TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

2 Emas PON dan 1 Emas SEA Games, Junita Malau: Saya Ingin Pekerjaan

Berharap dapat apresiasi dari pemerintah

Junita Malau raih medali emas Sanda Wushu (instagram/junita_malau)

Medan, IDN Times- Junita Malau menjadi salah satu atlet Sumatra Utara yang menyumbangkan medali emas untuk Inonesia di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam. Junita meraih medali emas 48 kilogram putri dari cabor Sanda Wushu pada 15 Mei 2022 lalu.

Ini merupakan emas perdana Junita di ajang SEA Games. Junita tak kuasa membendung kegembiraannya untuk emas perdananya itu. 

“Perasaaan saya saat itu senang dan terharu karena bisa kibarkan bendera (merah putih) di Vietnam,” ujar Junita, Jumat (20/5/2022). 

Baca Juga: Junita Malau Raih Emas, Sudah 4 Medali SEA Games Atlet Wushu Sumut 

1. Lawan batal bertanding karena cedera

Junita Malau raih medali emas Sanda Wushu (instagram/junita_malau)

Junita menceritakan perjuangannya meraih medali emas. Sang lawan yang merupakan atlet tuan rumah, Nguyen Thi Chin batal bertanding karena cedera. Padahal Junita memang bertekad membalas kekalahannya pada final kejuaraan dunia sanda 2015 lalu.

“Tanggal 15 Mei saya tanding final jam 3 sore. Tapi, jam 2 sore saya mulai pemanasan dan setelah jam setengah 3 saya baru tahu kalau lawan saya itu adalah tuan rumah yang sedang cedera. Kakinya patah di pergelangan kaki. Setelah itu, pelatih menghampiri saya, dan bilang lawan saya gak bisa tanding,” beber Junita.

2. Perjuangan terbayar lunas

Junita Malau raih medali emas Sanda Wushu (instagram/junita_malau)

Perjuangan Junita pun terbayar lunas. Sebelum SEA Games 2021, atlet asal Kabupaten Karo itu mengorbankan waktu dan tenaganya untuk berlatih. Meskipun masa pandemik membuat mereka tak melakukan training camp ke luar negeri.

“Masa pandemik ini latihan itu sangat sulit. Banyak yang harus kita lewati dan kita jaga yaitu COVID -19. Jadi, semua kita harus saling menjaga dan latihan sangat sulit demi bisa juara,” kata Junita.

Baca Juga: Dispora Sumut Janji Bantu Sarana dan Prasarana untuk PJSI Sumut

Berita Terkini Lainnya