Pejudo Prancis yang Sedang Keliling Dunia Latih Atlet-atlet Sumut

Julian Brulard sudah kunjungan 200-an negara

Medan, IDN Times- Judoka dan traveller asal Prancis Julien Brulard akhirnya tiba di Kota Medan, Sumatra Utara, Senin (11/7/2023) sore. Ia tiba dengan perjalanan kapal setelah mengunjungi Malaysia.

Judoka yang berkeliling dunia sambil memberikan ilmu judo ini langsung mendatangi Padepokan Judo PJSI Sumatra Utara dan bertemu para atlet judo Sumut.

Pada sore kemarin Puluhan atlet judo baik junior dan senior mendapatkan pelajaran dari Julien soal dasar-dasar hingga teknik judo. Medan, merupakan kota pertama di Indonesia yang dikunjung pria yang melabeli dirinya Judo Nomad itu.

"Hari ini pertama kali saya di Medan. Saya akan stay beberapa hari di sini. Hari ini saya memberikan kelas pengenalan. Kami menyebutkan Ashi-waza. Semacam pergerakan bagaimana mereka bisa merasakan sensasi dan kemudian kita bisa melakukan lebih jauh untuk latihan besok," kata Julien usai berlatih.

1. Julien mengajarkan dasar-dasar dan disiplin kepada pejudo Sumut

Pejudo Prancis yang Sedang Keliling Dunia Latih Atlet-atlet SumutPejudo asal Prancis yang sudah berkeliling dunia Julien Brulard saat mengajarkan kelas ke para pejudo Sumut di Padepokan Judo PJSI Sumut, Senin (10/7/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Selama sekitar 2 jam, Julien berinteraksi dengan pejudo-pejudo Sumut itu. Selain itu Julien juga menanamkan disiplin kepada para atlet menjadi hal yang penting. Beberapa atlet harus menerima hukuman pushup jika menyalahi aturan. 

"Masalahnya, banyak yang masih pemula sehingga saya harus membuat sesuatu yang cocok untuk mereka," kata Julien.

Soal para atlet Sumut ini, Julien melihat potensi yang bagus. Yang terpenting bagaimana bisa menguasai teknik lebih dulu. "Pertama kali saya datang ke sini, saya melihat judo ada berbeda-beda kelasnya, ada yang kata, fighting. Kalau bisa melakukan kata dengan baik level ke fightingnya akan lebih bagus. Itu yang perlu dilancarkan kembali," tambahnya.

Julien yang sudah berkeliling ke 200-an negara ini mengatakan setiap negara punya kultur judonya sendiri-sendiri. Termasuk Indonesia.

"Ini tidak tentang satu negara, tapi grup negara. Setiap grup negara punya judo kulture sendiri. Indonesia, Filipina, Thailand, Malausia, Singapura mereka mempunya guru Jepang. gaya bermainnya teknik Jepang. Kalau ke Rusia, Kirghistan, Kazakhstan dan semua negara Soviet mereka seperti sambo mengandalkan power.

Sementara di negara saya Prancis dan Eropa memadukan power dan teknik," tambahnya.

Baca Juga: Hadapi PON 2024, Atlet Judo Sumut Butuh Try Out ke Luar Daerah

2. Julien juga akan melanjutkan perjalanan ke kota-kota lain hingga berlatih dengan tim nasional judo

Pejudo Prancis yang Sedang Keliling Dunia Latih Atlet-atlet SumutPejudo asal Prancis yang sudah berkeliling dunia Julien Brulard saat mengajarkan kelas ke para pejudo Sumut di Padepokan Judo PJSI Sumut, Senin (10/7/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Selain kelas judo, Julien juga akan mengeksplore kota Medan sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke kota-kota lainnya. Dia juga akan mengunjungi tim nasional di Ciloto, Jawa Barat.

"Saya tidak tahu banyak hal tentang Medan sejak saya datang. Karena di project ini saya tidak ingin dengar dari orang lain. Seperti di Afgahnistan dan Suriah kalau dari internet cerita tentang bom teroris. Tapi ketika saya datang ke sana tidak begitu.

Begitu juga di sini. Saya tahu Indonesia negara yang besar dan punya banyak kultur. Saya tak sabar untuk melihatnya langsung," tambahnya.

Soal agenda pejudo yang pernah meraih medali perunggu di Tournament Label B Trappes Juniors tahun 2011 di kategori U81 kg mengatakan jadwalnya tergantung dari PB PJSI. Dia hanya mengikutinya.

"Saya sudah datang ke200-an negara. Saya menulis ke judo federasi, mereka yang menentukan ke daerah mana saya datang. Dari Medan, ke Palembang melihat tim nasional. Saya juga mau ke Jakarta dan Bali," tambahnya.

3. Pejudo-pejudo Sumut sangat antusias menyambut Julien

Pejudo Prancis yang Sedang Keliling Dunia Latih Atlet-atlet SumutPejudo asal Prancis yang sudah berkeliling dunia Julien Brulard saat mengajarkan kelas ke para pejudo Sumut di Padepokan Judo PJSI Sumut, Senin (10/7/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Ketua Pengprov PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah menyambut positif kehadiran Julien di Medan. Dia melihat para pejudo Sumut sangat antusias.

"Dari latihan tadi saya lihat dia memberikan ilmu-ilmu yang menarik dan mungkin akan bermanfaat untuk pejudo-pejudo di sini. Saya harap dia bisa menikmati kota ini dan pastikan kehadirannya positif untuk kami," kata Arief.

Sementara itu Sekretaris PJSI Sumut Josef Yus mengatakan Julien akan menggelar latihan hingga Kamis (13/7/2023). "Selanjutnya dia akan melanjutkan perjalanan ke Palembang dengan perjalanan darat karena memang dia tidak mau naik pesawat," tambahnya.

Sementara itu Mutiara, pejudo pelatda Sumut menyebut Julien mengajarkan banyak hal tentang dasar-dasar dan teknik yang menurutnya bermanfaat. "Ya kami sangat senang dengan kedatangannya karena memberikan variasi-variasi baru untuk kami karena dia hadir dari Prancis dan sudah berkeliling dunia," kata Mutiara.

Julien biasanya akan mengunggah aktivitasnya di berbagai negara itu lewat konten YouTube-nya Thejudonomad.

Baca Juga: PJSI Sumut Siap Sambut Julien Brulard, Judoka Traveller Dunia

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya