Comscore Tracker

5 Cara Mudah Merawat Sepeda Motor di Musim Hujan

Hujan sangat rentan menimbulkan kerusakan pada motor

Ketika musim hujan tiba, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan para pemilik kendaraan guna memastikan kondisi armadanya tetap prima untuk menemani aktivitas harian.

Terlebih lagi bagi para pengendara motor yang sangat membutuhkan upaya ekstra dalam merawat motor mengingat kandungan asam yang terdapat pada air hujan dapat menyebabkan kerusakan komponen pada motor.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, yang harus dilakukan saat musim hujan adalah melakukan perawatan ekstra pada motor kesayangan agar performanya tetap maksimal. Karena air hujan memiliki kandungan zat asam yang cukup tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai suku cadang dan komponen pada motor.

Untuk menambah pengetahuan para pecintanya, maka dengan semangat Satu Hati Honda akan membagikan sejumlah cara muda merawat motor di musim hujan. Yuk simak:

1. Cucilah motor setelah terkena hujan

5 Cara Mudah Merawat Sepeda Motor di Musim HujanIlustrasi Safety Riding (Dok. IDN Times)

Pertama, cucilah motor setelah terkena hujan untuk menghindari lumpur, kotoran lain, dan kandungan asam yang terdapat pada motor juga dapat segara dihilangkan sehingga komponen besi pada motor tidak cepat berkarat, rapuh dan menjadi cepat rusak.

Meski pada kenyataannya masih banyak pengguna motor yang memiliki kebiasaan buruk dengan enggan mencuci motor setelah terkena hujan. Karenanya akan lebih baik meninggalkan kebiasaan dan pikiran buruk tersebut, karena mencuci motor setelah terkena hujan sangat penting dilakukan.

Baca Juga: Mengenal Musa Arjianshah, Putra Wagub yang Ikut Danau Toba Rally 2022

2. Pastikan busi tetap kering

5 Cara Mudah Merawat Sepeda Motor di Musim Hujanbrothermotor.com

Kedua, perhatikan busi yang merupakan komponen terpenting pada motor, dimana ketika hujan, motor yang sering mogok juga sering disebabkan oleh kondisi busi yang basah. Karena itu, sangat penting untuk memastikan busi tetap kering.

Caranya dengan mencabut kop atau karet penutup busi, kemudian menggosok busi beserta kabelnya dengan lap sampai benar-benar kering.

3. Periksalah kondisi ban

5 Cara Mudah Merawat Sepeda Motor di Musim HujanIlustrasi Safety Riding, Honda PCX160(Dok. IDN Times)

Ketiga, karena sering terkena genangan air, bisa menyebabkan angin ban menjadi berkurang, cepat bocor.

Apalagi jika kondisi ban sudah halus, maka pengendara bakal kesulitan mengendalikan motor ketika hujan karena licin. Karena itu, baiknya periksalah kondisi ban, dan pastikan selalu dalam keadaan prima.

4. Bersihkan kotoran yang ada di kampas rem

5 Cara Mudah Merawat Sepeda Motor di Musim HujanIlustrasi Rem Tromol (IDN Times/Dwi Agustiar)

Keempat, hujan dapat menyebabkan kampas rem mengembang sehingga saat pengendara melakukan pengereman, maka akan terdengar suara berdecit yang tidak nyaman.

Cara mengatasinya dapat dengan cara menyemprotkan air ke kampas rem agar kotoran yang ada di kampas rem hilang. Lakukan pengereman beberapa kali agar kampas rem kering dan suara berdecit akan hilang.

5. Rantai sebagai penggerak motor harus di cek dan rawat

5 Cara Mudah Merawat Sepeda Motor di Musim Hujanilustrasi safety riding saat hujan (Dok. IDN Times)

Kelima, bagi pengendara yang menggunakan motor bebek atau sport, maka rantai sebagai penggerak motor harus di cek dan rawat. Letak rem yang berada di bawah sehingga sering terkena air akan membuat rantai motor cepat kehilangan pelumas dan berkarat. Segera semprotkan air pada rantai setelah kehujanan, berikan pelumas agar menambah umur pakai rantai motor kesayangan.

Erwin Chandra menambahkan, jika saja para pengguna motor tetap melakukan perawatan berkala di bengkel resmi AHASS dan selalu menerapkan cara mudah merawat motor di saat musim hujan, maka dapat dipastikan motor kesayangan dapat dengan setia menemani aktivitas sehari-hari tanpa kendala.

Baca Juga: Mengenal Canya Prasetyo, Satu-satunya Pereli Perempuan di Toba Rally

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya