Comscore Tracker

Tumor Batang Otak Tak Halangi Dimitia Luluskan Studi di USU

Kisah Dimi harus jadi motivasi para millennial

Medan, IDN Times – Dimitia Radhika Balqish Bath tampak anggun mengenakan jubah dan toga. Dia juga tak lupa merias wajah, seperti wisudawati lainnya.

Maka, 6 September 2019 bakal menjadi hari yang tak terlupakan bagi Dimitia. Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU). Dia mengikuti prosesi wisuda Strata 1 nya.

Meski kerap melontar senyum, ternyata dia dirundung duka. Dimitia menderita penyakit Tumor Batang Otak.

1. Tetap semangat meski hadir dengan kursi roda

Tumor Batang Otak Tak Halangi Dimitia Luluskan Studi di USUInstagram @dimidimitia

Dimi --sapaan akrabnya- - menjadi perhatian wisudawan lainnya. Karena dia hadir menggunkan kursi roda. Bersama ayah dan ibunya. 

Meski begitu, Dimi tidak minder. Senyum manis terus terpancar dari dara kelahiran Januari 1997 silam itu. Apalagi saat Rektor USU Runtung Sitepu menemuinya dan menyerahkan ijazah.

Baca Juga: Haru di Wisuda USU, Ijazah Jadi Kebanggaan Terakhir 2 Mahasiswa Tewas

2. Dimi ternyata mantan Dara Utama Kota Medan 2017

Tumor Batang Otak Tak Halangi Dimitia Luluskan Studi di USUInstagram @dimidimitia

Siapa sangka, Dimitia ternyata punya prestasi mentereng. Namanya tercatat sebagai Dara Utama Kota Medan 2017.

Saat itu, Dimi tampil sangat menawan. Bersama Sang Jaka,  Fachry Arsyam.

Sudah setahun belakangan tumor batang otak mendera tubuhnya. Namun dia tetap semangat untuk sembuh dari penyakit itu.

3. Millennial harus belajar dari semangat Dimi

Tumor Batang Otak Tak Halangi Dimitia Luluskan Studi di USUInstagram @dimidimitia

Dimitia berhasil menyelesaikan skripsinya yang mengangkat tentang Efek Pemberian Berbagai Dosis Pupuk Urea dan Jenis Biochar Terhadap Kadar Hara N Pada Tanah Ultisol dan Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays L). Dia bersyukur bisa menyelesaikan studi dengan segala keterbatasannya.

“Alhamdulilah saya bisa lulus, bisa menyelesaikan kuliah saya walau dengan kondisi saya yang masih sakit,” ujar Dimitia.

Yang terus membuatnya semangat adalah motivasi dari orangtua yang tidak hentinya.  Kemudian orang-orang terdekat yang terus memberikannya semangat.

Hingga saat ini, Alumni SMA Sutomo 1 itu sedang menjalani pengobatan. Dia pun berharap segera pulih dan mengejar cita-citanya.

Dimitia adalah satu dari 2.389  mahasiswa dan mahasiswi USU yang berhasil menyelesaikan kuliahnya dan di wisuda. Rektor USU Runtung Sitepu sangat mengapresiasi semangat dari Dimitia.

 “Kita berharap Dimitia bisa segera sembuh dan bisa kembali mengejar prestasi-prestasinya yang memang dicita-citakannya,” ungkap Runtung.

Hingga saat ini, jumlah lulusan USU sebanyak 212.523 orang. Di antara wisudawan dan wisudawati yang diwisuda hari ini, terdapat beberapa orang yang berhasil lulus dengan predikat terpuji atau Cumlaude.

Baca Juga: Tawuran, USU Liburkan Mahasiswa Fakultas Teknik Selama Dua Hari

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya