Sudah Ditetapkan, Ini Daftar Lengkap 50 Caleg Terpilih Simalungun

Golkar raih 9 kursi

Simalungun, IDN Times - Usai menerima putusan Mahkamah Konstitusi  (MK) atas adanya gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Komisi Pemilihan Umum Daerah  (KPUD) Simalungun menetapkan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Simalungun periode 2019-2024. Penetapan digelar di hotel Sing A Song, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Kamis (14/8).

Golkar menjadi partai yang meraih kursi terbanyak dengan 9 kursi. Berikut hasil lengkap anggota DPRD Simalungun terpilih periode 2019-2024 yang ditetapkan.

Baca Juga: Ditetapkan KPU, Ini Daftar Lengkap Anggota DPRD Siantar 2019-2014

1. Hari yang dinanti-nantikan para caleg terpilih

Sudah Ditetapkan, Ini Daftar Lengkap 50 Caleg Terpilih SimalungunIDN Times/Patiar Manurung

Pada kesempatan di rapat ini, Bupati Simalungun melalui Asisten I Pemkab Simalungun, Rizal Saragih berharap dari penetapan ini menjadi awal untuk melaksanakan pembangunan Simalungun. "Bagi peserta politik juga diharapkan tetap menerima apapun hasilnya karena ini amanah rakyat," ucapnya.

Ketua KPUD Simalungun, Raja Ahab Damanik mengatakan bahwa penetapan ini tentu sebagai hari bersejarah bagi Calon Legislatif (Caleg) terpilih karena sebelumnya dalam proses pemilihan penuh perjuangan.

"Saya yakin ini yang dinanti-nantikan rekan juang. Rangkaian ini juga untuk menindaklanjuti hasil MK yang telah memutuskan PHPU dan tidak ada lagi kendalanya," ucap Raja.

Di balik penetapan ini, Raja Ahab Damanik menambahkan, jika masih ada orang yang merasa kurang puas dari penetapan ini masih ada ruang untuk seluruh peserta pemilu menyampaikan sanggahan. "Tapi saya berharap itu semua masalah tidak ada lagi karena sudah dijalankan sesuai dengan aturan," jelasnya.

2. Golkar raih suara terbanyak di Simalungun

Sudah Ditetapkan, Ini Daftar Lengkap 50 Caleg Terpilih SimalungunIDN Times/Patiar Manurung

Untuk suara terbanyak diraih oleh partai Golkar 9 kursi, disusul PDI Perjuangan 8 kursi dan ketiga partai Demokrat 7 kursi. Usai penetapan ini, KPUD Simalungun akan menyampaikan surat kepada bupati Simaungun agar menyampaikan kepada gubernur tentang jadwal pelantikan dewan terpilih atau pengambilan sumpah dan janji. 

"Untuk pelantikannya tergantung balasan surat dari Gubernur Sumatera Utara dan diperkirakan di bulan September" jelasnya.

Walau sudah ditetapkan, menurut Raja Ahab Damanik, masih ada ruang bagi peserta menyampaikan sanggahan dan itu diatur dalam undang-undang dan bentuk masalah dimasukkan didalam formulir B2 yang dimiliki KPU. "Di sana untuk membuat catatan kejadian khusus. Misalnya, kalau perolehan suara yang kita tetapkan sekarang ini kurang pas, bisa keberatan. Cuma itu saja. Nanti akan kita kroscek apa keberatannya. Tapi proses ini tidak lagi masuk ranah MK. Kalau keberatan nanti kita tunggu rekomendasi dari Bawaslu," ucapnya.

Ia juga menghimbau kepada Caleg terpilih yang sudah ditetapkan untuk sesegera mungkin mengurus LHKPN karena sudah terdaftar nanti sebagai penyelenggara negara. "Jadi KPU Simalungun memberi waktu kepada caleg tujuh hari setelah penetapan. Jangan berleha-leha karena kalau tidak dilengkapi LHKPN -nya maka kita tidak akan mengusulkan untuk dilantik," terangnya.

3. Ini 50 nama anggota DPRD Simalungun terpilih periode 2019-2024

Sudah Ditetapkan, Ini Daftar Lengkap 50 Caleg Terpilih SimalungunIDN Times/Patiar Manurung

Adapun nama-nama Caleg Simalungun yang duduk menjadi anggota DPRD periode 2019-2024, antara lain PDI Perjuangan sebanyak 8 orang yakni, Maraden Sinaga, Rospita Sitorus, Jonson Riduan Sinaga, Mariono, Aripin Panjaitan, Jhon Manat Purba, Junita Veronika Munthe dan Samrin Girsang

Partai Golkar ada 9 orang, Timbul Jaya Hamonangan Sibarani, Marandus Elberd Tindaon, Sugiarto, Binton Tindaon, Lindung Samosir, Jaminta Purba, Umar Yani, Edi Suprapto dan Jon Redikalmen Sidauruk. Untuk partai Gerindra sebanyak 6 orang, Bona Uli Rajagukguk, Juarsa Siagian, Sastra Joyo Sirait, Fao Saut Sinaga, Badri Kalimantan dan Erwin Parulian Saragih

Partai NasDem 5 orang, Benhard Damaik, Ucok Latas Siagian, Tumpak Silitonga, Jamerson Saragih dan Karvan Saragih. Kemudian dari Perindo ada 4 orang, Lisnawati Sirait, Agus Irawan Sinaga, Sariadi Saragih serta Saida Purba. Partai Hanura sebanyak 4 orang, Sarudin Gultom, Esron Simbolon, Suriawan dan Jarusdin Sinaga.

Partai Demokrat ada 7 orang, Walpiden Tampubolon, Johanes Sipayung, Irwansyah Purba, Histony Sijabat, Elias Barus, Erna Sari Purba serta Andre Andika Sinaga. Sedangkan partai Berkarya satu orang yaitu Benfri Sinaga, demikian juga PKS yaitu Usmayanto. PPP ada nama Hendra Sukmana Sinaga dan Adianto Pasaribu. PAN ada tiga yaitu Edy Sumanto, Ikhwanuddin Nasution dan Salbin Damanik.

Baca Juga: Gugatan 2 Parpol Ditolak MK, KPU Simalungun Umumkan Caleg 14 Agustus

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You