Comscore Tracker

Junita Malau Raih Emas, Sudah 4 Medali SEA Games Atlet Wushu Sumut 

Masih berpeluang tambah lagi

Medan, IDN Times- Atlet Wushu Sumatra Utara kembali mencatatkan hasil gemilang di SEA Games 2021, Vietnam. Setelah dua medali perak dari Harris Horatius dan Nicholas, Minggu (15/5/2022), giliran Junita Malau dan Rosalina Simanjuntak yang meraih medali dari nomor sanda putri.

Junita meraih medali emas di nomor sanda 48 kg putri. Sementara Rosalina Simanjuntak, berhasil meraih medali perak kelas 52 kilogram. 

1. Junita meraih medali emas perdananya di SEA Games

Junita Malau Raih Emas, Sudah 4 Medali SEA Games Atlet Wushu Sumut Junita Malau raih medali emas Sanda Wushu (instagram/junita_malau)

Pada babak final, Junita meraih medali emas setelah sang lawan wakil Vietnam, Nguyen Thi Cinh batal bertanding di Ciao Giay Gymnasium, Hanoi, Minggu (15/5/2022). Ia mengalami cedera di semi final. 

Sementara di nomor sanda putri 52 kilogram, Rosalina Simanjuntak ditaklukkan wakil Vietnam lain, Thi Phuong Nga Ngo. Di nomor sanda putri 56 kilogram, Melisa Try Andani dikalahkan wakil Vietnam juga, yaitu Thu Thuy Nguyen. Sebelumnya Rosalina meraih perunggu di SEA Games sebelumnya.

Baca Juga: 12 Atlet Sumut Diharapkan Dapat Medali di SEA Games Vietnam

2. Harris dan Nicholas raih perak

Junita Malau Raih Emas, Sudah 4 Medali SEA Games Atlet Wushu Sumut Nicholas raih medali perak SEA Games Vietnam (Dok.Istimewa)

Sebelumnya Harris Horatius meraih medali perak dari nomor Nanquan putra dengan nilai 9.70, atau hanya selisih 0,01 dari Mohamad Hadi Salihin Roslan (Brunai Darussalam) yang mendapay poin 9.71. Sedangkan medali perunggu diraih atlet tuan rumah Vietnam, Van Huu Nong nilai 9.69.

Sementara Nicholas berhak meraih perak nomor Taijijian (Taiji Pedang) setelah mendapat nilai 9.71. Medali emas nomor ini diraih Jub Kai Chan (Singapura) nilai 9.72, dan perunggu untuk Jones Llabres Inso Ligligen (Philipina) poin 9.70.

Hasil yang diraih Nicholas di nomor ini sudah cukup baik, sebab sehari sebelumnya di nomor Taijiquan (taiji tangan kosong), ia belum berhasil menduduki posisi tiga besar.

3. Bersyukur wushu Sumut jaga tradisi

Junita Malau Raih Emas, Sudah 4 Medali SEA Games Atlet Wushu Sumut Harris Horatius raih medali perak SEA Games Vietnam (Dok.Istimewa)

Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis mengaku bersyukur dengan pencapaian para atlet Sumut. Apalagi mereka mempersembahkan medali untuk Indonesia.

"Kami bangga melihat perjuangan mereka yang bertanding penuh motivasi dan dedikasi," kata John. 

Sementara Ketua Pengprov WI Sumut Darsen Song.Ia mengapresiasi perjuangan atlet-atletnya yang mampu mempertahankan tradisi.

"Kita tentunya bersyukur dan bangga dengan pencapaian ini, karena para atlet mampu mempertahankan tradisi seperti ditanamkan Pendiri Wushu Sumut yang juga Bapak Taiji Indonesia, Master Supandi Kusuma, bahwa pewushu Sumut harus bisa memberi kontribusi untuk Kontingen Indonesia," ujar Darsen.

 

 

 

Baca Juga: Klasemen Medali SEA Games 2021: Indonesia Turun ke Posisi 4

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya