Dispora Sumut Janji Bantu Sarana dan Prasarana untuk PJSI Sumut

KONI Sumut yakin judo bisa berprestasi di PON 2024

Medan, IDN Times- Pemerintah Provinsi Sumatra Utara siap membantu sarana dan prasarana untuk para atlet judo Sumatra Utara. Hal ini agar judo bisa nyaman berlatih dalam persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang. 

Hal itu disampaikan Kasi Promosi Olahraga Prestasi, Joni Siahaan yang hadir mewakili Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat memantau latihan para atlet di Padepokan Judo, Jalan Gaharu Medan, Selasa (17/5/2022).

"Judo ini bukan barang baru di Sumut. Jangan anggap sepele. Kontribusinya untuk prestasi olahraga Sumut sejak dulu besar. Salut juga untuk PJSI Sumut saat ini. Sudah 7 atlet masuk pelatda padahal Pengcabnya masih dua," kata Joni. 

1. Dispora Sumut siap bantu sarana dan prasarana

Dispora Sumut Janji Bantu Sarana dan Prasarana untuk PJSI SumutKasi Promosi Olahraga Prestasi Dispora Sumut Joni Siahaan saat meninjau pelatda PJSI Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Joni mengatakan Pemprov Sumut melalui Dispora siap membantu kebutuhan sarana dan prasana untuk keperluan atlet. "Boleh buat proposalnya. Ditujukan gubernur dan diteruskan ke Dispora Sumut. Selain itu spesifikasinya harus lengkap. Misalnya matras, berapa lembar yang dibutuhkan dan ukuran serta merek apa," bebernya.

Selain itu dia juga meminta PJSI Sumut menyerahkan data pelatih bersertifikat serta wasit. "Sehingga nantinya kita bisa buat penataran pelatih hingga wasit. Harus ada data yang lengkap karena tidak mungkin kita buat-buat saja," tambahnya.

Baca Juga: PJSI Sumut Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dan Penanganan Cedera

2. KONI Sumut mengatakan pelatda sudah terukur dan terprogram

Dispora Sumut Janji Bantu Sarana dan Prasarana untuk PJSI SumutWakil Ketua 1 KONI Sumut, Agung Sunarno saat meninjau pelatda PJSI Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Wakil Ketua Koni Sumut, Prof Agung Sunarno yang juga Koordinator Pelatda PON Sumut mengatakan seluruh program pelatda sudah ditentukan dan terukur. "Sudah ada waktu-waktunya. Mulai dari latihan hingga kapan try out. Kalau latihan yang biasa saja hasilnya pasti biasa. Tapi kalau latihannya luar biasa hasilnya pasti luar biasa. Saat ini ada 490 atlet di Pelatda PON Sumut. Termasuk 7 atlet judo. Umur juga jadi pertimbangan," kata Agung.

Ia juga berharap judo Sumut bisa raih prestasi di PON 2024. Meskipun nantinya harus bermain di Aceh. "Kemungkinan memang di Aceh. Tapi di manapun mainnya kita harapkan bisa berprestasi," beber Agung.

3. PJSI Sumut berharap perhatian Pemprov Sumut

Dispora Sumut Janji Bantu Sarana dan Prasarana untuk PJSI SumutPemantauan pelatda PJSI Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Ketua Umum PJSI Sumut, M Arief Fadhillah berterima kasih atas kunjungan Dispora Sumut mewakili Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi yang sebelumnya disebutkan akan hadir. Dia berharap Dispora Sumut bisa menyampaikan apa-apa yang jadi kekurangan dan kebutuhan PJSI Sumut.

"Kami berterima kasih atas perhatian Pak Gubernur Sumut melalui Dispora Sumut yang hadir hari ini. Sebelumnya kami meraih prestasi di Kasad Cup dengan raihan satu emas, dua perak dan empat perunggu. Selanjutnya ada berbagai even yang akan kami ikuti. Termasuk Musi Cup Open," beber Arief.

"Tentu masih banyak kekurangan seperti kebutuhan matras, judogi dan lainnya. Kami berharap jadi perhatian Pemprov Sumut," tambahnya.

Dia juga berharap judo bisa dipertandingkan di Sumut. "Motivasi atlet saat jadi tuan rumah tentu berlebih," pungkasnya.

Sehari sebelumnya PJSI Sumut juga menggelar program kerja bidang kesehatan berupa pelatihan bantuan hidup dasar dan penanganan pertama cedera di Padepokan Judo.

Baca Juga: PJSI Sumut Audiensi ke Konjen Jepang, Buka Peluang Kerja Sama

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya