Comscore Tracker

Wisata ke Danau Linting, Seorang Pengunjung Hilang Tenggelam

Sampai saat ini korban belum ditemukan

Medan, IDN Times - Libur Tahun baru dimanfaatkan warga Medan dan sekitarnya untuk berlibur. Salah satu destinasi yang ramai dikunjungi adalah Danau Linting yang berada di Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang tenggelam, Rabu (1/1). Namun nahas, seorang pengunjung bernama Anto (45) hilang karena tenggelam di danau tersebut. 

Hingga berita ini dibuat, korban belum juga ditemukan di sekitaran danau yang airnya hangat dan berwarna kebiruan tersebut.

1. Korban tenggelam diduga lantaran tak bisa berenang

Wisata ke Danau Linting, Seorang Pengunjung Hilang TenggelamWarga memadati Danau Linting setelah mendengar kabar soal ada yang tenggelam (Dok.IDN Times/istimewa)

Camat STM Hulu Budiman mengatakan, korban yang tenggelam merupakan warga Kecamatan Lubuk Pakam, Deli Serdang. Dia datang ke lokasi bersama temannya untuk menikmati suasana danau di hari libur tahun baru. Mereka datang dengan mengendarai dua sepeda motor sekira pukul 11.40 WIB.

Sesampainya di lokasi, korban beserta rombongan menikmati keindahan danau sambil menyantap mie sop dan buah durian. Tiba-tiba korban berkeinginan masuk ke danau.

"Informasi yang kita peroleh di lokasi, korban ini ingin menunjukkan kebolehan berenang ke temanya. Tapi, diduga tak bisa berenang, makanya dia tenggelam," kata Budiman saat dikonfirmasi wartawan.

Baca Juga: Selama 15 Jam Kakek Sihite Tahan Lapar dan Haus karena Banjir

2. Pencarian warga terkendala air danau yang semakin ke dalam makin panas

Wisata ke Danau Linting, Seorang Pengunjung Hilang Tenggelamschwedlawfirm.com

Mendengar ada orang tenggelam, warga sekitar langsung melakukan pencarian dengan kemampuan dan alat seadanya. Namun, usaha mereka sia-sia karena terkendala air danau yang panas sehingga korban belum berhasil ditemukan.

"Semakin ke dalam, air danau makin panas. Warga cuma bisa mencapai kedalaman 10 meter dari permukaan danau," ujar Budiman.

3. Pemerintah setempat sebenarnya sudah berikan larangan agar pengunjung tidak mandi di danau

Wisata ke Danau Linting, Seorang Pengunjung Hilang TenggelamUnsplash.com/ Nadine Shaabana

Masih dikatakan Budiman, setelah mendapat informasi adanya korban tenggelam, pihak BPBD langsung ke lokasi dan melakukan pencarian. Akan tetapi petugas belum berhasil menemukan korban.

Menurut Budiman, di objek wisata itu sebenarnya pengunjung dilarang mandi ke danau. Tapi, masih saja ada masyarakat membandel dan nekat masuk ke danau. Ke depannya, lanjut Budiman, pihaknya akan meningkatkan pengawasan di lokasi agar tidak ada lagi pengunjung yang mandi di danau.

"Kita sudah berikan imbauan dan larangan untuk tidak mandi di danau. Sebagai gantinya kita buat tempat pemandian yang tak jauh dari danau. Penjagaan akan kita perketat," pungkas Budiman.

Baca Juga: Potret Jakarta yang Direndam Banjir, Jalanan dan Rumah Seperti Kolam

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya