Momen Jokowi Tanam Macadamia di Desa Simangulampe 

Pemprov Sumut anggarkan Rp2 M untuk pengadaan benih

Medan, IDN Times- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman pohon Macadamia bersama masyarakat di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (3/2/2022). Ini merupakan rangkaian dari kunjungan kerja Jokowi di Sumut sejak Rabu (2/2/2022) kemarin.

1. Pemprov Sumut anggarkan Rp2 M pengadaan benih Macademia

Momen Jokowi Tanam Macadamia di Desa Simangulampe Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, melakukan penanaman bibit pohon macademia di Desa Simangulampe, Kamis (3/2/2022). (Istimewa/IDN Times)

Usai penanaman pohon, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan, dalam rangka upaya rehabilitasi hutan dan daerah tangkapan air (DTA) Danau Toba, pemerintah membuat Usaha Pelestarian Sumber Daya Alam (UPSA). UPSA merupakan model yang memungkinkan masyarakat dapat memanfaatkan lahan sekaligus melestarikan lingkungan.

Salah satu tanaman yang dikelola adalah kacang Macadamia. Untuk itu, pada tahun 2022 Pemerintah Provinsi siap mengadakan benih Macademia untuk masyarakat dengan anggaran sebesar kurang lebih Rp2 miliar. Saat ini Pemprov memiliki stok benih Macademia sebanyak 200 ribu batang yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Baca Juga: Jelang Peresmian Tol Binjai-Stabat, Warga Demo Ingin Jumpa Jokowi

2. Lokasi tempat penanaman Macademia memiliki luas 10 hektare

Momen Jokowi Tanam Macadamia di Desa Simangulampe Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, melakukan penanaman bibit pohon macademia di Desa Simangulampe, Kamis (3/2/2022). (Istimewa/IDN Times)

Edy menuturkan tanaman Macademia merupakan tanaman yang bisa digunakan untuk rehabilitasi hutan. Selain itu kacang, yang dihasilkan dari tanaman Macademia juga sangat bernilai ekonomis.

"Inilah upaya kita untuk menyejahterakan rakyat sekaligus melestarikan lingkungan," kata Edy Rahmayadi.

Kepala Dinas Kehutanan Sumut Herianto mengatakan lokasi tempat penanaman macademia di Desa Simangulampe yang memiliki luas 10 hektare dipilih lantaran memiliki kecuraman yang cocok untuk ditanami tanaman tersebut.

"Penanaman Macademia sendiri merupakan program pemerintah yang terkait dengan UPSA itu sendiri, " kata Herianto.

3. Adanya kawasan hutan lindung tersebut diharapkan mengurangi terjadinya erosi

Momen Jokowi Tanam Macadamia di Desa Simangulampe Istimewa/IDN Times

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Rehabilitasi Hutan (PDASRH), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dyah Murtiningsih, berharap melalui kegiatan penanaman pohon ini, nantinya kawasan hutan lindung yang ada di sekitar Desa Simangulampe, Kabupaten Humbang Hasundutan dapat terjaga dengan baik, termasuk mengurangi terjadinya erosi.

Turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon tersebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor.

Baca Juga: Deretan Motor Tunggangan Jokowi dan Menterinya saat Ngaspal di Toba

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya