Comscore Tracker

Bikin Penasaran! 6 Misteri Gunung Sinabung yang Sering Dibicarakan

Salah satu gunung yang paling lama erupsinya

Indonesia terdiri banyak gunung berapi. Maka tidak heran, banyak erupsi terjadi. Menyebabkan kerusakan dan menelan korban. 

Tak hanya saat ini, di masa lalu nusantara juga sering terjadi letusan gunung. Diantara yang terdahsyat adalah letusan Karakatau dan yang lebih dulu, erupsi gunung Toba yang konon nyaris membuat dunia kiamat. Banyak spesies mati, termasuk manusia yang hampir punah.

Kini, tanah air tak juga lepas dari ancaman letusan gunung. Tercatat, masih banyak beberapa gunung berapi aktif yang setiap saat bisa memuntahkan lava pijar. Salah satunya adalah gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. 

Di balik letusannya yang dahsyat, Sinabung menyimpan misteri yang sampai sekarang masih ramai diperbincangkan. Penasaran? ini dia misteri Gunung Sinabung yang bikin penasaran. 

1. Penemuan fosil kayu terbakar

Bikin Penasaran! 6 Misteri Gunung Sinabung yang Sering DibicarakanGunung Sinabung (Dok. Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung-PVMBG)

Misteri gunung Sinabung yang pertama, adalah ditemukanya fosil kayu terbakar pada kedalaman 20 meter. Penemuan ini di desa Berastepu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, tak jauh dari gunung Sinabung.

Pada tahun 2010 lalu, dilakukan penelitian terhadap penemuan fosil ini. Ternyata, hasil penelitian menunjukan kayu terbakar tersebut efek letusan Sinabung 800 tahun lalu. Padahal sebelumnya termasuk gunung mati yang tak pernah erupsi sejak tahun 1600.

2. Tidak meletus di tengah

Bikin Penasaran! 6 Misteri Gunung Sinabung yang Sering DibicarakanPotret Puncak Gunung Sinabung tanggal 9 November 2019 (Google Earth)

Misteri gunung Sinabung kedua, tak pernah meletus di bagian tengah. Ini adalah misteri yang unik. Karena biasanya ketika gunung erupsi merekah bagian tengah kemudian memuntahkan lava pijar.

Tapi tidak demikian dengan Sinabung yang malah meletus pada bagian samping bukan di puncaknya.  Justru ini dianggap lebih mengkhawatirkan sebab jika meletus bagian samping lama lama gunung terkikis dan bisa rata dengan tanah, sementara status gunung masih aktif.

3. Masyarakat sempat lebih waspada kepada meletusnya Sibayak

Bikin Penasaran! 6 Misteri Gunung Sinabung yang Sering DibicarakanGunung Sibayak (IDN Times/Indah permata Sari)

Misteri gunung Sinabung berikutnya adalah persepsi masyarakat sekitar yang lebih waspada terhadap gunung Sibayak. Mengingat gunung itu pernah erupsi sekitar tahun 1881.

Tapi faktanya justru gujung sinabung meletus hebat. Masyarakat sekitar mungkin terkejut bahwa gunung yang 'mati suri' ratusan tahun erupsi lagi dan menelan korban jiwa.

Baca Juga: Pasca Gunung Sinabung Meletus, Ini 7 Tempat Wisata Baru di Tanah Karo

4. Orang berdoa

Bikin Penasaran! 6 Misteri Gunung Sinabung yang Sering DibicarakanIDN Times/Sukma Mardya Shakti

Misteri lainya gunung Sinabung, yaitu misteri orang berdoa. Menurut cerita beberapa orang, ketika terjadi letusan, abu vulkanik meluap ke angkasa seakan menyerupai orang sedang berdoa. Padahal biasanya awan dan debu vulkanik biasanya bentuknya mengikuti arah mata angin.

Tak sedikit yang mengaitkanya dengan makna makna tertentu. Yaitu supaya senantiasa berdoa agar terhindar dari bahaya dan selamat. 

5. Anak Gunung Toba

Bikin Penasaran! 6 Misteri Gunung Sinabung yang Sering DibicarakanSejumlah pengendara melintas di Jalan Karo-Langkat dengan latar belakang Gunung Sinabung yang menyemburkan material vulkanik di Desa Kutarayat, Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Kamis (13/8/2020). (ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting)

Misteri Gunung Sinabung berikutnya yaitu berkaitan dengan anak gunung toba. Gunung toba sendiri merupakan gunung denyan letusan terdahsyat sedunia di masa lalu. 

Erupsinya diklaim nyaris membuat dunia kiamat (purba). Manusia hampir punah. Ternyata, dua gunung berapi yaitu Sibayak dan Sinabung merupakan hasil letusan gunung Toba Purba. Dan Gunung Sinabung sendiri sekarang sangat aktif dan berbahaya.

6. Erupsi terlama di Indonesia

Bikin Penasaran! 6 Misteri Gunung Sinabung yang Sering DibicarakanGunung Sinabung (ANTARA FOTO/Edy Regar/Lmo/foc.)

Terakhir, adalah letusan sSinabung yang pecahkan rekor erupsi terlama di Indonesia. Dan efek merusaknya lebih besar ketimbang gunung Bromo yang sebelumnya pemegang rekor erupsi 7 bulan berturut turut.

Akibat erupsi Sinabung, ekonomi warga sekitar terdampak, juga jiwa dan raga. Meski demikan, erupsi juga membawa dampak positif. Diantaranya tanah menjadi lebih subur, ebab material bekas letusan terkandung berbagai zat yang diperlukan tanaman.

Itulah tadi misteri gunung Sinabung yang merupakan salah satu gunung berapi paling aktif saat ini di Indonesia.

Baca Juga: Wisata Edukasi Focus Farm, Belajar Bisnis Pertanian Berlatar Sinabung

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya