Comscore Tracker

Soal Dugaan Hina Puan Maharani, Sekda Dairi Dipanggil Kemendagri

Budianta Pinem mengaku facebook-nya diretas

Medan, IDN Times- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dairi, Budianta Pinem memberikan penjelasan soal dugaan penghinaan terhadap Ketua DPR RI, Puan Maharani lewat media sosial. Budianta mengakui sudah dipanggil Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri pada 12 Mei 2022 lalu. 

Budianta menjelaskan jika akunnya telah diretas dan tak mengetahui soal penghinaan yang ter-posting di facebook tersebut.

"Benar saya dipanggil Kemendagri pada 12 Mei 2022. Dihadapan para Inspektur Khusus Itjen bapak Dr Teguh Narutomo, CRGP., CGCAE dan tim saya sudah menjelaskan bahwa akun saya tersebut adalah sudah di-hack oleh tidak bertanggung jawab," kata Budianta Pinem. 

1. Beberapa poin klarifikasi Budianta saat dipanggil Kemendagri

Soal Dugaan Hina Puan Maharani, Sekda Dairi Dipanggil KemendagriTim Kemendagri saat memeriksa data soal facebook Budianta Pinem (Dok.Istimewa)

Adapun tim yang melakukan pemeriksaan kepada dirinya adalah tim dari pusat data dan informasi Sekretaris Jenderal Kementrian Dalam Negeri dan tim klarifikasi inspektorat khusus Inspektorat Jenderal Kementrian Dalam Negeri.

Budianta mengatakan sudah mengklarifikasi secara detail. Beberapa poin yang disampaikannya adalah facebook-nya sudah diretas. Dia juga sudah melakukan klarifikasi bersama jajaran partai DPC PDI-P Kabupaten Dairi pada tanggal 10 Mei 2022. Seperti diketahui sebelumnya Budianta dilaporkan ke polisi oleh PDIP Kabupaten Dairi.

"Sudah saya jelaskan semua. Tidak ada yang saya sembunyikan," kata Budianta.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Epik di Dairi, Alamnya Indah!

2. Merasa dirugikan, Budianta laporkan ke Polres Dairi

Soal Dugaan Hina Puan Maharani, Sekda Dairi Dipanggil KemendagriIlustrasi Facebook (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu Budianta telah melaporkan kasus tersebut kepada pihak Polres Dairi. Budianta meminta dilakukan openyelidikan karena sudah merasa dirugikan. 

Selain itu juga penelusuran dan data dukung terhadap aktivitas digital pada media sosial facebook yang menunjukkan tidak ada komentar negatif terhadap pernyataan ketua DPR RI sebagai mana yang beredar pada media online dan media sosial. "Intinya saya sudah melakukan klarifikasi," ujarnya.

3. Budianta: ini kasus pribadi

Soal Dugaan Hina Puan Maharani, Sekda Dairi Dipanggil KemendagriSekda Dairi, Budianta Pinem (Dok.Istimewa)

Selain itu Budianta juga menegaskan jika ini adalah kasus pribadi. Tak ada hubungannya dengan jabatan Sekretaris Daerah. Budianta juga mengaku sudah dipanggil Bupati Dairi untuk klarifikasi.

"Kepada bupati saya tegaskan bahwa akun saya dihack oleh orang tidak bertanggung jawab. Saya juga menyampaikan kasus saya ini atas nama pribadi bukan atas nama Sekretaris Daerah," ucap Budianta.

Sebelumnya Budianta dituduh melakukan penghinaan pada sebuah berita tentang Puan Maharani. Akun Budianta menuliskan di komentar berita tersebut. "Wanita pemimpin yang tidak bisa mengukur diri, maka bicaranya selalu seperti nyaris kena ambeien," demikian isi komentar dari akun Budianta.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dari Dairi yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya