Comscore Tracker

70 Ribu Dosis Vaksin Moderna Tiba di Sumut, Peruntukkannya Bagi Nakes

Akan disuntikkan untuk dosis ketiga

Medan, IDN Times – Vaksin COVID-19 bermerek Moderna akhirnya tiba di Sumatra Utara, Kamis (29/7/2021). Vaksin bikinan Amerika Serikat itu tiba melalui Bandara Kulanamu, Deli Serdang.

Jumlah yang dikirimkan sebanyak 70 ribu dosis. Begitu tiba, vaksin langsung dikawal pasukan Brimob bersenjata lengkap menuju gudang Farmasi Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Jalan Prof M Yamin Nomor 41A Medan.

1. Vaksin Moderna diperuntukkan bagi nakes

70 Ribu Dosis Vaksin Moderna Tiba di Sumut, Peruntukkannya Bagi NakesIlustrasi perawat yang kelelahan setelah memberikan pelayanan kepada positif COVID-19 (IDN Times/Ervan)

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah menjelaskan, vaksin Moderna ini akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan.

“Jadi ini untuk dosis ketiga. Sebagai booster. Peruntukannya untuk tenaga kesehatan termasuk Nakes dari TNI dan Polri,” ujar Aris, Kamis malam.

Baca Juga: WHO Sebut Sumut COVID-19 di Sumut Melonjak 238 Persen Sepekan Terakhir

2. Vaksin akan didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota

70 Ribu Dosis Vaksin Moderna Tiba di Sumut, Peruntukkannya Bagi Nakesilustrasi tenaga kesehatan (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Kata Aris, jumlah yang dikirimkan mencukupi dengan jumlah nakes yang ada di Sumut. Pihaknya akan segera mendistribusikan vaksin Moderna itu.

“Kita akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan di kabupaten kota,” ungkapnya.

3. Stok vaksin untuk umum kian menipis, capaian dosis kedua baru 8 persen

70 Ribu Dosis Vaksin Moderna Tiba di Sumut, Peruntukkannya Bagi NakesIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Gubernur Edy Rahmayadi mengakui stok vaksin di daerahnya kian menipis. Pihaknya sudah meminta tambahan pasokan sebanyak 2 juta dosis dari pemerintah pusat. Namun sampai sekarang permintaan itu belum dipenuhi.

"Ada keterbatasan vaksin di nasional. Dan diprioritaskan untuk Jawa Bali. Sehingga provinsi non Jawa Bali itu dilakukan secara bertahap," kata Edy, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman Medan, Kamis (29/7/2021).

Karena minimnya vaksin, Edy menekankan soal protokol kesehatan. "Perlu diberitahu kepada orang Sumut ini. Langkah kedua adalah vaksin. Langkah pertama adalah protokol kesehatan, pakai makser, cuci tangan dan jaga jarak," sebutnya.

Sementara itu, capaian vaksinasi di Sumut juga masih jauh dari target. Data yang dihimpun dari laman resmi vaksin.kemkes.go.id, vaksinasi di Sumut untuk dosis pertama baru mencapai 16,13 persen atau 1.842.517 orang. Sementara untuk dosis kedua jumlahnya baru mencapai 8,52 persen atau 973.432 orang. Kondisi ini masih jauh dari target 70 persen warga Sumut atau sebanyak 11.419.559 orang.

Baca Juga: Vaksinasi Massal OJK dan BI, Bobby Targetkan 7.500 Warga Medan Ikut

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya