Comscore Tracker

Air Terjun Bah Biak Sidamanik: Info, Lokasi dan Ragam Aktivitas 

Perjalanan akan dihiasi dengan pemandangan kebun teh

Medan, IDN Times - Air Terjun Bah Biak Sidamanik terletak di Desa Bahbutong, Sidamanik, Simalungun, Sumatra Utara. Tepatnya 15 kilometer dari kota Pematang Siantar.

Dalam bahasa Simalungun “Bah” berarti sungai seperti bah bolon di dekat desa Tomuan atau bah manik-manik. Sama seperti kata “Lau” di tanah Karo atau “Batang” di Mandailing. Pemandangan indah bebatuan yang dipahat alam menyatu dengan aliran air. Air yang berasal dari sungai-sungai kecil terlihat indah di tempat wisata yang satu ini.

Yuk, simak informasi, lokasi dan ragam aktivitas yang dirangkum IDN Times berikut ini. 

1. Perjalanan akan dihiasi dengan pemandangan kebun teh

Air Terjun Bah Biak Sidamanik: Info, Lokasi dan Ragam Aktivitas Ilustrasi kebun teh. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Jika kamu berasal dari kota Medan, maka rute yang harus dilalui terlebih dahulu adalah menuju kota Pematang Siantar. Biasanya akan mengisi waktu sekitar 3-4 jam, tergantung kondisi lalu lintas dan keadaan. Sesampainya di kota Siantar, pengunjung terus masuk ke dalam kota dan terus mengarah ke jalan setapak menuju kota Parapat tepatnya ke arah simpang dua. 

Air Terjun Bah Biak terletak di Sidamanik, persis bersebelahan dengan kebun teh Sidamanik. Untuk menuju Air Terjun Bah Biak, kamu bisa memilih dua jalur yaitu dari Siantar dan dari Tiga Runggu.

Nah dari perempatan perjalanan menuju Kebun Teh Sidamanik, kamu menempuh waktu kurang lebih sekitar 30 menit, berjarak 20 kilometer. Perjalanan akan dihiasi dengan pemandangan kebun teh yang indah di kiri dan kanan. 

Begitu sampai di lokasi, kamu tidak bisa langsung melihat air terjun ini karena harus turun dengan melewati puluhan anak tangga. Jika membawa kendaraan, bisa parkir mobil atau istirahat dan makan di warung setempat, sebelum turun melihat air terjun Bah Biak.

2. Pengunjung harus berjalan kaki untuk melihat air terjun, jaraknya hanya sekitar 300 meter

Air Terjun Bah Biak Sidamanik: Info, Lokasi dan Ragam Aktivitas Air Terjun Batu Basurek (instagram.com/asrilwandi)

Bagi pengunjung yang mendatangi lokasi ini maka dikenakan biaya parkir sebesar Rp5 ribu, untuk kendaraan roda dua dan sebesar Rp10 ribu,- untuk kendaraan roda empat. Jika sudah memarkir kendaraan, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju air terjun Bah Biak di bawah tebing. 

Dengan berjalan kaki, jaraknya hanya sekitar 300 meter dari tempat parkir. Namun kamu harus berhati-hati karena jalan menuju air terjun ini curam dan juga licin.

Setelah sampai di lokasi air terjun, kamu bisa istirahat sejenak di gubuk-gubuk yang dapat disewa dari penduduk sekitar.

3. Berenang dan berswafoto jadi favorit pengunjung

Air Terjun Bah Biak Sidamanik: Info, Lokasi dan Ragam Aktivitas instagram.com/r.mutiarasalshabil

Sebagaimana kamu melewati jalan menuju air terjun, salah satu kegiatan yang tentunya dapat dilakukan adalah menikmati pemandangan kebun teh karena air terjun ini terletak di sebelah kebun teh Sidamanik.

Hal lain yang tentunya dapat dilakukan adalah berenang di antara air-air yang jatuh dari air terjun. Jika kamu tidak terlalu menyukai baju yang basah, kamu dapat menikmati air terjun dari kejauhan sembari menikmati bekal yang dibawa atau beli dari warung setempat.

Kegiatan yang tidak boleh ketinggalan saat berkunjung kemana pun adalah ber-swafoto sebagai kenang-kenangan. 

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya