Comscore Tracker

7 Rekomendasi Makanan Khas Toba yang Mesti Kamu Coba

Ada Sushi ala Batak nih!

Aneka ragam makanan khas Toba banyak sekali ditemui jika berkunjung ke wilayah Sumatra Utara. Apalagi suku Batak merupakan salah satu suku yang terbesar di Indonesia. 

Kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner khas Batak ini jika berkunjung ke daerah tersebut. Berikut di antaranya beberapa makanan khas Batak yang menggugah selera.

1. Naniura

7 Rekomendasi Makanan Khas Toba yang Mesti Kamu Cobaid.tastemade.com

Naniura adalah makanan khas Toba berbahan dasar ikan mas, ikan mujair ataupun ikan nila. Naniura tidak dimasak seperti biasanya tidak juga direbus maupun digoreng, bisa dikatakan Naniura ini sejenis sushinya orang Batak.

Cara memasak Naniura pertama dibersihkan dulu lendir dan durinya, kemudian direndam dengan air jeruk atau air asam sampai matang. Lalu ketika daging ikan sudah terasa kenyal dan mudah untuk dipotong. Ikan akan dicampur dengan bumbu kuning setelah itu siap untuk disantap. 

Walaupun dimasak dengan cara demikian tetapi naniura, kaya akan protein karena proses pembuatannya tidak menggunakan api. Makanan khas batak ini bisa ditemukan di Danau Toba.

2. Arsik

7 Rekomendasi Makanan Khas Toba yang Mesti Kamu CobaInstagram.com/fajarirwan

Arsik merupakan makanan khas batak yang sering digunakan pada acara adat Batak. Sama seperti Naniura, arsik juga berbahan dasar ikan mas, ikan mujair ataupun ikan nila. Ikan ini bisa ditemukan di Danau Toba. 

Ikan ini dimasak menggunakan bumbu andaliman (bumbu khas batak) yang terkenal dengan rasa pedas dan memberikan sensasi hangat saat disantap. Arsik ini bisa disajikan berkuah maupun kering, tergantung pada selera masing-masing.

3. Mie Gomak

7 Rekomendasi Makanan Khas Toba yang Mesti Kamu Cobainstagram.com/agustialidya88

Kuliner khas Batak ini bernama Mie Gomak. Mie bisa dinikmati dengan cara digoreng ataupun berkuah. Bentuk dari Mie Gomak ini terlihat seperti pasta. Dengan rasanya yang gurih, pedas dan asin. 

Mie Gomak ini diolah dengan bumbu makanan khas Toba seperti santan, irisan bawang goreng serta rempah andaliman. Memiliki topping yang bervariasi ie Gomak yang digoreng bisa disajikan dengan tomat, timun atau potongan labu siam, sedangkan untuk mie Gomak yang berkuah ada juga yang dicampur dengan bihun

4. Ombus-ombus

7 Rekomendasi Makanan Khas Toba yang Mesti Kamu Cobacookpad.com

Ombus-ombus adalah sebuah jajanan yang berasal dari Tapanuli Utara kota Siborong-borong, Ombus-ombus mempunyai arti “hembus-hembus” karena disajikan saat masih panas seperti hembusan napas. 

Berbahan dasar tepung beras, parutan kelapa dan gula aren. Cara membuat Ombus-ombus, pertama gula aren atau gula merah hanya diletakkan dibagian tengahnya saja.

Kemudian ditutup dengan adonan tepung beras dan juga parutan kelapa. Lalu adonan ini dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus sampai matang. Dengan rasanya yang gurih dan manis jajanan satu ini wajib ada saat acara adat Batak.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Batak ini Wajib Kamu Coba, Enaknya Bukan Main!

5. Manuk Napinadar

7 Rekomendasi Makanan Khas Toba yang Mesti Kamu CobaManuk napinadar (instagram.com/lia_qitchen)

Selanjutnya ada makanan khas Toba yang bernama Manuk Napinadar. Manuk Napinadar sejenis ayam bakar khas Batak. Setelah dibakar, ayam ini dibumbui menggunakan bumbu rempah andaliman dan dicampur dengan darah ayam segar. Dengan rasa yang pedas dan gurih, Manuk Napinadar dapat dinikmati dengan nasi putih yang hangat lalu dapat langsung disantap.

6. Natinombur

7 Rekomendasi Makanan Khas Toba yang Mesti Kamu CobaIkan natinombur (instagram.com/yenniselfiani_brahmana)

Olahan ikan tawar yang diolah bersama bumbu rempah dan santan. Lalu dibakar hingga matang.

7. Saksang

7 Rekomendasi Makanan Khas Toba yang Mesti Kamu Cobaobatak.id

Makanan ini berbahan dasar babi, namun biasanya diganti dengan anjing. Cara mengolahnya dengan mencampur darah dan daging hewan yang digunakan.

Itulah beberapa menu makanan khas Toba yang dapat dicicipi saat berkunjung atau berwisata ke wilayah Sumatera Utara. Makanan khas Batak adalah suatu kuliner yang dibuat menggunakan bumbu khusus yaitu rempah andaliman.

Makanan khas Batak mempunyai citarasa yang beragam dan unik serta sangat mudah untuk ditemui.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Kamu Tahu soal Etnis Batak Toba

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya