Meninggal Dunia, Ini Rekam Jejak Bupati Pertama Madina Amru Daulay

Menpora Zainudin Amali turut melayat

Medan, IDN Times- Mandailing Natal berduka. Amru Helmi Daulay, Bupati pertama Madina meninggal dunia, Sabtu (28/1/2023).

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah menyampaikan ucapan dukanya. Amru merupakan sosok

"Turut berduka cita atas wafatnya Mantan Bupati Mandailing Natal (Madina) dua periode yaitu periode 2000-2010, almarhum bapak Amru Helmi Daulay.
Almarhum Amru Helmi Daulay merupakan tokoh Golkar Sumut yang aktif mampu meletakkan pondasi pembangunan fisik di Madina," tulis Ijeck.

1. Amru meninggal di RS Columbia Asia

Meninggal Dunia, Ini Rekam Jejak Bupati Pertama Madina Amru DaulayIlustrasi layanan kesehatan. (IDN Times/Arief Rahmat)

Amru wafat di usia 84 tahun. Saat ini disemayamkan di Jalan Samanhudi Medan. Amru meninggal dunia di RS Columbia Asia Medan sekitar pukul 06.40 WIB. Amru diketahui lahir di Binjai pada 18 Oktober 1939.

Baca Juga: Makan Korban, Harus Ada Solusi Bijak Tangani Tambang Ilegal Madina

2. Amru turut andil usulkan nama Madina

Meninggal Dunia, Ini Rekam Jejak Bupati Pertama Madina Amru DaulayRumah duka Bupati pertama Madina, Amru Helmi Daulay (Dok.Istimewa)

Amru disebutkan turut andil hingga kabupaten itu diberi nama Mandailing Natal dan disingkat Madina.

"Beliau juga merupakan tokoh yang mengusulkan nama Kabupaten menjadi Mandailing Natal disingkat "MADINA" yang diharapkan daerah Madina menjadi sejuk dan berkah," ucapnya.

3. Menpora turut hadir di rumah duka

Meninggal Dunia, Ini Rekam Jejak Bupati Pertama Madina Amru DaulayMenpora RI, Zainudin Amali saat menunjukkan Keppres pengambilan sumpah Sandy dan Jordi. (IDN Times/Tino).

Sebelumnya Amru lebih dulu menjabat Plt Bupati Madina sejak pemekaran Madina dari Tapanuli Selatan tahun 1999. Ia ditunjuk Gubernur Sumut saat itu Raja Inal Siregar. Ia kemudian menjabat bupati dua periode mulai 2000-2010.

Sejumlah tokoh turut hadir untuk melayat di rumah duka di kawasan Multatuli Medan. Termasuk Menpora Zainudin Amali. Seperti diketahui Amru termasuk politisi senior di partai Golkar. 

Mandailing Natal ditetapkan jadi kabupaten pada 23 November 1998. Secara formal diresmikan pada tanggal 9 Maret 1999 oleh Menteri Dalam Negeri.

Dilansir dari website resmi pemkab Madina, Amru Daulay menetapkan akronim nama kabupaten Mandailing Natal sebagai Kabupaten Mndailing Natal dalam surat tsnggal 24 April 1999 Nomor 100/253.TU/1999. Pada masa awal terbentuknya Mandailing Natal hanya terdapat 8 (delapan) kecamatan yang terbagi menjadi 273 desa. Kini sudah berkembang menjadi 22 kecamatan.

Baca Juga: Kala Prabowo, Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution Joget Bareng di Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya