Besok Malam Persiraja Jamu Sriwijaya, Zulkifli Terapkan Rotasi

Lupakan pertandingan yang lalu, maksimalkan poin penuh

Banda Aceh, IDN Times - Persiraja Banda Aceh mengaku siap menjamu Sriwijaya FC, dalam laga lanjutan Grup A Liga 2 Indonesia musim 2023-2024, pekan kedua, Minggu (17/9/2023) malam. Kedua tim akan bertanding di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Aceh.

“Untuk persiapan tim satu Minggu ini kita sudah mengevaluasi yang menjadi kesalahan ketika melawan PSPS Riau dan mudah-mudahan anak-anak bisa menampilkan penampilan lebih baik,” kata Pelatih Persiraja Banda Aceh, Achmad Zulkifli, dalam konferensi pers, Sabtu (16/9/2023).

1. Melupakan pertandingan lalu untuk membangun mental pemain

Besok Malam Persiraja Jamu Sriwijaya, Zulkifli Terapkan RotasiPersiraja Banda Aceh menghadapi PSPS Riau, pekan kesatu Grup Satu Liga 2 Indonesia musim 2023-2024. (Dokumentasi Media Official Persiraja Banda Aceh untuk IDN Times)

Hasil imbang tanpa gol kala menjamu PSPS Riau di kandang sendiri pada laga perdana yang dijalankan Persiraja Banda Aceh di Liga 2 musim 2023-2024, sempat membuat mental pemain turun. Pasalnya, skuad Laskar Rencong tidak bisa memberikan kado di kandang pertama mereka.

Meski demikian, Zulkifli menyampaikan, jika anak asuhnya sepakat untuk melupakan hasil tersebut dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan saat menjamu tim asal ibu kota Provinsi Riau itu. Di laga kedua ini dia optimis Andik Vermansah dan kawan-kawan bisa meraih hasil maksimal.

“Kita fokus untuk melawan Sriwijaya. Anak-anak sepakat menampilkan penampilan yang lebih baik dari yang sebelumnya,” ujar Zulkifli.

2. Rotasi dan gaya permainan akan terjadi pada laga besok

Besok Malam Persiraja Jamu Sriwijaya, Zulkifli Terapkan RotasiPersiraja Banda Aceh menghadapi PSPS Riau, pekan kesatu Grup Satu Liga 2 Indonesia musim 2023-2024. (Dokumentasi Media Official Persiraja Banda Aceh untuk IDN Times)

Sementara itu, Zulkifli sebelumnya sempat mengeluhkan permainan yang ditunjukan para gelandang Laskar Rencong ketika menghadapi PSPS Riau. Para pemain disebut minim memberikan suplai ke depan dan kerap melakukan kesalahan ketika ditekan tim lawan.

Menghadapi Sriwijaya FC, pelatih Persiraja Banda Aceh ini mengaku, akan merotasi pemain dan menampilkan gaya bermain yang berbeda dari laga saat menghadapi PSPS Riau. Perubahan ini diyakini akan membawa permainan Persiraja lebih baik lagi.

“Selama satu minggu ini kita ada sedikit rotasi dan ada perubahan formasi. Mudah-mudahan anak-anak bisa mengerti dan menampilkan apa yang tim pelatih mau,” jelas Zulkifli.

“Ada sedikit perubahan di beberapa lini, sekitar satu atau dua pemain. Dan juga ada perubahan formasi ketika kita melawan PSPS dan juga besok melawan Sriwijaya,” imbuhnya.

3. Meredam kekuatan, mengeksplorasi kelemahan tim lawan

Besok Malam Persiraja Jamu Sriwijaya, Zulkifli Terapkan RotasiPenampilan pemain Sriwijaya FC saat menghadapi Sada Sumut FC di Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Minggu. (ANTARA/HO/MediaOfficerSFC)

Pelatih Persiraja Banda Aceh mengaku telah mempelajari dan menyampaikan kepada anak asuhnya  sejumlah pokok yang menjadi kekuatan serta kelemahan dari Laskar Wong Kito. Hal ini semakin meyakinkan skuad Laskar Rencong untuk mengamankan poin penuh dari tim tamu.

“Apa yang menjadi kekuatan mereka coba kita redam dan apa yang menjadi kelemahan mereka coba kita eksplorasi, itu sudah kita beritahukan kepada para pemain di latihan terakhir,” tutup Zulkifli.

Sementara di kubu lawan Sriwijaya siap tampil agresif mengobrak-abrik gawang tuan rumah, Persiraja Banda Aceh.

“Semua ready, tidak ada yang cedera, Insyaallah kita dapat hasil yang baik,” kata Pelatih Sriwijaya FC, Yusuf Prasetiyo, dalam konferensi pers, Sabtu (16/9/2023).

Membawa 18 pemain, Sriwijaya FC dikatakan Prasetiyo, sengaja tiba di Banda Aceh lebih awal atau beberapa hari sebelum pertandingan. Hal ini dilakukan agar anak asuhnya memiliki waktu panjang untuk beristirahat karena harus menempuh perjalanan jauh, yakni dari Sumatra Selatan (Sumsel) ke Aceh

“Kita datang ke sini karena tidak ada tim yang mau kalah, so, kita akan lakukan yang terbaik,” pungkasnya.

4. Perkiraan Line up dan Head to Head

Besok Malam Persiraja Jamu Sriwijaya, Zulkifli Terapkan RotasiPersiraja Banda Aceh. (Dokumentasi Media Official Persiraja Banda Aceh untuk IDN Times)

Perkiraan Line Up

Persiraja (4-4-2): M Fahri; Rizky Yusuf, Arata Takatori, M Revan, Agus Suhendra; Muammar, Harwalis, Ridha Umami, Andik Vermansyah; David Laly, Ricardo Pires.
Pelatih:Zulkifli

Sriwijaya (3-5-2): Rudi; Herwin Tri Saputra, Meru Kimura, Muhammad Rifqi; Rio Hardiawan, Misbakus Solikin, Resa Aditya, Tommy Darmawan, Kervens Belfort; Fransiskus Alesandro, Chencho Gyelshen
Pelatih: Yusup Prasetiyo

Head to Head

22/9/22  Sriwijaya FC Vs Persiraja Banda Aceh, 2 - 0
25/11/19 Sriwijaya FC Vs Persiraja Banda Aceh, 0 - 1
16/11/19 Sriwijaya FC Vs Persiraja Banda Aceh, 0 - 0
27/9/19  Persiraja Banda Aceh Vs Sriwijaya FC, 1 - 0
28/7/19  Sriwijaya FC Vs Persiraja Banda Aceh, 1 - 0

Baca Juga: Bermain Imbang, Zulkifli Bakal Evaluasi Habis-habisan Persiraja

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya