Comscore Tracker

Festival Kampung Sejahtera, Semangat Pemuda untuk Menjaga Lingkungan

Kampung Sejahtera dapat perahu patroli sampah

Medan, IDN Times – Kampung Sejahtera,  Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Petisah terus berbenah. Mereka terus berupaya merubah imej kampung yang dulunya dikenal sebagai sarang narkoba menjadi lebih baik.

Berbagai kegiatan sudah dilakukan di sana. Termasuk upaya konservasi lingkungan. Karena posisi kawasan mereka yang berada di tepi sungai.

Kali ini, Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) kembali membikin gebrakan. Mereka menggelar Festival Pemuda Pemudi Bersatu. Acara itu akan digelar hingga 30 Oktober di Lapangan Serba Guna Kampung Sejahtera.

Festival yang digelar adalah rangkaian Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober 2021.

Baca Juga: Oknum Polisi Diduga Rudapaksa Istri Tersangka saat Hamil

1. Aksi bersih sungai selalu rutin dilakukan untuk menjaga lingkungan

Festival Kampung Sejahtera, Semangat Pemuda untuk Menjaga LingkunganFestival Pemuda Pemudi Bersatu, Kampung Sejahtera. (Dok: PFI Medan)

Dalam festival kali ini, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution juga ikut hadir. Bobby juga menyaksikan gotong royong pembersihan sampah oleh para relawan. Dalam kesempatan itu, pertama kalinya juga, perahu patroli sampah bantuan dari PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (UIKSBU) mengarung sungai.

Kawasan Kampung Sejahtera sudah menjadi percontohan kebersihan. Sampah yang berhasil dikumpulkan dari Sungai Babura dalam aksi gotong royong itu mencapai 1,3 ton.

2. Pemko Medan mendorong Kampung Sejahtera jadi salah satu destinasi wisata

Festival Kampung Sejahtera, Semangat Pemuda untuk Menjaga LingkunganFestival Pemuda Pemudi Bersatu, Kampung Sejahtera. (Dok: PFI Medan)

Bobby melakukan peninjauan ke sejumlah venue bazar. Dia juga mencicipi berbagai jajanan khas yang ditampilkan.

"Saya atas nama Pemko Medan, sangat mengapresiasi apa yang sudah diperbuat P3KS dan tekad masyarakat Kampung Sejahtera sehingga wajah kawasan ini berubah dan sangat menarik sebagai salah satu destinasi wisata kota," ucap Bobby.

Ia juga mengaku senang atas partisipasi berbagai pihak yang peduli dengan program kebersihan Pemko Medan, termasuk di Kampung Sejahtera yang menjadi salah satu pilot project program tersebut.

"Hari ini Kampung Sejahtera juga menerima bantuan perahu patroli sampah dari PT PLN (Persero). Saya berharap fasilitas bisa menjadi motivasi masyarakat untuk semakin semangat menjaga kebersihan khususnya di bantaran Sungai Babura ini," sebutnya.

3. Kampung Sejahtera berkomitmen menjaga lingkungan sekitar sungai

Festival Kampung Sejahtera, Semangat Pemuda untuk Menjaga LingkunganFestival Pemuda Pemudi Bersatu, Kampung Sejahtera. (Dok: PFI Medan)

Sementara itu Ketua P3KS Aminurasid, mengapresiasi berbagai pihak yang sudah ikut membantu Kampung Sejahtera. Mereka terus berupaya menggelar kegiatan positif agar Kampung Sejahtera bisa menjadi lebih baik lagi. Rasid juga mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menjaga lingkungan di kawasan Kampung Sejahtera. Pelan-pelan masyarakat mulai menyadari pentingnya lingkungan yang bersih bagi kehidupan.

"Momen Hari Sumpah Pemuda ke 93 yang akan kita peringati besok diharapkan juga menjadi motivasi bagi kami disini untuk benar-benar menjalankan amanah Pemko Medan yang telah mempercayakan Kampung Bahagia sebagai kawasan percontohan kebersihan," ujarnya.

Selain aksi bersih, festival Kampung Sejahtera juga dimeriahkan dengan kegiatan pertunjukan fesyen pakaian adat, donor darah, musik hingga cukur rambut gratis.

Baca Juga: Imbas Oknum Lecehkan Istri Tersangka, Kapolsek Kutalimbaru Dicopot

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya