Comscore Tracker

Pekan Pertama Ramadan, Calon Pemudik Sudah Berburu Tiket Kereta Api

Yang mau mudik naik kereta jangan lupa pesan tiket Guys

Medan, IDN Times – Lonjakan pembelian tiket kereta api di Sumatera Utara mulai terlihat. Padahal, Ramadan masih memasuki pekan pertama.

Dibandingkan awal bulan lalu, peningkatan terlihat di angka 10 persen. Bagi yang mau mudik menggunakan kereta api jangan lupa pesan tiket yah guys.

1. Sebanyak 16 persen tiket di Sumut sudah terjual

Pekan Pertama Ramadan, Calon Pemudik Sudah Berburu Tiket Kereta ApiIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Manajer Humas PT KAI Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara Muhammad Ilud Siregar menjelaskan, dari total 152.152 kursi, 16 persen diantaranya sudah terjual. Artinya sudah 24.364 kursi sejak dijual 25 Februari 2019.

“Pesanan tiket arus mudik terbanyak yang terjual untuk keberangkatan tanggal 3 dan 4 Juni,” kata Ilud, Kamis (9/5).

Sedangkan untuk arus balik, keberangkatan tanggal 9 Juni masih yang terbanyak telah terjual. Semua tiket yang telah terjual merupakan tiket untuk kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi.

Baca Juga: Belasan Kepsek Terjaring OTT Dugaan Korupsi Dana Bos di Langkat

2. Siapkan 40 kereta reguler untuk arus mudik

Pekan Pertama Ramadan, Calon Pemudik Sudah Berburu Tiket Kereta ApiIDN Times/Prayugo Utomo

PT KAI juga bakal mengoperasikan 40 kereta reguler. Terdiri dari enam perjalanan pulang pergi (PP) KA Sri Bilah Utama rute Medan - Rantau Prapat. Lalu dua perjalanan (PP) KA Sri Biliah Premium relasi Medan - Rantau Prapat dan enam perjalanan (PP) KA Putri Deli relasi Medan - Tanjung Balai.

“Pemesanan tiket untuk untuk tiga rute tersebut bisa dipesan 90 hari sebelum tanggal keberangkatan,” ungkapnya.

PT KAI juga menyiapkan perjalanan (PP) KA Siantar Ekspress relasi Medan - Siantar dan 24 perjalanan (PP) KA Sri Lelawangsa relasi Medan - Binjai.

Khusus KA Siantar Express, penjualan tiket bakal dibuka 30 hari sebelum perjalanan. Sedangkan KA Sri Lelawangsa dijual dihari keberangkatan.

Per harinya, ada 17.728 tempat duduk untuk kereta jarak jauh dan lokal.

3. Puncak arus mudik kereta api diprediksi terjadi pada 31 Mei

Pekan Pertama Ramadan, Calon Pemudik Sudah Berburu Tiket Kereta ApiIDN Times/Prayugo Utomo

PT KAI memprediksi punca arus mudik terjadi pada 31 Mei 2019 mendatang. Atau pada H-5 lebaran. Sementara arus balik, puncak penumpang diperkirakan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019 atau H+3 lebaran. 

Sementara itu, untuk pemesanan tiket sudah bisa dilakukan melalui laman www.kai.id atau KAI Acces sejak 25 Februari yang lalu.

“Manajemen KAI berharap calon penumpang bisa memesan jauh hari tiket keberangkatan mudik maupun balik di lebaran, agar segera mendapatkan kepastian tiket atau tempat duduk kereta api. Kami juga mengimbau untuk membeli tiket KA di channel resmi KAI atau mitra resmi untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar,” pungkasnya.  

Baca Juga: [FOTO] Auto Malu, Mereka yang Tidak Bisa Melihat Tapi Bisa Tadarusan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya