Comscore Tracker

Nostalgia dengan 8 Game Dingdong Lawas Favorit Era 90-an

Mana yang dulu sering kamu mainkan?

Bagi generasi 90-an eranya video game dan mesin consol jadi primadona. Dikenal dengan mesin arcade atau sering disebut dingdong, kamu memainkan game di sebuah mesin yang harus diisi koin. Satu koin untuk satu nyawa. Jika penasaran masukkan lagi koinmu sampai uang jajan habis.

IDN Times mengajak kamu bernostalgia, inilah game-game favorit di era dingdong yang membuat anak-anak 90-an dulu menghabiskan waktunya di arena video game. Apa saja?

1. Samurai Showdown

https://www.youtube.com/embed/FtNVtLyObis

Jika kalian bermain dingdong salah satu yang paling ramai karena antrean adalah Samurai Showdown. Ya, game dari Neo Geo ini memang sangat menarik karena pertarungan para ninja dan samurai.

Beberapa karakter favorit adalah Haomaru, Hanzo Hattori, hingga Ukyo Tachibana di pendekar pedang. Samurai Showdown di mesin dingdong juga tersedia dalam beberapa seri.

2. Street Fighter 2

https://www.youtube.com/embed/xI284D4y1q4

Bicara eranya game dingdong tentu tak lengkap tanpa menyebut Street Fighter. Game legendaris ini juga jadi salah satu yang paling ingin dimainkan.

Street Fighter punya banyak karakter favorit. Misalnya Ryu dan Ken, Dalshim, Blanka, Vega, Guile, Akuma dan lain-lain.
Apalagi jurus hadoukennya Ryo dan Ken yang sering disebut anak-anak dulu dengan Abuget.

3. Final Fight

https://www.youtube.com/embed/wymIQ1FywrA

Game berjenis scrolling beat-em up ini juga jadi favorit. Game rilisan Capcom ini awalnya disiapkan sebagai sekuel Street Fighter. Namun akhirnya menjadi game action sendiri dengan beberapa karakter familiar Guy, Cody dan Haggar.

Seperti game fight lainnya ada serangan spesial yang bisa digunakan saat powermu sudah penuh. Jika sudah kena siap-siap nyawamu berkurang hingga separuh.

Baca Juga: Kepak Sayap Banteng, Game Gawai Lokal yang Bikin Kesal karena Rumit

4. King of Fighter 98

https://www.youtube.com/embed/ziyqWaKqb1Y

Tak lengkap jika tak menautkan King of Fighter sebagai salah satu game fighting terbaik di era arcade atau dingdong.Game buatan SNK ini sangat digandrungi dengan karakter favorit Terry Bogard dan Andy Bogard.

Ada sistem yang berbeda yakni tag team. Saat karaktermu mati, karakter cadangan akan maju. Jadi nyawa kamu otomatis masih ada.

 

5. Cadillacs and Dinosaurs

https://www.youtube.com/embed/5i1pca5aCms

Ada lagi game yang membuat kamu harus sabar menunggu di mesin dingdong. Yakni game petualangan Cadillacs and Dinosaur.

Game action jenis scrolling beat-’em up ini bakal lama dimainkan karena kamu akan berjalan menumpas musuh-musuh.

Kamu juga bisa memanfaatkan benda-benda sekitar. Seperti menyetir mobil, senjata dan lainnya. Kamu bisa bermain tiga orang dalam satu layar juga dan kalian bekerjasama. Karakter favorit yang sering dimainkan adalah mustapa, pemuda tegap berbaju hijau dan celana kuning yang punya tendangan sambil terbang.

 

6. Mortal Kombat

https://www.youtube.com/embed/7F82XAvCuVc

Kembali ke fighting, tak elok jika tak menyertakan Mortal Kombat. Game ini jika di consol populer di Sega. Salah satu yang paling ditunggu adalah fatalitynya. Adegan-adegan sadis seperti kepala putus menjadi hal yang bikin game ini kontroversial.

Beberapa karakter favorit adalah Liu Kang, Sub Zero, Raiden dan lain-lain.

7. Power Instinct

https://www.youtube.com/embed/YMJnrGGUiAY

Dibanding game-game fighting lain namanya memang kalah populer. Tapi gameplaynya sangat asyik. Ada karakter-karakter yang kuat dan jadi favorit. Salah satunya Thin Nen seorang biksu yang punya kekuatan seperti Hadouken milik Ryu dan Ken serta kertas vampire sehingga musuh jika terkena akan diam sejenak. Saat itulah Thin Nen akan menghabisimu dengan jurus pukulan seribunya.

8. Punisher

https://www.youtube.com/embed/D1zubjFpvQk

Jika kamu fans Marvel pasti tahu karakter Punisher. Seorang dengan kostum berlambang tengkorak besar di dadanya.

Game ini juga jadi favorit. Tipe gamenya seperti Cadillac tadi jenis scrolling beat-’em up. Punisher bersama Nick Furry mengalahkan musuh bernama Kingpin.

Nah, itu hanya beberapa game dingdong favorit saja di era anak-anak dulu. Sebenarnya ada banyak game lainnya seperti Puzzle Bubble, Strike 1945 dan lain-lain. Di daerah kamu masih ada gak yang masih ada mesin dingdongnya?

Baca Juga: 7 Game Terlaris dari Game Boy Sepanjang Masa, Pasti Ada Super Mario!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya