UIN Sumut Terima 7.054 Maba, Ini Program Beasiswa yang Tersedia

UIN Sumut punya beasiswa UPZ

Medan, IDN Times - Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) telah dibuka. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) menjadi salah satu kampus yang mengadakan seleksi satu ini, dari mulai SNBP, SNBT, sampai seleksi Mandiri. Meski kampus tersebut tergolong ke dalam PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) yang di bawah naungan Kementerian Agama, namun UIN Sumut memiliki banyak program studi yang basisnya adalah ilmu umum.

Di tahun 2024 ini, UIN Sumut membuka kuota total sebesar 7.054 mahasiswa baru. Untuk SNBP sekitar 735 kuota, SNBT 1.051, dan jalur Mandiri 1.055.

"Dan istimewanya, kita memiliki jalur afirmasi. Yang bisa menunjukkan prestasinya, akan diafirmasi untuk mendapatkan beasiswa di UIN Sumatera Utara, apapun itu. UIN Sumut memberikan peluang yang besar sekali kepada calon-calon mahasiswa untuk dapat masuk di sini dan bahkan mungkin yang merasa tidak akan kuliah karena tidak punya dana, tapi UIN Sumut telah memberikan solusinya," kata Yunni Salma selaku Pranata Humas Ahli Muda UIN Sumut.

Baca Juga: Tahun ini USU Akan Terima 7.505 Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana

1. Ini 11 program studi di UIN SU yang buka program SNPMB

UIN Sumut Terima 7.054 Maba, Ini Program Beasiswa yang TersediaUIN SU jalin kerjasama untuk meningkatkan pelayanan kualitas Perguruan Tinggi (instagram.com/UIN SU official)

UIN Sumut sendiri telah memiliki 8 fakultas dan 1 pasca sarjana, namun Yunni mengatakan bahwa tidak semua fakultas menyediakan jalur SNPMB. 

"Kita ada 42 prodi, tetapi kita mempunyai jalur lain selain SNPMB. Jadi yang tercantum di dalam kegiatan SNPMB itu hanya 11 prodi saja, sisanya adalah mengikuti penerimaan jalur Kementerian Agama," jelas Yunni.

11 program studi tersebut antara lain adalah Ilmu Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, Manajemen, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Gizi, Hukum, Biologi, Fisika, Ilmu Komputer, Matematika, Sistem Informasi.

"Karena kita di bawah Kementerian Agama, maka kita mempunyai jalur yang berada dalam naungan Kementerian Agama. Namun bukan berarti kita tidak membuka program pendaftaran bagi mahasiswa baru di bawah naungan Kemendikbudristek," paparnya.

2. UIN Sumut juga buka kuota 1.734 untuk seleksi SPAN PTKIN dab 2.479 kuota jalur UM PTKIN

UIN Sumut Terima 7.054 Maba, Ini Program Beasiswa yang TersediaAcara tasyakuran yang diadakan UIN Sumut dan penganugerahan mahasiswa berprestasi (instagram.com/ UIN Sumut official)

UIN Sumut memiliki 42 Program Studi Sarjana, 13 Program Magister, 7 Program Doktoral, dan 1 Program PPG. Untuk jalur yang di bawah naungan Kementerian Agama, UIN Sumut punya 2 jalur. Yakni SPAN PTKIN dan UM PTKIN.

"Untuk SPAN PTKIN sebesar 1.734 kuota kami buka. Sementara untuk jalur UM PTKIN sebesar 2.479," jelasnya.

UIN Sumut mempunyai fakultas yang berbasis Islamic Science dan Islamic Studies. Untuk mahasiswa yang tercatat, UIN Sumut saat ini telah memiliki sebanyak 32.000 mahasiswa aktif.

"Kita mempunyai 32.000 lebih mahasiswa dengan beragam prestasi, tidak hanya di bidang agama saja, tapi bidang olahraga, seni, riset, agama, dan lain-lain. Kita tidak hanya menjadi juara di tingkat MTQ, namun kita juga pernah juara dan meraih medali emas untuk cabang taekwondo dan prestasi umum lainnya," lanjut Yunni.

3. UIN Sumut sediakan banyak beasiswa, salah satunya adalah beasiswa UPZ yang hanya dimiliki UIN

UIN Sumut Terima 7.054 Maba, Ini Program Beasiswa yang TersediaWisudawan terbaik UIN SU saat memberi sambutan di momen wisudanya (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Yunni mengajak calon mahasiswa untuk tidak risau mendaftar di UIN Sumut. Sebab, UIN Sumut sendiri telah memberikan solusi yang banyak untuk calon mahasiswa agar mendapatkan beasiswa.

"Di sini kita punya KIP kuliah, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa Unit Pengumpul Zakat atau UPZ, beasiswa Karya Salemba Empat, beasiswa BAZNAS, beasiswa pemerintah kota atau Kabupaten, beasiswa BUMN, beasiswa pertukaran mahasiswa antar negara, dan lain sebagainya," beber Yunni.

Untuk beasiswa KIP kuliah, UIN Sumut memiliki kebijakan sendiri. Di mana diseleksi kembali ketika siswa sudah dinyatakan lulus sebagai mahasiswa. Berikutnya mereka akan membuka kembali pendaftaran KIP kuliah dengan syarat dan ketentuan, diseleksi, atau disurvei. 

Namun, jika berbicara tentang UIN Sumut, yang paling menarik adalah beasiswa UPZ. Di mana beasiswa jenis ini hanya satu-satunya beasiswa yang tak dimiliki oleh kampus lain selain UIN.

"UPZ merupakan beasiswa yang hanya dipunyai UIN Sumatera Utara. Jadi, ini kami dari ASN UIN Sumatera Utara termasuk yang non PNS dan non P3K, dalam hal ini akan dipotong seluruh penghasilannya sejumlah 2,5 persen untuk Unit Pengumpul Zakat yang akan diberikan kepada mahasiswa dan membantu mahasiswa yang kekurangan biaya dalam menyelesaikan studinya," pungkasnya.

Baca Juga: Giliran Guru Besar USU Ingatkan Jokowi Soal Etika Berdemokrasi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya