Comscore Tracker

Simulasi Hotel Bintang 5, Pariwisata BBPLK Medan Gelar Joint Practice

Berlangsung selama 10 hari pada 3 program

Medan, IDN Times - Kejuruan Pariwisata Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan yang merupakan kejuruan unggul menggelar simulasi pelayanan makanan dan minuman ala hotel bintang 5 di Restoran Swarna Dwipa BBPLK Medan, Jalan Gatot Subroto Km 7,8 Medan Sunggal.

Kegiatan ini dilakukan melalui Joint Practice yang merupakan kolaborasi kegiatan praktik peserta pelatihan program, dari tiga kejuruan yakni pelatihan Commercial Cookery, Restaurant Attendant, dan Bakery.

Gelaran berlangsung selama 10 hari mulai tanggal 4-15 Oktober 2021, dalam kegiatan ini peserta melaksanakan simulasi pelayanan makan siang di BBPLK Medan.

Baca Juga: Kronologi Pedagang Dianiaya hingga Pencopotan Kapolsek Percut Sei Tuan

1. Kegiatan ini sebagai bentuk perkenalan peserta pada tiga program memahami dunia industri

Simulasi Hotel Bintang 5, Pariwisata BBPLK Medan Gelar Joint PracticePeserta kejuruan pariwisata yang sedang menjalankan program di BBPLK Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Yanti Tarigan sebagai instruktur pariwisata di BBPLK Medan sub kejuruan food and beffret service mengatakan adanya kegiatan ini bertujuan untuk, memperkenalkan 3 program tersebut agar peseera memahami dunia industri sebelum turun langsung untuk bekerja.

"Jadi kalau di restoran atau di hotel bekerja berbarengan secara tim, atau keseluruhan baik dalam menghadapi tamu. Dengan adanya program ini kita mau menunjukkan kepada peserta bahwa seperti ini lah industri diluar," ujanya.

Selama kegiatan ini erlangsung, dilakukan setiap harinya saat jam makan siang. Terkecuali di hari terakhir, hanya ada breakfast time di pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB.

2. Kegiatan dan program ini menargetkan peserta untuk siap hadapi dunia kerja di industri

Simulasi Hotel Bintang 5, Pariwisata BBPLK Medan Gelar Joint PracticePeserta kejuruan pariwisata yang sedang menjalankan program di BBPLK Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menurut Yanti, kegiatan ini rutin dilakukan untuk 3 paket program dengan targetnya bahwa para peserta harus siap menyelesaikan pelatihan guna dapat menghadapi dunia industri.

"Harapan kedepannya selain sudah siap di dunia industri, maka mereka tidak lagi takut atau merasa tidak punya gambaran seperti apa sih operasional kitchen atau seperti apa operasional bakery mereka sudah punya gambaran ke industri nanti," tutur Yanti.

3. Peserta yang ikut dalam pelatihan hingga lulus memiliki peluang kerja di dunia industri yang telah bekerjasama dengan BBPLK Medan

Simulasi Hotel Bintang 5, Pariwisata BBPLK Medan Gelar Joint PracticeContoh set menu D yang dibuat oleh peserta kejuruan wisata BBPLK Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sebagai informasi, dalam satu kelas atau satu program terdiri dari 16 orang. Untuk saat ini dari 3 program bertotal 48 orang yang menjadi pesertanya pada angkatan saat ini.

Yanti menyampaikan bahwa hingga saat ini, BBPLK Medan telah ada kerjasama dengan sejumlah pihak hotel. Sehingga para peserta yang lulus bisa mendapatkan peluang kerja dari industri terkait.

"Supaya mereka bisa melakukan rekruitment kepada lulusan di dunia pelatihan ini. Contohnya program dari Rodison Hotel kita ada MOU kerja sama, juga ada House Keeping program dari skyview apartement itu salah satu contoh terbarunya," ujar Yanti.

4. Sejumlah menu yang dibuat dan disajikan peserta cukup menarik

Simulasi Hotel Bintang 5, Pariwisata BBPLK Medan Gelar Joint PracticeOmbus-ombus menjadi menu dessert yang dibuat dan disajikan oleh peserta kejuruan wisata BBPLK Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, untuk menu-menu yang dibuat dan disajikan oleh peserta cukup menarik. Mereka membuat sejumlah kategori menu seperti ala-ala hotel bintang 5.

Adapun kategori menu yaitu, Set Menu A terdiri dari Apetizer : Rosemary Chicken Salad, Soup : Potage Conde, Main Course : Beef Patty Steak with Potato Wedges and Vegetable, Dessert : Apple Pie.

Set Menu B terdiri dari Apetizer : Nicoise Salad, Soup : Chicken Cream Soup, Main Course :Grilled Tenderloin Steak with Mashed Potato and Vegetable, Dessert : Pannacotta with Mango Sauce.

Set Menu C terdiri dari Apetizer : Shrimp Cocktail Salad, Soup : Minestrone Soup, Main Course : Chicken Honey Mustard with Pomess Parmintier and Saute Broccoli, Dessert : Choco Lava.

Set Menu D terdiri dari Apetizer : Salada Padang, Soup : Sup Ikan Pangandaran, Main Course : Ayam Bakar Swarnadwipa dengan sambal kecap, nasi putih dan lalapan, Dessert : Ombus-ombus.

Baca Juga: Begini Cara dan Syarat Gabung di BBPLK Medan, Gampang Lho!

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya