Comscore Tracker

7 Makanan Khas Padangsidimpuan yang Nikmat dan Bikin Ngiler!

Bikin selera makan naik nih!

Padangsidimpuan merupakan salah satu daerah yang sering disinggahi. Kota ini sebelumnya merupakan bagian dari Tapanuli Selatan, sebelum akhirnya berdiri sendiri. Daerah ini punya beragam kuliner khas. 

Selain harganya ramah di kantong, cita rasanya juga sangat enak. Hidangan lezat daerah ini hanya dapat diperoleh di kota ini.

Penasaran ada menu apa saja yang wajib dicicipi kalau melancong ke daerah Padangsidimpuan? Ini ulasannya!

1. Ikan Salai Gulai

7 Makanan Khas Padangsidimpuan yang Nikmat dan Bikin Ngiler!agrowindo.com

Menu satu ini adalah menu andalan yang jadi favorit dan banyak dipesan pengunjung. Menu Ikan Salai Gulai inipun cepat habisnya. Sebab banyak wisatawan yang suka dan memesannya. 

Ikan Salai Gulai rasanya sangat enak serta nikmat. Cita rasa Ikan Salai Gulainya mirip rasanya dengan hidangan khas kampung halaman di Tapsel. Rasanya pun tidak menghilangkan ciri khas suku Mandailing. Oleh sebab itu, menu ini sangat recommended. Apalagi kalau Anda orang Tapsel yang kangen mencicipi makanan khas kampung halaman.

2. Ikan Haporas

7 Makanan Khas Padangsidimpuan yang Nikmat dan Bikin Ngiler!Ikan Haporas (sarihusada.co.id)

Menu makanan khas Padangsidimpuan lainnya yakni Ikan Haporas memakai bahan ikan pora-pora yang diambil dari Danau Toba. Ikan tersebut sebelumnya harus disalai (diasapi). Karena jika tidak diasapi, tak dapat dimakan. Ikan pora-pora memiliki duri yang sangat banyak.

Jika sudah diasap, ikan tersebut digoreng. Kemudian disambal menggunakan rempah rempah khas daerah Tapsel. Akhirnya jadilah satu hidangan khas Tapsel yakni ikan pora-pora Sambal

Tekstur dari ikan tersebut memang amat menggugah selera. Ditambah sambalnya amat terasa sekali. Paduan aroma asap ikan pora-pora yang telah diasapi menjadikan menu ini makin nikmat.

3. Ayam Kampung Gulai

7 Makanan Khas Padangsidimpuan yang Nikmat dan Bikin Ngiler!instagram.com/resepayammm

Untuk hidangan Ayam Kampung Gulai, mirip dengan gulai ayam pada umumnya. Namun yang membedakan menu gulai biasa dengan ayam gulai khas Tapsel adalah berat ayamnya. Ayam Kampung Gulai Tapsel memakai ayam yang beratnya 7 ons.

Alasannya dengan berat ayam tersebut dagingnya masih muda serta terasa manis. Kalau dimasak bersama rempah-rempah gulai khas Tapsel akan menghasilkan kenikmatan yang amat dahsyat.

Gulai khas Padangsidimpuan lebih cenderung mirip kalio. Dengan tekstur kuah gulai yang lebih kental.

4. Ikan Mas Arsik

7 Makanan Khas Padangsidimpuan yang Nikmat dan Bikin Ngiler!tobatabo.com

Rekomendasi makanan khas Padangsidimpuan berikutnya adalah Ikan Mas Arsik. Menu Ikan Mas Arsik ini menggunakan bahan ikan mas yang juga diambil langsung dari Danau Toba. Karena ikan Danau Toba tidak bau tanah dan lumpur. Berbeda dengan ikan yang diambil dari dari kolam ternak ikan mas yang memiliki bau tanah serta lumpur.

Menu Ikan Mas Arsik ini sebenarnya sama saja cara pengolahannya dengan Ikan Salai Gulai. Namun, ikan mas di menu ini tidak diasapi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Populer di Padangsidimpuan

5. Ikan Mas Bakar Madu

7 Makanan Khas Padangsidimpuan yang Nikmat dan Bikin Ngiler!Ikan Mas Bakar Madu (cookpad)

Ikan mas yang diolah dengan cara dibakar. Diberikan bumbu khas dahulu lalu dibakar dan ditambahkan bumbu manis. Agar rasanya menyerupai madu

6. Sate Bacik atau Nauli

7 Makanan Khas Padangsidimpuan yang Nikmat dan Bikin Ngiler!Sate Nauli (YouTube/Rizwan Faisal Hamdani)

Oalahan sate yang terkenal dengan nama Sate Bacik atau disebut juga Sate Nauli. Rasanya hampir sama dengan Sate Padang. Apalagi jika dimakan dengan kerupuk jangek.

7. Mie Buffet Yohana

7 Makanan Khas Padangsidimpuan yang Nikmat dan Bikin Ngiler!Mi Yohana (winnymarlina.com)

Satu porsi mie seharga Rp6 ribu. Sangat murah. Dipadukan dengan orek telur dan sambal di atasnya. Rasanya enak. Dijamin kamu bakal ketagihan. Panganan ini bisa kamu temui di Jalan Merdeka Padangsidimpuan.

Bagaimana rekomendasi makanan khas Padangsidimpuan di atas? Sungguh menggugah selera untuk segera dicoba, ya. Jangan lupa cicipi hidangan di atas ya kalau singgah ke Sidimpuan!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Oleh-oleh Khas dari Padangsidimpuan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya