Bayi Gajah Sumatra Ditemukan Mati di Alur Sungai Pidie

Tidak ada terlihat adanya tanda-tanda bekas luka

Pidie, IDN Times - Satu individu bayi Gajah Sumatra (Elephas Maximus Sumatranus) liar ditemukan mati di Gampong Cot Seutui, Kecamatan Mila, Kabupaten Pidie, Aceh, pada Senin (21/2/2022), sekitar pukul 13.00 WIB.

"Ditemukan ketika Tim CRU Mila sedang melakukan patroli," kata Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA), Agus Arianto, pada Rabu (23/2/2022).

1. Ditemukan sekitar alur sungai dan baru lahir

Bayi Gajah Sumatra Ditemukan Mati di Alur Sungai PidieBangkai bayi Gajah Sumatera ditemukan mati di alur sungai, Kabupaten Pidie. (Dokumentasi BKSDA Aceh untuk IDN Times)

Agus mengatakan, awalnya tim sedang melakukan patroli mitigasi konflik gajah liar di wilayah sekitar Gampong Cot Seutui, Kecamatan Mila. Dalam kegiatan tersebut, tim lalu melihat satu individu bayi gajah liar tergeletak.

"Menemukan bangkai satu individu bayi gajah liar yang baru dilahirkan di dekat alur sungai," ujarnya.

Baca Juga: Sejarah Ekowisata Tangkahan, Ada Gajah Jinak untuk Patroli

2. Tidak terdapat tanda luka fisik, diduga mati setelah dilahirkan

Bayi Gajah Sumatra Ditemukan Mati di Alur Sungai PidieBangkai bayi Gajah Sumatera ditemukan mati di alur sungai, Kabupaten Pidie. (Dokumentasi BKSDA Aceh untuk IDN Times)

Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengecekan, akhirnya diketahui bayi gajah yang mati berjenis kelamin betina. Dilihat dari bagian kulit, tidak ada tanda-tanda kekerasan fisik, seperti luka tembak, tusuk, sayat, bakar, maupun trauma.

Selain itu, di lokasi kejadian juga tidak ditemukan adanya benda-benda mencurigakan yang menyebabkan kematian bayi gajah liar tersebut.

"Diduga bayi gajah mati sesaat setelah dilahirkan oleh induknya yang terlihat dari sisa ari-ari di sekitar bangkai bayi gajah liar tersebut," jelas Agus.

3. Bangkai langsung dikubur

Bayi Gajah Sumatra Ditemukan Mati di Alur Sungai PidieBangkai bayi Gajah Sumatera ditemukan mati di alur sungai, Kabupaten Pidie. (Dokumentasi BKSDA Aceh untuk IDN Times)

Setelah mengetahui penyebab kematian dan untuk menghindari bau yang ditimbulkan serta kemungkinan adanya penyebaran penyakit, tim dikatakan Agus, langsung melakukan penguburan usai berdiskusi dengan masyarakat setempat.

"Dikuburkan di sekitar lokasi temuan," tutupnya.

4. Status Gajah Sumatra

Bayi Gajah Sumatra Ditemukan Mati di Alur Sungai PidieGajah Sumatra bersama para mahout di Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS), Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatra Utara. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Gajah Sumatra (elephas maximus sumatranus) merupakan salah satu jenis satwa liar dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018
tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi. Berdasarkan The IUCN Red List of Threatened Species, satwa yang hanya ditemukan di Pulau Sumatra ini berstatus Critically Endangered atau spesies yang terancam kritis, beresiko tinggi untuk punah di alam liar.

BKSDA Aceh mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam khususnya satwa liar gajah sumatera dengan cara tidak merusak hutan yang merupakan habitat berbagai jenis satwa, serta tidak menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup ataupun mati serta tidak memasang jerat ataupun racun yang dapat menyebabkan kematian satwa liar dilindungi yang dapat dikenakan sanksi pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Di samping itu, beberapa aktivitas tersebut juga dapat menyebabkan konflik satwa liar khususnya Gajah Sumatra dengan manusia, yang dapat berakibat kerugian secara ekonomi hingga korban jiwa baik bagi manusia ataupun keberlangsungan hidup satwa liar tersebut.

Baca Juga: Vesswic Lakukan Monitoring Kesehatan Gajah di Sumatra Secara Berkala

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya