Janji Edy Rahmayadi Perhatikan Olahraga Angkat Berat Sumut

Resmi dilantik, Pabersi Sumut target 3 emas di PON

Medan, IDN Times - Pengurus Provinsi Persatuan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi) Sumatra Utara periode 2020-2024 menggelar program pertamanya, 10-11 Oktober 2020. Bersamaan dengan pelantikan, kejuaraan daerah tingkat Provinsi Sumatra Utara digelar di Gedung Olahraga, Medan Helvetia.

Ini juga menjadi agenda pertama sejak Pabersi pisah dari PABBSI September lalu. Pembukaan kejurda dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Edy yang sudah melihat gedung dan fasilitas para atlet yang penuh keterbatasan. Edy berjanji akan memberi perhatian. 

"Ada kegiatan pembangunan seluruh cabor di sport center. Nanti di situ ada angkat berat dan angkat besi. 75 tahun Indonesia merdeka, penyumbang medali emas Indonesia salah satunya dari cabor angkat berat," ucap Edy, Sabtu (10/10/2020). 

Begitupun Edy memuji semangat para atlet. Angkat berat sendiri sudah meloloskan 5 atlet ke PON 2021. "Kemenangan itu tidak sepenuhnya infrastruktur yang mendukung, tetapi 70 persen kemenangan diraih oleh orang yang memiliki keyakinan dan moril yang tinggi. Saya apresiasi atlet dengan kondisi seperti ini mereka sangat tegar. Ini akan kita perhatikan semua," tegas Edy. 

1. Pabersi Sumut targetkan 3 emas PON mendatang

Janji Edy Rahmayadi Perhatikan Olahraga Angkat Berat SumutPelantikan Pabersi Sumut di Gedung Olahraga Helvetia, Sabtu (10/10/2020). (Dok.IDN Times/istimewa)

Bersamaan dengan itu Pengurus Pabersi Sumut dilantik. Dipimpin Hermansyah Hutagalung  dengan Riko Goncalwes Sirait sebagai sekretaris dan Muhammad Samsir sebagai bendahara.

Hermansyah berkomitmen akan memajukan angkat berat di Sumut. Dia akan memfasilitas atlet agar bisa meraih prestasi tertinggi.

"Warna pengurus Pabersi Sumut adalah kita utamakan atlet, bukan pengurus. Atlet nomor satu. Biar atlet yang nampak. Karena kami berkomitmen mengurusi olahraga yang terpenting adalah atlet bisa meraih prestasi setinggi - tingginya," ucap Hermansyah. 

Sebagai salah satu bentuk komitmen sekaligus keseriusan pengurus, pada PON 2021 Papua, Sumut targetkan 3 emas bisa dibawa pulang melalui cabor angkat berat. "Tadi sudah kami bahas, kita targetkan tiga emas di PON Papua. Mudah - mudahan bisa terwujud", ujar Hermansyah. 

Baca Juga: Herri Zulkarnain Pimpin PBFI Sumut, Ini Targetnya 

2. Pabersi dukung Sumut jadi tuan rumah Kejuaraan Asia dengan kepengurusan yang baru dilantik

Janji Edy Rahmayadi Perhatikan Olahraga Angkat Berat SumutHermansyah Hutagalung menerima pataka dari Ketum PB Pabersi Ana Mariana saat pelantikan di Gedung Olahraga Helvetia, Sabtu (10/10/2020). (Dok.IDN Times/istimewa)

Kejurda angkat berat juga dirangkai dengan pelantikan Pengprov PABERSI Sumut periode 2020 -2024. Usai pelantikan ketua PB PABERSI Anna Maria, berpesan kepada pengurus yang baru dilantik bisa membawa prestasi angkat berat di kejuaraan nasional lebih baik. Ke depan, yang menjadi tantangan bagi PABERSI Sumut adalah membina atlet muda yang menjadi harapan bagi provinsi bahkan negara untuk tampil di berbagai event nasional maupun internasional. 

"Saya yakin dengan kepengurusan saat ini bahwa di bawah kepemimpinan Hermansyah, PABERSI Sumut bisa melahirkan atlet berprestasi. Butuh kerja keras, keseriusan dan pengorbanan ikhlas dalam menjalankan roda organisasi. Saya yakin dengan niat dan kemauan yang kuat mereka adalah kepengurusan yang luar biasa bagi atlet - atlet yang luar biasa", kata Anna. 

Terkait rencana Sumut menjadi tuan rumah kejuaraan angkat berat tingkat Asia pada 2021, Anna sangat mendukung penuh. Apalagi dengan kejurda perdana ini menjadi kesempatan bagi Sumut bisa membuktikan kepada PABERSI pusat siap sebagai pelaksana event yang baik. Begitupun, terkait kejuaraan Asia, akan dibahas lebih matang terkait ketersediaan venue hingga SDM kepanitiaan. " Nanti terkait rencana tuan rumah kejuaraan Asia, akan kita bahas dulu venue nya. Tapi, saya yakin dengan semangat seperti ini PABERSI Sumut pasti bisa", yakinnya.

3. Hinca berharap olahraga angkat berat bisa lebih dikenal di kalangan pelajar1.

Janji Edy Rahmayadi Perhatikan Olahraga Angkat Berat SumutPenasehat Pabersi Hinca Panjaitan (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara Pembina PB Pabersi Hinca Panjaitan, dalam menjalankan kepengurusan olahraga harus didukung aspek lain seperti culture (budaya) dan entertainment (seni). Olahraga tanpa didukung aspek budaya maka akan kehilangan roh sesungguhnya. 

"PB Pabersi memulai perpaduan tiga unsur itu melalui kejurda di Sumut. Karena olahraga angkat berat ini cepat sekali hanya 60 detik, tapi mendebarkan. Kalau tidak dikelola dengan budaya dan entertainment, dia hilang begitu saja. Makanya jika dipadu ketiganya akan sangat luar biasa, apalagi Sumut budayanya luar biasa sekali," kata kader Demokrat ini. 

"Tugas penting Pabersi Sumut adalah memperkenalkan cabor ini kepada pelajar di Sumut. Makanya, ke depan saya ingin mereka (atlet) ini bisa menjadi duta wisata yang ada di 33 kabupaten/ kota," ucapnya. 

Kejurda angkat berat diikuti 80 lifter putra/putri terbaik dari 15 Pengcab Pabersi Se Sumut. Kejurda mempertandingkan 12 kelas. Kategori putra pertandingkan kelas 59 kg, 66 kg, 74 kg, 83 kg, 93 kg, 93+ kg. Sedangkan putri di kelas 47 kg, 52 kg, 57 kg, 63 kg, 69 kg, 69+ kg. Kejurda juga dimeriahkan dengan perlombaan tarik tambang dan balik ban yang memperebutkan trofi Ketua DPC PERADI Medan Charles JN Silalahi. 

Baca Juga: Alasan KONI Sumut Tetap Jalankan Pelatda PON di Tengah Ancaman Corona

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya