Comscore Tracker

Agen Resmi, PT Arumi Tegaskan Tak Pernah Jual BBM Ilegal

Minta konsumen tak terpengaruh isu

Medan, IDN Times - PT Anugerah Restu Bumi (Arumi) yang merupakan agen atau transportir resmi minyak industri Pertamina Patra Niaga menegaskan jika produk yang mereka salurkan resmi dan legal dari Pertamina. Hal itu disampaikan menyusul adanya tudingan terhadap perusahaan yang beralamat Jalan Abdul Sani Mutalib, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan ini.

Andry Mahyar Matondang, selaku lawyer PT Arumi menyebut adanya tudingan yang tak terbukti kebenarannya terhadap perusahaan tersebut.

1. Mantan Dirut dinyatakan bebas segala tuduhan soal BBM ilegal

Agen Resmi, PT Arumi Tegaskan Tak Pernah Jual BBM IlegalIlustrasi konsumen membeli BBM jenis Pertamax di SPBU. (dok. Pertamina Jawa Bagian Tengah)

Kronologinya berawal dari Februari 2021. Saat itu Syaiful Bahri berpangkat Pelda Keastuan Yonmarhanlan I Belawan yang menjabat Direktur Utama sempat ditangkap dan ditahan oleh POM Mabes TNI terkait dugaan terjadinya praktik penyulingan minyak ilegal dan pengangkutan minyak non subsidi secara ilegal.

Dalam proses persidangan peradilan militer membebaskan dari segala tuduhan soal BBM ilegal itu lewat petikan putusan Pengadilan Militer I-02 Medan nomor 39-K/PM-I-02/AL/IV2021 pada 14 Juli 2021. 

"Pertama kami datang kemari untuk menyatakan putusan pengadilan militer tadi. Selaku pengacara PT Arumi menyatakan tidak benar apa yang dituduhkan terhadap PT Arumi yang dinyatakan melakukan perbuatan ilegal terkait minyak BBM. Kedua mantan Dirut Utama PT Arumi tidak pernah dihukum karena tindak pidana sebagaimana yang dituduhkan terkait minyak ilegal," kata Andry, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Pertamina Distribusikan 4.855 Ton Oksigen untuk 504 Rumah Sakit

2. PT Arumi telah melakukan RUPS dan pengalihan saham

Agen Resmi, PT Arumi Tegaskan Tak Pernah Jual BBM IlegalAndry Mahyar selaku lawyer PT Arumi dan Dirut PT Arumi M Ismail Daud (Dok.IDN Times/istimewa)

Selain itu menurut Andry PT Arumi telah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk pengalihan saham. "Dengan status sebagai anggota TNI yang tidak boleh berbisnis, oleh karena itu PT Arumi telah melakukan RUPS terhadap saham milik beliau, Itu telah dialihkan kepada M Ismail Daud dan Juli Kurniati. Selanjutnya PT Arumi hari ini dipimpin langsung Ismail Daud selaku Dirut, Heru Antoko selaku manajer operasional, Effendi selaku Head Logistik PT Arumi," kata Mantan Manajer PSMS ini.

"Sehingga ke depan, kita memastikan tidak ada lagi kaitan antara kejadian di Februari kemarin yang telah merusak nama baik PT Arumi. Padahal apa yang dituduhkan fitnah. Terkait pelapor dalam perkara di atas kita akan melakukan upaya hukum dengan tuduhan dan keterangan palsu," tambahnya.

Ia juga  menegaskan untuk mengimbau semua pihak tidak lagi menyebarkan berita bohong, dan atau fitnah terkait operasional PT Arumi selaku agen resmi Pertamina Patra Niaga untuk penyaluran minyak non subsidi.

"Hari ini banyak diketahui banyak sumber yang menyatakan ke publik bahwa PT Arumi melakukan penjualan minyak ilegal. Terhadap hal tersebut jelas merugikan PT Arumi. Baik secara materi dan in materil berupa nama baik mendapatkan best Agen Pertamina Patra Niaga 2019/2020. Apabila kami masih mendapati siapapun baik peribadi maupun badan hukum menyampaikan berita bohong tersebut ke tengah masyarakat, PT Arumi tidak akan segan-segan melakukan tuntutan hukum baik pidana maupun perdata," jelasnya.

 

3. Pastikan produk yang dijual resmi dari Pertamina

Agen Resmi, PT Arumi Tegaskan Tak Pernah Jual BBM IlegalPihak PT Anugrah Restu Bumi (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Dirut PT Arumi, M Ismail Daud mengatakan, mereka menegaskan tidak pernah menjual BBM ilegal. Apalagi mereka sudah lama berpartner dengan Pertamina Patra Niaga. Ia berharap konsumen bisa mengembalikan kepercayaannya.

"Kami selaku pengelola dari PT Arumi berdasarkan RUPS yang sudah diterbitkan mengimbau kepada seluruh customer maupun calon customer PT Arumi agar tidak terikut terkait isu yang sempat beredar. Yang juga sempat mencoreng nama baik PT Arumi. Harapannya ke depan seluruh customer dan calon customer bisa lagi menjalin kerjasama pada PT Arumi," beber Ismail.

Sementara itu Head Logistik PT Arumi, Effendi mengatakan selaku agen penyalur minyak industri menjamin semua produk yang disalurkan resmi produk Pertamina.

"Soal penjualan dan pengeluaran dapat dengan marketing resmi PT Arumi atau bisa datang ke perusahaan langsung. Baik langsung maupun online lewat email anugrahrestubumi06@gmail.com," timpal Manajer Operasional Heru Antoko.

Baca Juga: Mitra Binaan Pertamina Ini Berhasil Ubah Citra Jadi Desa Wisata

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya