Comscore Tracker

Cerita Kakak Beradik yang Kena Penyakit Aneh, Butuh Bantuan Dermawan

Kulit kedua bocah malang itu terkelupas sekujur tubuh

Medan, IDN Times -  Nestapa bagi Haikal (8) dan Zakira (3). Sepasang kakak adik yang tinggal di Jalan Karya Jaya, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan. Kedua bocah itu harus merasakan perih di sekujur tubuhnya kala kulitnya terkelupas.

Tidak diketahui pasti penyakit apa yang mendera mereka. Yang pasti saat ini kedua bocah tersebut butuh uluran tangan dari para dermawan untuk membantu pengobatan.

Dua bocah tesebut viral di lini masa media sosial. Keduanya berdoa. Sang adik pun suaranya sampai bergetar lirih. Berharap ada orang yang mau membantu keduanya hingga sembuh.

“Ya allah, berikan kami rezeki. Agar bisa beli susu, beli jajan dan tolong kami berobat, biar kami cepat sembuh,”ujar Haikal dan Zakira dalam video yang sudah ditinton jutaan orang itu.

1. Penyakit kulit yang dialami berawal dari bendolan yang kian membesar

Cerita Kakak Beradik yang Kena Penyakit Aneh, Butuh Bantuan DermawanIlustrasi rumah sakit. IDN Times/Arief Rahmat

Nisa (27) ibu kedua bocah itu mengatakan, penyakit anaknya berawal dari benjolan kecil di badan. Benjolan itu kemudian mengelupas. Dulunya, penyakit kulit mereka tidak separah sekarang.

Seiring bertambah usia, benjolan itu kemudian kian meluas ke sekujur tubuh. Kondisi ini membuat dua anaknya itu kian menderita karena harus menahan sakit. Apalagi saat kulitnya terkelupas. Perihnya bukan main.

“Keluhannya kalau lagi kumat sakitnya sakitlah, kalau pecah ya terkelupas, nampak terkelupas kulitnya lebar terkelupas, pedih lah, pasti sakit. Anak saya terus menangis,”ujar Nisa.

Baca Juga: Dimarahi Unggah Foto dengan Pacar, Siswi SMA Coba Lompat ke Sungai 

2. Nisa bingung dengan penyakit yang mendera anaknya

Cerita Kakak Beradik yang Kena Penyakit Aneh, Butuh Bantuan DermawanIlustrasi tenaga medis (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Karena penyakit itu, anak-anaknya juga harus kehilangan beberapa bagian tubuh. Padahal, saat dilahirkan kondisinya normal.

“Kalau sekarang, maaf cakap, jari-jarinya rusak. Kukunya nggak ada, kalau lahirnya dulu normal, kayak anak-anak pada umumnya,”ujarnya.

Sebenarnya, Nisa sudah pernah membawa anaknya berobat ke sejumlah rumah sakit. Namun dia tetap bingung. Karena penjelasan medis yang berbeda. Bahkan, penyebab penyakit anaknya pun tidak diketahui.

“Lain-lain jawaban dari medis. Ada yang bilang virus kucing, ada yang bilang kanker, ada yang bilang keturunan,”ujar Nisa.

3. Haikal dan Zakira butuh bantuan untuk biaya pengobatan

Cerita Kakak Beradik yang Kena Penyakit Aneh, Butuh Bantuan DermawanIlustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Nisa sebenarnya warga Kabupaten Mandailingnatal. Saat ini, Nisa tinggal di tempat adiknya untuk mencari bantuan. Namun hingga saat ini, belum ada bantuan yang diterimanya.

Suami Nisa hanyalah seorang buruh tani. Penghasilannya hanya cukup untuk biaya hidup, dan membeli susu Zakira. “Biaya jadi kendala, karena tidak sanggup bayar BPJS, bukan belum diurus,”ujar Nisa

Dia sangat berharap ada pihak yang mau membantu anaknya, salah satu harapannya, kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

“Saya harap, bisa dilihat bapak gubernur, karena saya pribadi di Kabupaten Mandailing nggak ada respon dari pemerintahnya. Harapannya saya bapak gubernur bantu  kesembuhan anak ini,” pungkasnya.

Baca Juga: WALHI Sumut: Hutan Tele Harus Diselamatkan dari Kerusakan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya