Resep Lempok Durian, Jajanan Manis dan Legit Khas Bengkalis Riau

Rasa duriannya bikin nagih

Lempok durian merupakan salah satu jajanan pasar yang sering disamakan dengan dodol durian. Namun, lempok durian berbeda dengan dodol durian.

Dodol durian terbuat dari campuran tepung beras dan daging durian. Sedangkan lempok durian terbuat dari campuran daging durian dan gula pasir. Penasaran bagaimana rasanya? Yuk simak resepnya berikut ini..

1. Bahan yang dibutuhkan

Resep Lempok Durian, Jajanan Manis dan Legit Khas Bengkalis Riaudurian (unsplash.com/Jim Teo)

Lempok durian ini hanya memakai tiga bahan saja. Berikut bahan-bahannya:

  1. 500 gr daging durian
  2. 50 gr gula pasir
  3. 1/4 sdt garam 

2. Cara membuat

Resep Lempok Durian, Jajanan Manis dan Legit Khas Bengkalis Riaudurian (pexels.com/Alexey Demidov)

Cara membuat jajanan legit ini sangat mudah, yuk ikuti langkah membuat Lempok durian berikut ini:

  1. Pisahkan daging durian dengan bijinya, kemudian masukkan ke wajan. Masak dengan api sedang hingga kadar airnya berkurang.
  2. Kemudian, masukkan gula pasir dan garam lalu aduk hingga adonan berwarna gelap.
  3. Aduk terus hingga adonan terasa berat kurang lebih selama 6 jam.
  4. Setelah adonan kalis, bentuk adonan menjadi bulat memanjang dan diamkan hingga dingin. Setelah dingin potong-potong dan sajikan.

3. Tips mengolah lempok durian agar tahan lama

Resep Lempok Durian, Jajanan Manis dan Legit Khas Bengkalis Riauilustrasi mengaduk (pexels.com/HOT WOK)

Buah durian yang berbuah pada musim tertentu terkadang membuat kita tidak bisa menikmati lempok durian setiap saat. Untuk itu kita harus mensiasatinya agar lempok durian bisa tahan lama.

Agar lempok durian bisa tahan lama, pilihlah buah durian yang bagus dan matang di pohon. Kemudian masak lempok durian selama 6 jam dan terus diaduk agar matangnya merata. Selain itu, cara penyimpanan lempok durian juga menjadi bagian utama agar lempok durian bisa tahan lama. Simpanlah lempok durian pada wadah kedap udara agar lebih awet.

4. Asal-usul lempok durian

Resep Lempok Durian, Jajanan Manis dan Legit Khas Bengkalis Riaulempok durian (instagram.com/nanaisyanazana)

Lempok durian atau dodol durian merupakan salah satu jajanan pasar berbahan dasar durian yang populer. Jajanan manis ini dikenal di berbagai daerah di Indonesia terutama di Sumatera dan Kalimantan.

Lempok durian atau lebih dikenal lempuk durian di Bengkalis ini mulai di produksi dan dikomersialkan pada tahun 1991 oleh warga Bengkalis bernama Selamat atau Ahok. Jumlah durian yang melimpah sehingga harganya menjadi murah membuat Ahok berinovasi untuk meningkatkan nilai ekonomis durian dengan membuat olahan mirip dodol yang dikenal dengan lempuk durian. 

Lempuk durian mulai dipasarkan ke toko-toko makanan di Bengkalis, kemudian toko tersebut mengemas dan memberikan merk mereka masing-masing dan memasarkannya kembali. Seiring berjalannya waktu kini lempuk durian sudah dikenal dan tersebar di kota-kota lain di Indonesia.

5. Fakta menarik buah durian

Resep Lempok Durian, Jajanan Manis dan Legit Khas Bengkalis Riaubuah durian (pexels.com/Alexey Demidov)

Buah durian menjadi buah yang kontroversial karena aromanya yang khas. Buah musiman yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. 

Kata durian diambil dari ciri khas kulit buahnya yang tajam seperti duri, sehingga ia dikenal dengan nama durian.Terdapat 30 spesies buah durian, namun hanya 11 spesies yang bisa dikonsumsi.

Buah durian ini tersebar di berbagai negara di Asia Tenggara lho, seperti di Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Sering di juluki raja buah, buah durian juga punya kandungan nutrisi dan antioksidan yang baik untuk tubuh. 

Izam Lisa Photo Community Writer Izam Lisa

Start your impossible

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya