Comscore Tracker

Pastikan PON 2024 Sesuai Jadwal, KONI Sumut: Persiapan On the Track

PON akan pertandingkan 64 cabor

Medan, IDN Times- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatra Utara menepis anggapan soal persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang digelar di Aceh-Sumatra Utara kacau balau. Sehingga dikhawatirkan PON tidak berjalan sesuai jadwal.

Ketua Umum KONI Sumut, John Lubis memastikan persiapan on the track. Menurutnya PON akan dimulai tepat pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yakni 9 September 2024.

“PON ke 21 tahun 2024 sudah diputuskan tuan rumah bersama Aceh dan Sumut. Cabor olahraga yang dipertandingakan itu 64 dengan 86 disiplin cabang olahraga. Sedangkan nomor pertandingan akan ditentukan KONI pusat pada Agustus nanti,” ucap John, Senin (25/7/2022).

Untuk koordinasi dan percepatan tuan rumah PON 2024, juga akan digelar pelantikan Panitia Besar PON Sumut pada 28 Juli mendatang.

1. Sumut sudah mulai pelatda yang diikuti 479 atlet

Pastikan PON 2024 Sesuai Jadwal, KONI Sumut: Persiapan On the TrackKONI Sumut saat menggelar konfrensi pers di Gedung KONI Sumut, Senin (25/7/2022 (IDN Times/Doni Hermawan)

John mengatakan, total akan ada 1.500 atlet yang diturunkan pada ajang multi event olahraga empat tahunan itu jika Sumut mengikuti seluruh cabang olahraga. KONI Sumut sendiri sudah mulai persiapan.

Tahun 2022, pelatda untuk cabang olahraga perorangan yang prioritas diikuti 479 atlet serta para pelatih masing-masing cabor. Sedangkan cabor beregu baru akan mulai pelatda pada 2023 mendatang.

“Kita juga bakal terapkan promosi dan degradasi melalui Pekan Olahraga Provinsi pada November 2022, kemudian cabor yang tidak capai 50 persen di kabupaten/kota akan melaksanakan kejurda dan cabor yang tidak sampai 10 di kabupaten/ kota itu melalui selekda. Sehingga pada akhir tahun (2022) kita sudah dapatkan atlet yang akan dipelatdakan,” jelas John.

Baca Juga: Harap Judo Sumut Berprestasi di PON 2024, Wagub Ijeck Siap Mendukung

2. Pemprov Sumut membanggun tiga venue baru

Pastikan PON 2024 Sesuai Jadwal, KONI Sumut: Persiapan On the TrackGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Sekdaprov Sumut R Sabrina melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama pada lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Selasa (11/5/2021). (Istimewa/Dinas Kominfo Provinsi Sumut)

Menurutnya peran KONI Sumut sebagai peserta. Sementara Pemerintah Provinsi Sumatra Utara yang menanggung jawabi sarana dan prasarana. Pemprov sendiri saat ini tengah membangun tiga venue cabor di Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang. Mulai dari Stadion Madya (atletik), gedung Boling, dan Martial art yang terdiri dari enam gedung. Khusus di gedung Martial art nantinya bisa dipergunakan untuk 12 pertandingan cabor. Selain itu, Aceh dan Sumut juga bakal mendapat bantuan pembangunan venue stadion Utama sepakbola dari APBN.

 “Untuk Pelatda, Gubernur sudah persiapkan kawasan Siosar (Karo). Di sana nanti akan dibangun wisma, track untuk atletik, dan rencananya lapangan sepakbola. Jadi, kita lihat persiapan Sumut tuan rumah PON sudah on the track,” kata John.

3. Venue-venue yang sudah ada akan dibenahi

Pastikan PON 2024 Sesuai Jadwal, KONI Sumut: Persiapan On the TrackIlustrasi atlet renang. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Selain pembangunan venue baru, juga akan dilakukan renovasi atau pembenahan venue yang sudah ada. Nantinya juga disesuaikan dengan standar. Seperti Gedung Serbaguna di Pancing, Futsal Dispora Sumut, Kolam Renang Unimed untuk renang dan loncat indah, dan Selayang untuk polo air, serta venue di setiap perguruan tinggi.

“Sebelum dibangun, kita minta standarisasi dari PB cabang olahraga. Setelah ada standarisasi, kemudian di desain dan disetujui PB cabang olahraga, itu baru direnovasi atau pembangunan. Setelah selesai, perlu persetujuan cabor agar tidak ada pembangunan lagi saat Pra PON dan menjelang PON,” pungkasnya.

Baca Juga: Demi Sukseskan PON 2024, Gubernur Edy  Belajar dari Jawa Barat

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya