Comscore Tracker

Film Parherek Masuk Nominasi FFI 2021, Wagub Sumut: Membanggakan!

Film garapan anak Sumut soal kisah seorang pawang monyet

Medan, IDN Times- Film Parherek resmi diluncurkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, di Aula Kantor Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Jumat (15/10/2021). Film dokumenter Parherek merupakan kisah hidup keseharian Datim Manik (29), yang meneruskan cara hidup unik sepeninggalan ayahnya, Umar Manik, sebagai pawang monyet di Hutan Sibaganding, Simalungun, Sumatera Utara, sejak 1980-an.

Film ini berhasil masuk nominasi kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2021, yang diumumkan pada malam nominasi Piala Citra beberapa waktu lalu. 

1. Wagub Sumut bangga dengan hasil perfilman produksi asli Provinsi Sumut ini

Film Parherek Masuk Nominasi FFI 2021, Wagub Sumut: Membanggakan!Film Parherek resmi diluncurkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, di Aula Kantor Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Jumat (15/10/2021). (Dok. IDN Times)

Berhasil masuk dalam nominasi FFI 2021, Wagub Musa Rajekshah mengaku senang dan bangga dengan hasil perfilman produksi asli Provinsi Sumut ini. 

"Ini film tak nyangka juga saya bisa seperti ini. Dan Alhamdulillah, malah menjadi nominasi lima besar film nasional, ini suatu kebanggaan kita," ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck ini.

2. Berharap film ini bisa menjadi titik awal bangkitnya perfilman Sumut

Film Parherek Masuk Nominasi FFI 2021, Wagub Sumut: Membanggakan!Film Parherek (Dok. IDN Times)

Oleh karena itu, Ijeck berharap, melalui film Parherek ini akan memacu semangat para seniman, budayawan dan penggiat perfilman yang ada di Sumut untuk terus berkarya. Ia juga berharap, film ini bisa menjadi titik awal bangkitnya perfilman Sumut.

"Dengan suksesnya film Parherek ini, kami Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tentunya akan mendukung. Karena dengan niat tulus dan ikhlas, mudah-mudahan bisa membangkitkan perfilman kita, bukan hanya dokumenter tapi juga film lain yang bisa mengangkat berbagai potensi kekayaan alam kita, bukan hanya tampil di Sumatera Utara tapi juga secara nasional," harapnya.

Baca Juga: Sudah Boleh Buka, Ini 13 Daftar Bioskop di Medan dan Harga Tiketnya

3. Ijeck juga menceritakan, awal mula tertarik untuk terlibat dalam pembuatan film Parherek

Film Parherek Masuk Nominasi FFI 2021, Wagub Sumut: Membanggakan!Film Parherek resmi diluncurkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, di Aula Kantor Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Jumat (15/10/2021). (Dok. IDN Times)

Ijeck menceritakan, awal mula tertarik untuk terlibat dalam pembuatan film Parherek, ketika ia berkunjung ke kawasan Sibaganding, Kecamatan Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, tersebut beberapa tahun lalu.

Di sana ia mendengar cerita ada seorang anak muda bernama Manik yang bisa memanggil satwa kera dan siamang dengan terompet yang terbuat dari tanduk kerbau.

Karena penasaran, Ijeck pun bertemu dengan pemuda itu. Selanjutnya melalui terompetnya, Manik memanggil para kera dan siamang yang ada di kawasan hutan Sibaganding tersebut.

Singkat cerita, akhirnya film tersebut pun dibuat. Guna memberikan dukungan dalam produksi film ini, Ijeck juga mengajak perusahaan Toba Pulp Lestari (TPL) dan Bank Sumut untuk terlibat membantu.

4. Film ini dibuat melalui proses yang panjang selama empat tahun

Film Parherek Masuk Nominasi FFI 2021, Wagub Sumut: Membanggakan!Film Parherek (Dok. IDN Times)

Sementara itu, produser film Ria Telaumbanua didampingi sutradara Onny Kresnawan menyampaikan, film ini dibuat melalui proses yang panjang selama empat tahun.

"Tapi yang membanggakan bisa masuk lima besar nominasi film nasional Indonesia. Mudah-mudahan kita menang untuk katagori film dokumenter panjang," ujarnya.

Ria menyampaikan, yang menarik dari film ini adalah kepedulian dari tokoh utama, Manik yang dengan kepeduliannya mau memberi makan para satwa kera yang ada di Sibaganding tersebut.

Melihat ketulusan tanpa pamrih itu, Ria mengaku merasa terpanggil untuk membuat film tentangnya bersama sutradara Onny.

Direktur Utama Bank Sumut, Rahmat Fadillah Pohan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas masuknya film Parherek di FFI.

Menurutnya, kemunculan film ini bukan hanya dapat dilihat dari suatu karya seni saja, tetapi syarat akan moral dan pesan terhadap kepedulian lingkungan.

Baca Juga: Film Shershaah Sukses Besar, 9 Film yang di Bintangi Sidharth Malhotra

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya