Comscore Tracker

Ngopi, Ini 4 Hal yang Hanya Dirasakan Si Penikmat Kopi

Cuma penikmat kopi sih yang tahu ini!

Medan, IDN Times - Biasanya, ketika lagi penat atau boring. Kita sering kali mencari kopi untuk teman istirahat kita sejenak. Namun, ada juga yang memang candu, setiap saat minum kopi. Kalau begini, sudah coffee-addict namanya. Rasanya, tidak bisa melewatkan hari tanpa kopi. 

Kopi tentu saja memiliki nilai rasa yang berbeda-beda. Nah, bagi orang yang mengaku coffee-addict akan tahu menilai rasa secangkir kopi, khususnya yang diseduh secara manual brew.

Karakter ini dapat bervariasi tergantung dari jenis biji kopi yang digunakan dan teknik seduhnya. Jika kamu sudah paham, maka kamu akan bisa membedakan kopi yang baik dengan yang kurang baik. Gimana caranya? Berikut 4 hal yang hanya dirasakan si penikmat kopi!

Baca Juga: Koperasi Petani Gayo Raih Omset Rp165 Miliar dari Ekspor Kopi ke Eropa

1. Aroma bean

Ngopi, Ini 4 Hal yang Hanya Dirasakan Si Penikmat Kopiunsplash.com/@joshadamsford

Pada teknik standar cupping, bean atau biji akan digiling dengan level kehalusan medium dan langsung diseduh. Setelah itu, barulah bean diseduh. Saat penyeduhan, kamu bisa langsung mencium aroma yang keluar.

Masing-masing bean memiliki karakter rasa sendiri. Untuk merasakan aroma, dekatkan gelas kopi ke wajahmu dan hirup uap airnya.

2. Rasa yang didapat saat menyeruput kopi

Ngopi, Ini 4 Hal yang Hanya Dirasakan Si Penikmat Kopibukalapak.com

Flavor atau rasa inti merupakan rasa yang keluar ketika kita menyeruput kopi. Ini merupakan penilaian paling penting dari kualitas suatu biji kopi. Untuk menguji flavor, cobalah menyeruput kopi dalam jumlah kecil dan langsung dihisap dengan cepat. 

3. Kekentalan rasa

Ngopi, Ini 4 Hal yang Hanya Dirasakan Si Penikmat Kopihttps://pixabay.com/id/photos/kopi-kayu-tabel-espreso-sarapan-1030971/

Body atau disebut juga dengan thickness merupakan kekentalan rasa yang muncul di secangkir kopi. Body ini bisa dimodifikasi dengan mengubah cara brewing dan rasio kopi hingga air yang kamu seduh. Cara mengetesnya sama seperti di poin sebelumnya, namun kali ini cobalah menyeruput dalam jumlah banyak.

4. Aftertaste

Ngopi, Ini 4 Hal yang Hanya Dirasakan Si Penikmat Kopiinstagram.com/kenekopi

Aftertaste adalah rasa yang bertahan di dalam mulut sehabis meminum kopi. Rasa ini akan muncul setelah kita menenggak kopi dan bisa bertahan dari lebih lama, tergantung dari jenis kopi dan cara brewing. 

Baca Juga: Petani Kopi Sipirok Studi Banding ke Farmer Support Center Starbuck

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You