Sumut Koleksi 26 Emas Peparnas, Tambahan 2 Medali dari Angkat Berat

Nina Gusmita hattrick medali emas dari atletik

Medan, IDN Times - Kontingen Sumatra Utara terus menambah koleksi medalinya di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI/2021 Papua. Jumat (12/11/2021), Sumut menambah 3 medali emas, 5 perak, dan 2 perunggu.

Total Sumut sudah mengoleksi 26 medali emas, 29 perak dan 13 perak selama sepekan pelaksanaan multi even empat tahunan itu. Tiga medali emas itu diraih dari cabang olahraga atletik dan angkat berat. 

1. Nina Gusmita lanjutkan dominasi emas atletik

Sumut Koleksi 26 Emas Peparnas, Tambahan 2 Medali dari Angkat BeratNina Gusmita sudah mengoleksi tiga emas Peparnas 2021 untuk Sumut (Dok.IDN Times/istimewa)

Emas dari atletik hari ini dipersembahkan Nina Gusmita pada nomor balap kursi roda 100 meter T54 putri, di Stadion Lukas Enembe, Jayapura Jumat (12/11) pagi. Ini merupakan emas ketiga Gusmita selama Peparnas 2021.

Gusmita meraih emas di nomor 200 meter putri usai finish dengan waktu tercepat 33,44 detik. Gusmita juga mampu pecahkan rekor Peparnas 2016.

 Nina Gusmita mengaku bangga dan senang bisa meraih tiga emas di Peparnas perdananya. Disaksikan langsung oleh Menpora, Zainuddin Amali, atlet berusia 23 tahun itu mengaku medali emas ia persembahkan untuk orang tua dan warga Sumatera Utara.
 
“Medali emas ini tentu saya persembahkan kepada orang tua, adik saya, dan masyarakat Sumut. Ini juga berkat kerja keras dan perjuangan yang melelahkan selama dua tahun,” ujar anak sulung dari tiga bersaudara itu.

Selain Gusmita, cabor atletik juga menambah 4 perak dan 1 perunggu, masing – masing Siti Nuraisyah Asikin di nomor F13 lempar lembing dan tolak peluru, Wagito Purnomo T53 putra, dan Indra Sakti Bako T54 putra. Serta satu perunggu diraih Ricky Bustami di lempar lembing F56 putra.

Baca Juga: Atletik Sumut Tambah 2 Emas, Rekor Peparnas Pecah 

2. Tambi pecahkan rekor Peparnas 2016

Sumut Koleksi 26 Emas Peparnas, Tambahan 2 Medali dari Angkat BeratNina Gusmita sudah mengoleksi tiga emas Peparnas 2021 untuk Sumut (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu cabang olahraga angkat berat menyumbang dua medali emas, dua perak dan tiga perunggu kemarin. Emas diraih Tambi Sibarani yang sukses memecahkan rekor Peparnas milik Angriwan asal Riau dengan angkatan 158 kg. Tampil di kelas 80 kg putra, Tambi sukses mencatatkan angkatan terbaik 168 kilogram di Hotel Suni Garden Like Sentani, Jayapura.
 
Tambi mengaku sudah cukup puas dengan hasil tersebut. Apalagi, ini merupakan emas perdananya di ajang Peparnas. "Bersyukur ya bang akhirnya emas di Peparnas. Terima kasih doa dan dukungan masyarakat Sumut, termasuk official yang hadir mendukung saya bertanding," ujar Tambi. 
 
Tambi bertekad akan memperbaiki angkatan terbaiknya. Hal ini untuk bisa meraih hasil terbaik di event internasional termasuk di Asian Para Games 2022 di Hangzhou, China. "Setelah ini kita tidak ada waktu istirahat karena program pelatnas jangka panjang menuju Hangzhou nanti. Pasti tekad saya ingin perbaiki angkatan," ujarnya.
 

3. Nurtani Purba sumbangkan emas dari kelas 73 kilogram

Sumut Koleksi 26 Emas Peparnas, Tambahan 2 Medali dari Angkat BeratTambi meraih medali emas Peparnas 2021 untuk Sumut (Dok.IDN Times/istimewa)

Medali emas lainnya juga disumbangkan melalui lifter putri, Nurtani Purba di kelas 73 kilogram. Atlet pelatnas ini sukses mengangkat beban seberat 97 kilogram. Angkat berat juga menambah satu medali perak di nomor 88 kg putra melalui Anto Boy dengan angkatan terbaik 175 kilogram, dan perunggu melalui Candra Efendi di nomor yang sama dengan angkatan 166 kilogram. Total cabor angkat berat Sumut telah mengumpulkan 2 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. 

 

Baca Juga: Sumut Tambah 5 Emas Peparnas, Rekor ASEAN Para Games Renang Pecah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya