Comscore Tracker

7 Jajanan Hits di Medan, Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

Jangan keburu ngiler lihat fotonya ya

Medan, IDN Times - Berbicara tentang kota Medan, tentu tak lepas dari kuliner terkhusus untuk aneka jajanannya. Bahkan turis mancanegara juga sangat menyukai jajanan kota Medan. 

Kali ini IDN Times, akan merangkum sejumlah jajanan hits yang sudah tak asing lagi di Kota Medan. Jajanan ini juga cocok untuk menjadi menu buka puasa loh.

1. Putu Bambu Sudi Mampir yang sederhana. Disukai wisatawan mancegara lho!

7 Jajanan Hits di Medan, Cocok untuk Menu Berbuka PuasaPutu Bambu Sudi Mampir (Isntagram @wi.sely)

Putu Bambu Sudi Mampir sudah ada sejak tahun 1969 di Kota Medan, dan saat ini usaha Putu Bambu dijalankan oleh generasi kedua yang selalu ramai dengan pembeli dan juga sering dikunjungi wisatawan luar negeri yaitu Singapura, Malaysia dan China, Hongkong, Thailand, serta Vietnam.

Putu Bambu Asia Sudi Mampir berlokasi di Jalan Asia, tepatnya di simpang Jalan Lampung, Kota Medan. Setiap hari di buka mulai pukul 17.30 WIB sampai pukul 24.00 WIB.

Pastinya, jenis makanan tradisional ini cocok buat menu tambahan dibulan suci ramadan, untuk membuka puasa.

Putu Bambu Asia Sudi Mampir tidak hanya menjual putu bambu saja, melainkan putu mayung. Kue ini dijual dengan harga rata-rata Rp3ribu per buah. Mulai dari putu bambu, risol, onde-onde hingga lupis. Sementara Cenil per porsi Rp 8ribu.

2. Kue Jadoel di Restaurant Tiptop terlegend

7 Jajanan Hits di Medan, Cocok untuk Menu Berbuka PuasaJajanan di Restaurant Tiptop Medan (Instagram @tiptopmedan)

Siapa yang tak kenal dengan tempat kuliner paling legendaris di Medan, yang memiliki menu jadulnya.

Belum ke Medan namanya kalau belum mencoba bersantap di tempat kuliner khas Medan, yang berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 92.

Restoran jadul ini kental dengan suasana kolonial, termasuk menu yang disajikan. Kue-kue jadulnnya merupakan makanan yang wajib disini. Selain kue-kue dan makanan berat, salah satu makanan yang wajib dicoba di sini adalah Es krim Markoop, yakni es krim dengan kue bundar dan saus cokelat.

3. Es campur Nana di jalan Brigjen Katamso dengan rasa yang berkualitas dan murah

7 Jajanan Hits di Medan, Cocok untuk Menu Berbuka PuasaEs Campur Nana (Instagram @makanmana)

Satu gerai kecil ini yang berada di Jalan Brigjend Katamso No.727 A, Kampung Baru, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan menjual Es Campur dan Jus Pokat Nana, tepatnya di depan warnet.

Gerai sederhana ini menjual beberapa jenis dessert, seperti es teler, koteng, jeruk dan yang paling favorit adalah es campur dan jus pokat.

Menu favorit ini merupakan racikan Nana dari air gula aren dan kuah santan, serta untuk jus alpokat Nana memilih tidak terlalu masak (lunak).

Untuk harganya cukup murah, berkisar sekitar Rp 9ribu dengan porsi semangkuk es campur atau alpokat.

Baca Juga: Kumpulan Doa Lengkap Selama Puasa Ramadan dari Hari 1 Sampai 30

4. Mini Croissant di Dominico dengan konsep outdoor

7 Jajanan Hits di Medan, Cocok untuk Menu Berbuka PuasaMini croissant yang ada di Dominico (Instagram @dominico.id)

Tempat nongkrong berkonsep outdoor ini, memiliki pintu warna kuning yang tak asing bagi para kaum Millennial sebagai spot foto. 

Ada pula, jajanan atau camilan di Dominico yang menjadi favorit yaitu, Mini Croissant yang berada di Jalan Mayang no.4 kota Medan.

Selain camilan di Dominico ini, beraneka ragam minuman segar juga ada untuk menemani kamu mencicipi Mini Croissant dengan harga Rp20 ribu untuk 5 pieces pastinya dengan rasa yang endul.

5. Sate sapi di Wowrung dengan bumbu yang nikmat tiada tara

7 Jajanan Hits di Medan, Cocok untuk Menu Berbuka PuasaSate daging sapi (Instagram @wowrung.id)

Sate sapi dengan bumbu yang nikmat tiada tara ini, cocok buat camilan menambah dan menggugah selera untuk menyantap saat berbuka puasa. 

Camilan ini cocok buat kamu, sebagai penambah menu jajanan saat berbuka puasa loh. Pilihan porsi ini ada dua, yakni 12 tusuk dan 24 tusuk. 

Sate sapi Wowrung terletak di Jalan H. Adam Malik No.36 Kota Medan yang selalu ramai dikunjungi mulai dari kaum Millennials dan bersama keluarga.

6. Asinan di Jave Kitchen rasa nikmat yang segar

7 Jajanan Hits di Medan, Cocok untuk Menu Berbuka PuasaAsinan buah dari Jave Kitchen (Instagram @javekitchen)

Asinan kuliner yang segar dan sehat dari Jave Kitchen ini bisa menjadi camilan santai, usai berbuka puasa.  Rasa asin ini dibalut dengan beraneka rasa yakni, asam, manis dan pedas yang menggugah selera. Isi asinannya beraneka ragam buah, seperti rambutan, anggur, strawberi, jeruk dan buah lainnya.

Jajanan sehat dan segar ini, patut dicoba karena rasa memiliki rasa kelezatannya yang tiada tara.

Untuk tarif harga asinan yakni, asinan mewah, asinan longan,asinan jambu, dan asinan longan jambu. Untuk pembelian hanya dapat dipesan melalui online di instagram @javekithcen dan pesan minimal satu hari sebelumnya.

7. Roti Baso banyak dagingnya dengan 4 varian rasa

7 Jajanan Hits di Medan, Cocok untuk Menu Berbuka PuasaJajanan roti baso (Instagram @rotiromi.id)

Nah, menu terakhir ini gak kalah enaknya juga, karena dibalut dengan daging ayam yang beraneka rasa rawit dan abon, berlokasi di Jalan Mataram No.2 B Medan.

Teksturnya yang empuk ini, terasa nikmat, ada 4 varian rasa yakni Baso ayam ori, Baso Ayam Rawit, Abon Ayam Ori, dan Abon Ayam Pedas.

Roti Baso ini sempat viral karena pernah dimakan Menteri Sandiaga Uno saat di Kapal Pesiar Danau Toba hingga mendadak viral. Untuk informasi, pemesanan juga bisa di Grabfood Roti Romi Roti Mimpi Indah.

Baca Juga: Traveling ke Medan, 5 Kuliner Legendaris Ini Wajib Kamu Cicipi

Topic:

  • Indah Permatasari
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya