Kopi dengan Suasana Cozy ala Rumah di Koju Salah satu outlet Ruang Kafe Koju yang berada di Jalan J. City Medan (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Untuk menu kopi dan lainnya, Kopi Koju sama dengan menu dari kafe kopi lainnya. Namun, ada yang membedakan disini, yaitu memberikan nama unik untuk menu andalannya "Kopi Juara".

Kopi Juara merupakan kopi susu aren yang jadi best seller kafe ini. Menurut Yudha, ada makna tersendiri di balik nama "Kopi Juara".

"Kenapa Kopi Juara? Karena kopi ini adalah kopi susu aren yang jadi best seller hampir setiap coffee shop. Makanya dibuat jadi spesial," jelasnya.

Tidak hanya itu, nama "Kopi Juara" juga adalah kepanjangan dari nama "Koju". Sesuai namanya, maka kopi ini dijadikan sebagai menu terbaik. "Makanya dijuluki 'juara'," tambahnya.

Yudha mengungkapkan, untuk penggunaan bahan adalah biji kopi Gayo. Bahan ini juga dipakai sebagai menu kopi espresso.

Sekedar informasi, Ruang Kopi Koju berdiri sejak November 2020, dan memiliki 3 outlet berlokasi di Medan yakni Jalan Cemara Asri Boulevard Raya No. 162 Medan (Gerai), Komplek J City Nomor 12 (ruko), dan Jalan Marelan Raya Pasar 1 No. 31 B (pusat).

Baca Juga: Sudah Berusia Puluhan Tahun, 5 Kedai Kopi Legendaris di Sumatera Utara

Topic:

  • Indah Permatasari
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya