Bangun Danau Toba, Menteri PUPR Bicarakan Jalan Rusak dengan Bupati

Fasilitas pendukung dan situs-situs budaya dipercantik

Simalungun, IDN Times - Kawasan wisata Danau Toba saat ini masuk dalam fokus pemerintah pusat untuk menggenjot minat wisata lokal maupun mancanegara. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan akan lakukan beberapa pembenahan, termasuk akses menuju ke lokasi dengan masih banyaknya jalan yang rusak. 

Selain itu juga terdapat 28 titik destinasi wisata yang berada di kawasan Danau Toba. Basuki mengatakan, salah satu di antaranya yaitu Batu Parsidangan, Huta Siallagan, Kabupaten Toba Samosir.

"Tapi kita akan kerjakan yang besar-besar, yang menarik. Salah satunya ini tadi diperintah Presiden. Huta Siallagan ini sudah kita bersihkan, kita jadikan situsnya lebih baik," ucapnya saat mendampingi Presiden Jokowi, Rabu (31/7), di Huta Siallagan.

Baca Juga: Soal Pembangunan Danau Toba, Jokowi: Investor Gak Mulai, Kita Ganti

1. Jalan penghubung kawasan Danau Toba selesai tahun ini

Bangun Danau Toba, Menteri PUPR Bicarakan Jalan Rusak dengan BupatiIDN Times/Prayugo Utomo

Menteri Basuki juga mengatakan, infrastruktur seluruh kawasan Danau Toba ditargetkan sudah selesai tahun 2019 ini. "Kawasan Danau Toba ini tinggal 21 KM belum selesai. Seluruh kawasan Danau Toba, 2019 ini sudah selesai semua," katanya.

"Semua infrastruktur jalan kita benahi lingkar Samosir ini. 146 KM yang mau ke Pangururan. Jadi infrastruktur. Target kita sampai selesai," tandasnya.

2. Pemerintah anggarkan dana Rp2,5 Triliun untuk infrastruktur

Bangun Danau Toba, Menteri PUPR Bicarakan Jalan Rusak dengan BupatiIDN Times/Gideon Aritonang

Menteri yang memiliki hobi musik ini mengungkapkan situs-situs budaya ataupun sejarah, kata Basuki, juga akan dilakukan perbaikan.

"Ini merupakan instruksi Presiden. Berbagai fasilitas pendukung dalam tahap tahap pembangunan. Fasilitas itu nantinya akan masuk menjadi investasi Danau Toba," terangnya.

3. Menteri Basuki temui Bupati Simalungun bicarakan jalan rusak

Bangun Danau Toba, Menteri PUPR Bicarakan Jalan Rusak dengan BupatiIDN Times/Patiar Manurung

Perkembangan wisata kawasan Danau Toba tak lepas dari Kabupaten Simalungun. Infrastruktur jalan di daerah yang dipimpin Jopinus Ramli Saragih atau JR Saragih itu diketahui masih ada yang mengalami kerusakan, seperti menuju Tigaras.

Ditanya mengenai hal tersebut, Basuki mengaku telah menemui Bupati Simalungun JR Saragih. Dikatakannya, ia sudah menyampaikan tentang perbaikan jalan di Kabupaten Simalungun sebagai satu dari tujuh kawasan Danau Toba. "Kemarin saya sudah jumpa dengan bupati nya," tegas Basuki.

Baca Juga: Jokowi Mulai Bangun Danau Toba Tahun Ini, Dananya Rp3,5 Triliun

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya