Comscore Tracker

Diskusi dengan Sultan Deli, GP Ansor Diminta Jaga Kerukunan Umat 

Pertemuan ini juga mengenang sejarah

Medan, IDN Times - GP Ansor Medan melakukan silahturahmi dengan Sultan Mahmud Lamanjiji Perkasa Alam, Sultan Deli ke-XIV di Istana Maimun,  Sabtu (8/1/2022). Pertemuan ini bertujuan untuk melakukan diskusi terkait penguatan tentang kebangsaan.

Ketua GP Ansor Medan, Muhammad Husein Tanjung mengakui bahwa Sultan Deli adalah pondasi tunggal di Sumatera Utara untuk melakukan diskusi hal tersebut.

"Karena Sumatra Utara adalah tanah Deli, maka kita wajib berdiskusi ke beliau dalam rangka penguatan kebangsaan dan bagaimana bertoleransi di Sumut khususnya, karena Sumut miniaturnya Indonesia," ujar Husein.

1. Wilayah Sumut merupakan miniaturnya Indonesia dengan keberagaman suku dan budaya

Diskusi dengan Sultan Deli, GP Ansor Diminta Jaga Kerukunan Umat Suasana zaman dulu di kawasan Istana Maimun dan Taman Sri Deli (Dok.Kesultanan Deli for IDN Times)

Menurutnya, di wilayah Sumatra Utara ini merupakan miniaturnya Indonesia dengan keberagaman suku dan budaya.

"Dan setelah berdiskusi dengan beliau, Sultan juga menjunjung tinggi dan pemahaman tentang toleransi itu," jelasnya.

Sultan Deli dinilai memiliki wawasan dan gagasan luas terhadap anak muda, yang berkaitan untuk menjaga toleransi.

"Dan kita mendukung sikap beliau yang ini dalam waktu yang lalu kunjungan beberapa rumah ibadah, berjumpa dengan tokoh agama yang lain itu adalah langkah satu apresiasi dalam mewujudkan toleransi," tutur Husein.

2. GP Ansor diberi pesan untuk menjaga kerukunan umat beragama

Diskusi dengan Sultan Deli, GP Ansor Diminta Jaga Kerukunan Umat Suasana pertemuan Sultan Deli bersama GP Ansor Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Pertemuan ini GP Ansor diberi pesan untuk menjaga kerukunan umat beragama. "Pesannya ternyata Pak Sultan memiliki wawasan kebangsaan yang sudah duduk, tidak melihat perbedaan. Tapi melihat perbedaan menjadi sebuah persepsi yang bersama, dalam menjaga kerukunan umat beragama di kota Medan khususnya dan gagasan beliau sangat cemerlang dan yang disampaikan beliau ke depan adalah mendukung dan siap bekerj asama untuk menjaga toleransi umat bergama," jelas Husein.

Selanjutnya, Sultan Deli berpesan agar GP Ansor mampu untuk memahamkan dan mencerdaskan masyarakat, serta mesti melek teknologi.

Baca Juga: Sejarah Taman Sri Deli yang Kini Sepi, Dulu Tempat Nongkrong Sultan

3. Diharapkan anak muda dapat mencintai kearifan lokalnya

Diskusi dengan Sultan Deli, GP Ansor Diminta Jaga Kerukunan Umat Suasana pertemuan Sultan Deli bersama GP Ansor Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Selain itu, Husein berharap kepada Sultan Deli untuk tetap senantiasa merangkul seluruh umat beragama suku bangsa dan memperhatikan bagaimana kearifan lokal itu kembali lagi.

"Karena kita khawatir anak muda sekarang ini sudah tidak tertarik dengan kearifan lokal itu sendiri. Jadi ketika kearifan lokal itu terlupakan maka bagaimana mereka berkembang," tuturnya.

Hal ini dikarenakan melihat sejarah yang terus berkembang dengan rasa khawatir perubahan anak muda yang melupakan kearifan lokal. Sehingga, anak muda dapat mencintai kearifan lokalnya dan belajar sejarah. "Karena siapa yang menguasai sejarah akan menguasai masa depan," tuturnya.

4. GP Ansor ingatkan anak muda untuk tak lupa sejarah

Diskusi dengan Sultan Deli, GP Ansor Diminta Jaga Kerukunan Umat Suasana pertemuan Sultan Deli bersama GP Ansor Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Pertemuan yang membahas penguatan tentang kebangsaan, melatarbelakangi atas kejadian mayoritas di kalangan anak muda saat ini. Yaitu keangkuhan penguasa, meskipun diingat pada zaman yang dulu juga sudah ada.

"Ini pengulangan sejarah kembali, tapi sosok dan gayanya berbeda. Model dan gayanya saja berbeda, serta tokohnya. Tapi kejadiannya sama semua. Artinya sejarah ini sangat penting untuk mengenal siapa dan bagaimana zaman dahulu terjadi. Dan hari ini terjadi juga, karena hukum pasti berputar karena kejadiannya seperti itu tinggal tokohnya yang berbeda," ujarnya.

5. Sultan Deli dinilai memiliki kepribadian yang baik dan wawasan yang luas

Diskusi dengan Sultan Deli, GP Ansor Diminta Jaga Kerukunan Umat Suasana pertemuan Sultan Deli bersama GP Ansor Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menurut Husein, Sultan Deli memiliki kepribadian yang baik dan wawasan yang luas karena tak hanya melihat wajah Deli saja namun mencakup Indonesia.

"Kami sebagai anak muda, dan Sultan juga masih muda memiliki gagasan yang saya pikir sudah global, bagaimana tentang keIndonesiaan. Bukan saja berbicara tentang Deli tetapi sudah berbicara tentang kebangsaan. Bagaimana menjaga keutuhan. Karena beliau tidak melihat wajah Deli saja tetapi bagaimana Indonesia ini. Gagasannya sudah sampai ke sana," kata Husein.

"Melalui sharing ini, banyak wawasan setelah bertemu dengan Sultan Deli. Tidak menyangkal juga bahwa beliau juga smart dalam gagasan dan wawasannya terhadap kearifan lokal. Walaupun beliau secara global tapi tidak tertinggal kearifan lokal. Tetap masih dijunjung tinggi kearifan lokalnya," pungkasnya.

Baca Juga: Dulu Istana Terindah di Indonesia, Ini 5 Fakta Menarik Istana Maimun

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya