Comscore Tracker

5 Oleh-oleh Khas Batubara yang Cocok untuk Dibawa Pulang

Kerajinan tangan hingga kulinernya sangat khas

Kabupaten Batubara adalah salah satu kabupaten di Sumatra Utara. Kabupaten ini baru diresmikan pada tanggal 15 Juni 2007. Meskipun baru diresmikan, kabupaten ini memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa dan cocok dijadikan destinasi tempat wisata bagi Anda yang ingin pergi berlibur. 

Jika kamu sedang berkunjung di Kabupaten Batubara ini, jangan sampai pulang dengan membawa tangan kosong. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Batubara yang bisa dibawa pulang.

1. Songket Melayu khas Batubara

5 Oleh-oleh Khas Batubara yang Cocok untuk Dibawa Pulangksmtour.com

Sebagai salah satu warisan budaya yang masih terjaga eksistensinya hingga saat ini, kerajinan tenun Songket Melayu tetap memiliki kualitas yang baik serta corak yang bervariasi dengan menggunakan bahan yang beragam. 

Tersedia banyak pilihan bahan jika Anda ingin membeli songket Melayu, di antaranya  rayon, katun, polyester dan juga yang menjadi favorit para pembeli songket yang menggunakan kain sutra. Harga songket melayu berbahan sutra tentunya lebih mahal.

2. Kerajinan Anyam Melayu

5 Oleh-oleh Khas Batubara yang Cocok untuk Dibawa PulangANTARA FOTO/Fauzan

Kerajinan anyam memiliki jenis yang sangat beragam. Pada kerajinan anyam melayu ini terdapat beberapa jenis anyaman, diantaranya anyam bambu, anyam rotan dan juga pandan.

Berbagai jenis bahan anyaman itu dirangkai menjadi kerajinan yang dimanfaatkan untuk caping, kursi, bakul nasi atau karya seni lainnya sesuai dengan kreativitas pengrajin. 

Baca Juga: Mengenal Sosok Zahir, Bupati Batubara dari Air Hitam

3. Kerajinan Kulit Lantung

5 Oleh-oleh Khas Batubara yang Cocok untuk Dibawa PulangKerajunan Kulit Lantung (infopublik.id)

Kulit Kayu Lantung di tangan pengrajin masyarakat Batubara berhasil disulap menjadi berbagai macam jenis kerajinan yang berdaya guna seperti tas, dompet, kopiah dan topi. Proses pemanfaatan Kulit Lantung ini dimulai dari pemotongan sesuai pola yang diinginkan dan direbus. 

Agar produk yang dihasilkan tidak berjamur, saat direbus ditambahkan zat kimia yang berfungsi sebagai pengawet. Produk kerajinan yang dihasilkan memiliki nilai estetika yang tinggi serta tampak eksotis dan menarik. Sehingga tidak heran jika produk ini diminati oleh wisatawan lokal maupun asing. Oleh-oleh khas Batubara ini sangat direkomendasikan untuk Anda beli.

4. Kue Dangai

5 Oleh-oleh Khas Batubara yang Cocok untuk Dibawa PulangKue Dangai (Facebook/Batubara Online)

Batubara tak hanya populer akan karya seninya saja. Dari sisi kuliner, ada Kue Dangai yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh khas Batubara. Kue yang berbahan dasar kelapa ini diolah bersama gula, tepung ketan serta garam.

Kue ini memiliki cita rasa gurih dari parutan kelapa dan memiliki tekstur yang kering. Penasaran? Jangan ragu untuk mencobanya ya

5. Kue Karas

5 Oleh-oleh Khas Batubara yang Cocok untuk Dibawa PulangIlustrasi Kue Karas Khas Melayu (steemit.com)

Jika Anda mencari jajanan khas Melayu yang tahan lama untuk dibawa sebagai oleh-oleh, mungkin Kue Karas salah satu alternatifnya. Jajanan ini merupakan olahan dari santan dan tepung terigu yang diolah menggunakan teknik tradisional dengan memanfaatkan batok kelapa. 

Bentuknya menyerupai serabut kelapa, ada juga yang menyebut mirip seperti sarang burung walet. Rasanya merupakan perpaduan antara manis dan gurih serta memiliki tekstur yang kering dan mudah hancur, jadi hati-hati ya saat membawanya.

Baca Juga: Keren! Ini 10 Tempat Wisata Hits yang Hanya Ada di Batubara 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya