Comscore Tracker

Rava Debut Single Sang Pemenang, Ini Maknanya

Rava ingin anak sebayanya tak gampang menyerah

Medan, IDN Times - Rava Rahmadi atau yang disapa Rava BCP adalah salah seorang penyanyi cilik asal Medan. Mengawali dengan menjadi model, ia kini mantap memilih berjuang di dunia tarik suara.

Sejak usia 7 tahun, Rava fokus belajar musik, hingga baru-baru ini ia berhasil merilis lagu perdana berjudul Sang Pemenang.

Lewat single perdana ini, Rava ingin memotivasi anak-anak seusianya yang sedang berjuang. Katanya, kalah dan menang adalah dua hal yang akan ditemui dalam perlombaan. Namun jika sedang berada pada kekalahan, jangan gampang menyerah.

"Pada setiap pelombaan pasti ada kalah dan menang. Sang Pemenang itu kalau kalah jangan gampang menyerah. Terus lagi berlatih, bekerja keras sampai mendapatkan kemenangan," ucap Rava yang ditemui di Metro Link, Minggu (31/10/2021). 

1. Rava sudah aktif berkarya di dunia entertainment sejak usia empat tahun

Rava Debut Single Sang Pemenang, Ini MaknanyaInstagram.com/@ravarahmadi29

Rava saat ini duduk di bangku kelas empat di Sekolah As-Syafi'iyah. Ia sudah aktif berkarya di dunia entertainment sejak usia empat tahun. Saat itu, ia mengawalinya dengan menjadi seorang model dengan bimbingan Barbie Cia Production. 

"Dari kecil, sejak empat tahun sudah sering hidupin DVD. Sejak itu, mama sudah lihat kemampuan Rava dalam musik. Saat itu pula mama masukin Rava sekolah musik di Wind Flow Music, yang ngajarin Miss Melly," cerita anak bungsu dari tiga bersaudara itu. 

Baca Juga: Petra Zoe, Putri Cilik Pariwisata yang Bercita-cita Jadi Miss Universe

2. Bagi Rava, berjuang sejak usia dini adalah langkah untuk menjadi pemenang

Rava Debut Single Sang Pemenang, Ini MaknanyaInstagram.com/@ravarahmadi29

Bagi Rava, berjuang sejak usia dini adalah langkah untuk menjadi pemenang. Keinginannya untuk membanggakan orang tua juga dibuktikan lewat sejumlah perlombaan yang pernah diikuti.

"Rava ingin membanggakan orang tua dan melatih mental saya di usia dini dengan mengawalinya di dunia model bersama Miss Barbie, Founder Barbie Cia Production," ujarnya.

Tak berhenti sampai di situ, Rava juga aktif mengikuti ajang pencarian bakat lokal maupun nasional. Salah satu ajang yang pernah diikutinya adalah audisi The Voice Kids di Medan.

"Bersyukur masuk audisi di Medan. Memang saat itu belum berhasil menembus Ibu Kota, tapi dari sana saya dilatih lagi untuk mengikuti les musik," ucap anak berusia 10 Tahun itu seraya tersenyum.

3. Sejak usia 7 tahun ibunya melihat potensi suara Rava yang khas

Rava Debut Single Sang Pemenang, Ini MaknanyaInstagram.com/@ravarahmadi29

Ibu Kandung Rava, Nana Marliana (46) menyebutkan, sejak usia empat tahun Rava sudah menunjukkan bakat di dunia entertainment. Awalnya, Rava didukung berkarya menjadi seorang model.

Namun beberapa tahun terakhir, Nana yang merupakan seorang penyanyi lokal melihat kemampuan sang anak pada dunia tarik suara. Hal itulah yang menambah minatnya untuk mengembangkan bakat sang anak sejak usia dini. 

"Awalnya saya memasukan Rava di kelas model di usia 4 tahun. Namun pada usia 7 tahun saya melihat potensi suara Rava yang khas, punya karakter. Saya support Rava di usia itu untuk menjadi penyanyi," cerita Nana. 

Dengan rilis single baru ini, Nana berharap Rava bisa konsisten untuk berkarya hingga saatnya menjadi penyanyi profesional. "Ini awal yang baik, ke depannya membuat rilis lagu yang lebih enak di dengar masyarakat Indonesia. Mendorong Rava untuk terus berkarya," ujar Nana.

4. Lagu Sang Pemenang ini bercerita mengenai tips-tips untuk tidak menyerah saat sedang berjuang

Rava Debut Single Sang Pemenang, Ini Maknanyapexels.com/@pixabay

Lagu Sang Pemenang yang dibawakan Rava adalah ciptaan Ivan Lubis. Ivan mengatakan, lagu ciptaannya ini bercerita mengenai tips-tips untuk tidak menyerah saat sedang  berjuang.

"Jadi lagu ini diciptakan untuk para pejuang. Gak hanya penyanyi, para atlet juga, agar tetap semangat karena nanti akan ada saatnya akan jadi pemenang," kata Ivan. 

Dalam pemilihan lagu ini, Ivan menuturkan alasan memilih Rava. Katanya, ia suka penyanyi anak yang berkarakter, dan hal itu ia temukan pada diri Rava.

"Rava ini punya karakter suara yang cocok dengan lagu ini. Proses pembuatan lagu ini sekitar dua bulan," ujarnya. 

Baca Juga: Wakili Medan, Ini Persiapan Petra Zoe Jadi Calon Putri Cilik Indonesia

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya