Comscore Tracker

Membandel, Tempat Hiburan Malam di Siantar Ditutup Paksa

Antisipasi penyebaran virus corona

Pematangsiantar, IDN Times - Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Kota Pematangsiantar telah mengeluarkan imbauan perihal social distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona. Imbuan itu menyusul didapati sejumlah masyarakat suspect corona dan bahkan ada yang meninggal dunia.  

Di Kota Pematangsiantar, sejumlah tempat hiburan malam tetap beroperasi. Seperti diketahui, lokasi hiburan malam menjadi salah satu tempat yang rawan penyebaran virus coroba karena akan sering terjadi kontak fisik antar pengunjungnya. 

1. Tim Gugus Tugas minta pengusaha menutup tempat hiburan malam

Membandel, Tempat Hiburan Malam di Siantar Ditutup PaksaTim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Siantar (Dok. IDN Times/Istimewa)

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Siantar Midian Sianturi menegaskan untuk menutup paksa tempat hiburan malam yang masih beroperasi. Satpol PP akan dikerahkan untuk menyisir dan memperingati pengusaha yang masih membandal. 

"Sudah disepakati (dirapat kordinasi tim penanggulangan Covid-19), lokasi hiburan malam akan ditertibkan oleh Sat Pol PP," katanya, Senin (23/3). 

Lokasi hiburan malam dan sejumlah ruang publik itu juga akan disemprot disinfektan. "Selain menyemprot sejumlah ruang publik dengan disinfektan, tindakan tegas juga akan dilakukan terhadap lokasi hiburan malam," jelasnya. 

Baca Juga: Corona Merebak, 4 Tenaga Medis RSUD Siantar Pelesiran ke Thailand

2. Anggaran penanggulangan dapat digunakan dari manapun

Membandel, Tempat Hiburan Malam di Siantar Ditutup PaksaRapat Lintas OPD dan Forkompimda Kota Siantar (IDN Times/Gideon Aritonang)

Sementara itu terkait anggaran penanggulangan dan pencegahan virus Corona, Midian mengatakan dapat dianggarkan dari instansi manapun. Sebab, menurut dia, virus corona telah menjadi bencana nasional.  

"Di situasi bencana nasional seperti saat ini, anggaran dapat digunakan dari anggaran mana-pun. Sedangkan terkait dana tak terduga tanyakan ke tim anggaran Pemko Siantar," ujarnya . 

3. Anggaran tersedia, cairan disinfektan sulit ditemukan

Membandel, Tempat Hiburan Malam di Siantar Ditutup PaksaPenyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum (Dok. IDN Times/Istimewa)

Midian yang juga Plt Kepala BNPB Kota Siantar ini mengaku, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 sudah melakukan berbagai hal, guna mengantisipasi penyebaran dan penanganan virus corona. Seperti menggelar sosialisasi melalui Puskesmas, dan menyebarkan anjuran melalui brosur.

Selanjutnya, sebut Midian, sejak hari Sabtu kemarin pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah lokasi dan fasilitas umum. Seperti hari ini, penyemprotan dilakukan di Pasar Horas. 

"Sejak hari Sabtu kemarin, kita sudah lakukan penyemprotan disinfektan," tuturnya.

Hanya saja, sebut Midian, pihaknya sedikit mengalami kendala untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Sebab, pihaknya kesulitan mendapatkan bahan disinfektan di pasaran. "Sulit mendapatkan bahan disinfektan," ucapnya.

Baca Juga: Jumlah ODP Corona di Simalungun Mencapai 234 Orang, Ini Sebabnya

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya