Comscore Tracker

2 Pemain Academy Kwarta Dipanggil  Timnas U-18 Ikut TC di Turki

Skuat diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023

Medan, IDN Times- Dua pemain binaan Academy Kwarta, Fikri Arzidan dan Arkhan Fikri dipanggil mengikuti pemusatan latihan timnas U-18 yang akan digelar di Antalya, Turki pada November sampai Desember mendatang.

Keduanya sudah berangkat ke Jakarta dan bersiap-siap akan terbang ke Turki untuk menjalani latihan dan serangkaian uji coba. Timnas U-18 nantinya diproyeksikan mengikuti Piala Dunia U-20 yang rencananya digelar tahun 2023 di Indonesia. 

1. Kerja keras tiga tahun berlatih di Academy Kwarta

2 Pemain Academy Kwarta Dipanggil  Timnas U-18 Ikut TC di TurkiArkhan Fikri bersama Pelatih Academy Kwarta, Amrico (Dok.IDN Times/istimewa)

Firki Arzidan yang sekarang memperkuat PPLP Sumut sudah bergabung lebih dulu ke Jakarta. Sementara Arkhan Fikri menyusul. "Ya Arkhan Fikri mengikuti seleksi timnas U-18 gelombang 4. Ternyata dia juga lolos dan baru dipanggil ke Jakarta sebelum berangkat ke Turki," kata Pelatih Academy Kwarta, Amrico.

Menurut Amrico, hal ini menjadi kebanggaan bagi Academy Kwarta dengan bergabungnya dua pemain di timnas U-18. Keduanya sudah bergabung dengan Kwarta sejak tiga tahun terakhir.

"Ini jadi hasil latihan mereka di Academy Kwarta selama tiga tahun. Pada akhirnya mereka menunjukkan kualitasnya dengan latihan dan program yang diberikan," kata Amrico.

Baca Juga: Pemain Jebolan Academy Kwarta Dipanggil Seleksi Timnas U-18

2. Tahapan masih panjang di timnas

2 Pemain Academy Kwarta Dipanggil  Timnas U-18 Ikut TC di TurkiFikri Arzidan saat memperkuat Academy Kwarta (IDN Times/Doni Hermawan)

Bagi Fikri Arzidan yang berposisi sebagai sayap kiri, ini jadi pengalamannya yang pertama berkostum timnas. Sementara Arkhan Fikri sebelumnya sudah pernah memperkuat timnas U-16.

Amrico berpesan agar pemain tak cepat puas meski sudah dipanggil ke timnas U-18. "Jalan masih panjang. Apalagi persaingan di timnas juga ketat. Jadi ambil pengalaman dan pelajaran sebanyak-banyaknya dan tidak cepat puas. Karena mereka masih muda dan masih akan terus berkembang. Mungkin lewat timnas ini jalannya. Mudah-mudahan mereka bisa main di Piala Dunia U-20," tambah pelatih berlisensi C AFC itu.

3. Kwarta punya tradisi loloskan pemain ke timnas

2 Pemain Academy Kwarta Dipanggil  Timnas U-18 Ikut TC di TurkiArkhan Fikri, pemain Timnas U-16 (Dok. PSSI)

Kwarta sendiri menjadi salah satu klub Sumatra Utara yang orientasinya pembinaan dan beberapa kali menyumbangkan pemain ke timnas. Sebelumnya ada Satria Wardana yang lolos ke timnas U-19 untuk ajang AFF U-19 pada 2016 lalu.

Selain itu ada Bayu Tri Sanjaya yang sempat ikut seleksi timnas U-19, sayangnya gagal masuk skuat. Lalu ada Arkhan Fikri yang lolos timnas U-16 di bawah asuhan Bima Sakti tahun 2019 lalu. Teranyar Ihsan Kusuma Siregar di skuat timnas U-16, Arkhan Fikri serta Fikri Arzidan di timnas U-18

Baca Juga: Dua Pemain Academy Kwarta Dipanggil Seleksi Garuda Select

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya