Comscore Tracker

Pria di Taput Bacok 4 Tetangganya, Bakar Rumah Lalu Minum Racun

Pelaku tewas usai melakukan penganiayaan

Tapanuli Utara, IDN Times- Seorang pria di Tapanuli Utara melakukan perbuatan yang bikin geger. THS (42) membacok empat orang tetangganya sendiri, dan membakar salah satu rumah tetangganya. Kemudian dia mengakhiri hidupnya dengan minum racun.

Hal itu dibenarkan Kasi Humas Polres Tapanuli Utara, Aiptu Walpon Baringbing. Peristiwa itu terjadi di Desa Selamat, Kecamatan Purbatua, Taput.

1. THS nekat menganiaya empat tetangganya dan tak diketahui motifnya

Pria di Taput Bacok 4 Tetangganya, Bakar Rumah Lalu Minum RacunIlustrasi TKP Pembunuhan (IDN Times/Aditya Pratama)

Dilansir dari ANTARA, Walpon menyebut THS seperti kerasukan setan dan membabi buta menganiaya tetangganya itu.

"Entah setan apa yang merasuki diri THS, warga Kecamatan Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara, sehingga nekat menganiaya empat orang tetangga sendiri lalu membakar satu rumah korban yang dianiaya," sebut Aiptu Walpon Baringbing, Jumat (25/2).

Peristiwa itu disebut Walpon terjadi Jumat (25/2/2022) dini hari. Empat orang yang jadi korban adalah Kompader Hutagalung (51), Epe Tambunan (69), Tardas Dante Sitompul (61), dan Hotmiang Panggabean (43).

Baca Juga: Aksi 22 Serikat Buruh di Sumut: Cabut Aturan JHT dan Copot Menaker!

2. Kronologis kejadian penganiayaan hingga membakar rumah tetangga

Pria di Taput Bacok 4 Tetangganya, Bakar Rumah Lalu Minum RacunIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Walpon, dari keterangan saksi awalnya rumah Epi Tambunan yang jadi sasaran pelaku yang datang menggedor rumahnya. "Kejadiannya dini hari tadi sekitar pukul 02.00 WIB. Dari hasil interogasi di lokasi kejadian, pelaku pertama sekali mendatangi rumah korban Epi Tambunan dengan menggedor-gedor pintu rumahnya. Korban yang membukakan pintu langsung dibacok pelaku dengan menggunakan parang hingga terluka," terangnya.

Dari rumah Epi, THS mendatangi tetangganya Tardas Dante Sitompul dan istrinya Hitmiang Panggabea. Keduanya juga mengalami luka di bagian kepala.

Selanjutnya giliran Kompader Hutagalung yang didatangi. Tapi Kompader bersama istrinya Kristina Sitompul menahan pintu agar pelaku tidak bisa masuk ke rumah. Tapi tangan Kompader dibacok pelaku.

Pelaku kemudian mengambil bensin yang sudah dipersiapkan sebelumnya, dan menyiramkannya sehingga rumah korban pun hangus terbakar.

"Saat rumah korban Kompader sudah terbakar, korban bersama istrinya lari dari belakang dan menjerit-jerit minta tolong hingga menyita perhatian warga dan berusaha memadamkan api agar tidak merembes ke rumah yang lain serta sebagian warga lain membawa korban yang dibacok ke Puskesmas untuk pengobatan," ujar Walpon.

3. Usai membacok para tetangga, korban minum racun

Pria di Taput Bacok 4 Tetangganya, Bakar Rumah Lalu Minum RacunIlustrasi Racun (IDN Times/Mardya Shakti)

Usai melakukan perbuatan tersebut, THS lalu lari. Dia berhenti di depan rumahnya lalu meminum racun Insektisida merek Sidabas 500 EC. Akibatnya ia harus kehilangan nyawa. Sementara para korban penganiayaan 

"Dari hasil interogasi tim, pelaku diduga kuat sudah mempersiapkan rencana penganiayaan dan pembakaran tersebut kepada para tetangganya. Sebab, di dalam tas sandang pelaku ditemukan berupa bensin, mancis, parang, dan racun hama," pungkasnya.

Baca Juga: FJL Aceh Catat Beberapa Kasus Satwa Mangkrak dan Lemah Putusan Hukum

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya