Comscore Tracker

Vaksinasi Ketiga untuk Nakes di Sumut Terhambat Pendingin Moderna

Stok vaksin juga masih kurang dari jumlah Nakes

Medan, IDN Times – Vaksin Moderna tiba di Sumatra Utara beberapa waktu lalu. Peruntukannya bagi tenaga kesehatan sebagai penguat atau dosis ketiga.

Ada 70 ribu vial vaksin yang tiba. Namun, penyuntikannya harus terkendala.

1. Penyuntikan untuk Nakes di daerah terkendala tempat penyimpanan vaksin

Vaksinasi Ketiga untuk Nakes di Sumut Terhambat Pendingin ModernaPetugas menyuntikkan vaksin Moderna kepada tenaga kesehatan yang menjalani vaksinasi COVID-19 dosis ketiga di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara, Kamis (5/8/2021). (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah mengatakan, vaksinasi dosis ketiga untuk para Nakes di daerah harus terhambat. Lantaran pada sejumlah kabupaten/kota di Sumut tidak memiliki tempat penyimpanan.

"Sebelum disuntikan, vaksin Moderna perlu disimpan di ruang pendingin dengan suhu minus 30 derajat Celcius dan itu belum dimiliki sejumlah daerah di Sumut, sehingga kedatangan vaksinasi penguat untuk tenaga kesehatan itu sebagian masih tertunda," ujar Aris, dilansir ANTARA, Rabu (11/8/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Moderna untuk Tenaga Kesehatan di Aceh Mulai Dilakukan

2. Pemkab masih menyiapkan ruang pendingin vaksin

Vaksinasi Ketiga untuk Nakes di Sumut Terhambat Pendingin ModernaVaksin Moderna menjadi booster ketiga untuk para Nakes. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Saat ini, kata Aris, sejumlah kabupaten/kota tengah menyiapkan ruang pendingin untuk bisa menyimpan vaksin Moderna.

Dia menyebutkan, fasilitas kesehatan vertikal, seperti RS Adam Malik, sudah mengambil vaksin itu karena sudah memiliki ruang pendingin dengan standar Moderna.

3. Baru 6 kabupaten kota yang belum menyuntikkan Moderna kepada Nakes

Vaksinasi Ketiga untuk Nakes di Sumut Terhambat Pendingin ModernaIlustrasi perawat yang kelelahan setelah memberikan pelayanan kepada positif COVID-19 (IDN Times/Ervan)

Aris mengatakan, saat ini tinggal 6 kabupaten/kota yang sudah mengambil vaksin Moderna. Aris tidak merinci daerah mana saja.

"Yang pasti hanya sekitar enam kabupaten/kota di Sumut yang sudah mengambil vaksin itu," katanya.

Akibat kendala ketidakadaan ruang pendingin itu pula, ujar dia, maka pencapaian vaksinasi ketiga untuk tenaga kesehatan di Sumut masih rendah. Aris juga mengakui, selain menyangkut ketiadaan ruang pendingin, kekurangan vaksin juga menjadi kendala program vaksinasi COVID-19 di Sumut.

Berdasarkan data, jumlah tenaga kesehatan di Sumut ada 79.000, sementara ketersediaan vaksin Moderna ini masih 70.000.

"Pemprov Sumut sudah melaporkan kondisi kekurangan vaksin dengan harapan pemerintah pusat segera menambah ketersediaan vaksin untuk di Sumut," ujar Aris.

Baca Juga: Sumut Masuk Rapor Merah Penanganan COVID-19, Edy: Kasusnya Sudah Turun

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya