Curi Motor Jemaah Masjid di Siantar, Pelaku Ditembak Polisi

Pelaku mengaku 2 kali mencuri motor di Masjid

Pematangsiantar, IDN Times- Rabu (15/3/2023) sekitar pukul 19.00 WIB, azan berkumandang. Riamaida Delyana melajukan sepeda motornya ke Masjid Raya, Jalan Sipirok, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat untuk salat. Perempuan 53 tahun itu kemudian memarkir sepeda motor BK 5632 WAI miliknya di pelataran parkir. Ia mengambil wudhu dan masuk ke masjid melaksanakan ibadah. 

Usai salat, Riamaida menuju pelataran parkir untuk mengambil sepeda motornya. Namun betapa terkejutnya warga Jalan Padangsidimpuan, Kelurahan Timbang galung ini. Motor Honda Beat nya sudah tidak ada lagi di tempat.

1. Melihat CCTV di sekitar lokasi, diketahui motornya dicuri

Curi Motor Jemaah Masjid di Siantar, Pelaku Ditembak PolisiTangkapan layar rekaman CCTV saat pelaku beraksi di Masjid Raya Siantar (Dok. Istimewa)

Setiap warga yang ditemuinya mengaku tidak melihat sepeda motornya itu. Sampai ia meminta warga untuk mengecek CCTV di sekitar lokasi.

"Setelah melihat CCTV bahwa benar sepeda motor miliknya telah diambil seorang laki-laki yang tidak dikenal atau orang lain," ujar Kasat Reskrim Polres Siantar AKP Banuara Manurung, Jumat (17/3/2023). 

Baca Juga: Jatuh dari Motor, Siswi SMAN 5 Siantar Meninggal Usai Terlindas Bus

2. Pelaku ditangkap di salah satu hotel

Curi Motor Jemaah Masjid di Siantar, Pelaku Ditembak PolisiMotor yang diamankan dari pelaku (Dok. Istimewa)

Riamaida langsung membuat laporan ke Mapolres Siantar. Ia juga turut menunjukkan rekaman CCTV yang didapat dari rumah warga itu. 

Penyidik yang mendapat petunjuk kemudian memburu pelaku. Identitas pelaku diketahui bernama Dandi Herli Wardana. 

Pada malam harinya, polisi mengetahui pelaku sedang berada di kamar salah satu hotel di Siantar. Mereka langsung bergerak ke lokasi dan melihat pelaku duduk-duduk di depan kamar. 

"Melihat polisi, pelaku berusaha melarikan diri. Namun ia gagal dan langsung diinterogasi," ujar Banuara.

Dari dalam kamar hotel itu, polisi menemukan 1 buah kunci T yang digunakan pelaku saat beraksi. 

3. Pelaku sudah 2 kali beraksi di Masjid Siantar

Curi Motor Jemaah Masjid di Siantar, Pelaku Ditembak PolisiTampang pelaku pencuri sepeda motor di Masjid Raya (Istimewa)

Dari hasil keterangan pelaku, ia telah melakukan aksi yang sama di Masjid Darul Maimanah Jl.Sriwijaya No.130 Pematangsiantar. Dari sana, pelaku berhasil mencuri Honda Beat.

"Pelaku juga mengaku jika 2 sepeda motor yang dicurinya masih disimpan di lokasi berbeda. Ada yang di Jalan Tuan Rondahaim, Kecamatan Siantar Martoba dan di Serbelawan, Kabupaten Simalungun," lanjutnya.

4. Kaki pelaku ditembak karena berusaha melarikan diri

Curi Motor Jemaah Masjid di Siantar, Pelaku Ditembak PolisiIlustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Awalnya polisi bersama pelaku menuju ke Serbelawan, Simalungun. Di sana mereka menemukan sepeda motor yang dicuri.  Namun saat akan mengamankan barang bukti yang berada di Jalan Tuan Rondahaim, pelaku melakukan perlawanan. Ia berusaha melarikan diri. 

"Petugas kita memberikan 3 kali tembakan peringatan ke atas, namun tidak diindahkan pelaku. Kemudian diberikan tindakan tegas dan terukur yang mengenai kaki pelaku," jelas Banuara. 

Saat ini pelaku telah diamankan di Rutan Mapolres Siantar. Ia dikenakan Pasal 363 KUHPidana. 

Baca Juga: NJOP Naik 1.000 Persen, Pemko Siantar Menang Gugatan Vs Wajib Pajak

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya