Comscore Tracker

Sungai Deli Meluap, Jembatan Aloha Medan Labuhan Nyaris Runtuh

Warga antisipasi dengan bendungan buatan dari pasir

Medan, IDN Times - Luapan Sungai Deli yang berada di Jalan Yos Sudarso tepatnya di Jalan Aloha, Labuhan Deli, tergenang banjir, pada Jumat (4/12/2020). Air mulai menggenangi, terutama di sekitar Taman Maharani dan sekitar tanggul.

Luapan sungai Deli ini juga telah terjadi di kawasan Jalan Platina, kelurahan Titi Papan Kecamatan Medan Deli. Di sekitar Jalan Ileng dan Young Panah Hijau sudah merembes. Tingginya air sudah rata dengan tanggul Sungai Deli.

Warga  pun tak tinggal diam. Sejumlah warga sekitar melakukan inisiatif antisipasi banjir Medan dan sekitarnya untuk membuat bendungan berupa pasir didalam goni yang diletak dibibir pinggir sungai yang hendak mengalir.

1. Jembatan Aloha nyaris runtuh

Sungai Deli Meluap, Jembatan Aloha Medan Labuhan Nyaris RuntuhAir mulai meluap setinggi bendungan di sekitar Taman Maharani Medan, Simpang Aloha, Jumat (4/12/2020) (IDN Times/Indah Permata Sari)

Jembatan gantung di Aloha yang nyaris runtuh, karena diterjang derasnya aliran air. Selain itu juga banyak tumpukan sampah yang tersangkut di bawah jembatan Aloha.

Supaya jembatan tidak runtuh, sementara ini ditutup sebagai bentuk antisipasi masyarakat yang ingin lewat. Jembatan biasanya dijadikan penghubung Jalan Yos Sudarso dengan kawasan Pasar V, Medan Marelan.

Baca Juga: [BREAKING] Banjir, Viral Motor Terobos Masuk Jalan Tol Binjai-Medan

2. Warga yang bermukim di sekitar tanggul sudah mulai ungsikan barang

Sungai Deli Meluap, Jembatan Aloha Medan Labuhan Nyaris RuntuhWarga sekitar tanggul di Kelurahan Aloha, Medan Deli, Jumat (4/12/2020). (IDN Times/Indah Permata Sari)

Tampak sebagian besar, warga yang bermukim di atas tanggul sungai Deli telah mengungsikan barang-barangnya.

"Tadi gak kayak gini. Ini tinggal ambruknya aja," ucap seorang warga sambil menunjukkan tanah yang terus dialiri luapan air sungai.

3. Warga mulai risau luapan air sungai akan membanjiri rumah warga

Sungai Deli Meluap, Jembatan Aloha Medan Labuhan Nyaris RuntuhAir mulai menggenangi Jalan Yos Sudarso atau Medan-Belawan, Jumat (4/12/2020). (IDN Times/Indah Permata Sari)

Debit air sungai yang terus meluap hingga ke Jalan Besar Yos Sudarso, dikhawatirkan semakin parah. Kondisi saat ini warga merisaukan dan mengkhawatir akan luapan air dari sungai yang terus mengalir di sekitaran pemukiman warga.

Sementara jalan Yos Sudarso ditutup menjadi satu ruas jalan. Tampak anak-anak bermain dengan air banjir luapan Sungai Deli.

Baca Juga: Ini Beberapa Titik Lokasi Banjir Parah di Kota Medan dan Sekitarnya

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya