Kalahkan Sapi Edy Rahmayadi, Sapi Jokowi Terbesar di Masjid Agung

Berat sapinya 1,2 ton seharga Rp88 juta

Medan, IDN Times - Sapi yang dibeli Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari peternakan Rustam warga Desa Batu Melenggang, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat telah siap dikurbankan. Sapi jenis Brahman Peranakan Ongole (PO) akan disembelih di Masjid Agung selesai sholat Idul Adha 2019/1440 Hijriah, Minggu (11/8).

Seperti diberitakana sebelumnya sapi ini dibeli Jokowi seharga Rp88 juta. Selain itu juga terdapat sapi yang dikurbankan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Seperti apa sih besarnya?

1. Sapi Joko Widodo termasuk hewan kurban terbesar di Masjid

Kalahkan Sapi Edy Rahmayadi, Sapi Jokowi Terbesar di Masjid AgungIDN Times/Handoko

Menurut Kepala Keamanan Hewan Kurban di Mesjid Agung, Serda Nur Wahyudi mengatakan, sapi milik Joko Widodo adalah hewan kurban terbesar di Masjid Agung tahun ini. Sapi itu dibawa menggunakan mobil colt diesel dan tiba di Masjid Agung pada Sabtu (10/8) sekira pukul 10.30 WIB.

Sampai di lokasi, sapi itu langsung dibawa masuk ke basement masjid untuk digabungkan dengan hewan kurban lainnya.

"Sapi Pak Jokowi termasuk paling besar yang akan disembelih di Masjid Agung, dengan total beratnya mencapai 1.020 kilogram," kata Nur Wahyudi ketika diwawancarai IDN Times di basement masjid.

2. Sapi Jokowi dinyatakan sehat dan layak untuk dikurban

Kalahkan Sapi Edy Rahmayadi, Sapi Jokowi Terbesar di Masjid AgungIDN Times/Handoko

Sebelum diberangkatkan ke Masjid Agung yang berada di Jalan Pangeran Diponegoro, Madras Hulu, Medan Polonia, sapi tersebut dilakukan uji pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan dan Peternakan setempat. Hasilnya, sapi yang di beli Joko Widodo dinyatakan sehat dan layak untuk dikurban. Tak cuma cek kesehatan itu, sapi itu juga dilengkapi dengan surat-suratnya.

"Dokter juga ikut pada saat mengantar tadi," ujar Nur Wahyudi.

"Sapi ini dari pak Presiden Jokowi sendiri, tapi yang menyerahkan perwakilan dari Sekretaris Kepresidenan. Dan ini kali pertama di Masjid Agung," tambahnya.

 

3. Sapi terberat kedua adalah milik Gubernur Sumut dengan berat mencapai 900 kilogram

Kalahkan Sapi Edy Rahmayadi, Sapi Jokowi Terbesar di Masjid Agung

Sapi Joko Widodo akan disembelih bersamaan dengan hewan kurban dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, H. Anif, Ketua panitia Dodi, Bank Sumut dan Kedinasan Pemprov Sumut, usai sholat Idul Adha. Seluruh hewan kurban disembelih oleh tenaga ahli dari rumah potong hewan.

Nantinya, daging 39 sapi dan hewan kurban lainnya akan dibagikan keempat ribu lebih orang yang berhak menerimanya.

"Sapi dari pak gubernur beratnya sekitar 900 kilogram. Beliau setiap tahun berkurban, mulai menjabat Pangdam sampai sekarang ini," jelas Babinsa Kelurahan Madras Hulu yang sejak 2015 menjadi kepala keamanan hewan kurban di Masjid Agung.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya